Menuju konten utama

Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 1 dan Jawaban

Kumpulan contoh soal PTS Bahasa Indonesia untuk kelas 10 semester 1 Kurikulum Merdeka beserta kunci jawaban.

Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 1 dan Jawaban
Kegiatan belajar di SMAN 05 Bengkulu di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Senin (15/2/2021). (ANTARA/DAVID MUHARMANSYAH)

tirto.id - Kumpulan contoh soal Bahasa Indonesia untuk kelas 10 semester 1 Kurikulum Merdeka diperlukan sebagai bahan ajar menjelang ujian PTS.

Dengan mengerjakan soal siswa dapat berlatih dan mengukur pemahamannya terhadap materi yang sudah diajarkan. Selain siswa, guru juga dapat memanfaatkan latihan soal sebagai referensi dalam membuat soal ujian PTS, UTS, maupun UAS.

PTS sendiri merupakan akronim dari Penilaian Tengah Semester dilaksanakan sebagai evaluasi capaian belajar selama setengah semester.

Materi yang diajarkan untuk kelas 10 semester 1 di antaranya meliputi teks anekdot dan hikayat.

Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 10 Semester 1 dan Jawaban

Berikut adalah contoh soal PTS Bahasa Indonesia kelas 10 semester 1 beserta jawabannya yang dicetak miring:

1. Anekdot merupakan sebuah cerita singkat yang lucu dan menghibur yang mungkin merupakan….

A. Kehidupan pribadi

B. Kisah manusia dan kehidupannya

C. Manusia dan realitanya

D. Pengalaman seseorang

E. Manusia yang menjengkelkan

Jawaban: D

2. Teks anekdot tidak hanya berisi tentang peristiwa-peristiwa menarik, konyol dan menjengkelkan, tetapi juga berisi tentang….

A. Ungkapan suatu kebenaran yang lebih umum

B. Suatu fakta

C. Realita kehidupan

D. Opini dari para tokoh

E. Kehidupan tokoh penting

Jawaban: A

3. Salah satu tujuan dari dibuatnya teks anekdot adalah untuk….

A. Mengetahui kemampuan seseorang dalam berkarya

B. Menghibur pembacanya

C. Menghilangkan stress

D. Refreshing dari berbagai aktivitas

E. Mengetahui kehidupan manusia sesungguhnya

Jawaban: B

4. Berikut ini termasuk ciri-ciri teks anekdot, kecuali….

A. Bersifat menghibur

B. Mengungkapkan kebenaran yang lebih umum

C. Bersifat mengejek seseorang

D. Terilhami dari kejadian nyata

E. Bersifat sindiran alami

Jawaban: C

5. Membandingkan antara dua kriteria dengan kenyataan baik dari segi struktur ini maupun bahasa (kosakata, ejaan, dan struktur kalimat). Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari….

A. Mengidentifikasi

B. Menelaah

C. Menganalisis

D. Mengabstraksi

E. Mengevaluasi

Jawaban: C

6. Berikut ini termasuk mengevaluasi struktur isi dalam teks anekdot, kecuali….

A. Mempertanyakan apakah isinya bermanfaat sehingga layak dibaca atau dimengerti orang lain

B. Mempertanyakan apakah isinya bermanfaat sehingga layak dibaca atau dimengerti orang lain

C. Mempertanyakan apakah pilihan kosakatanya sesuai

D. Mempertanyakan apakah ada paragraf yang menyimpang

E. Mempertanyakan apakah ada paragraf yang susah dimengerti

Jawaban: C

7. Cara mengevaluasi teks anekdot biasanya dilihat dari aspek….

A. Isinya

B. Struktur teksnya

C. Unsur kebahasaannya

D. Makna tersirat

E. Makna tersurat

Jawaban: D

8. Berikut ini termasuk pertanyaan-pertanyaan yang diajukan saat mengevaluasi teks anekdot, kecuali….

A. Apa yang dilakukan?

B. Siapa partisipan/tokoh dalam teks tersebut?

C. Siapa yang kita sindir?

D. Sudah runtutkah rangkaian peristiwanya?

E. Bagaimana kelengkapan struktur teks abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, koda?

Jawaban: A

9. Teks anekdot yang baik adalah teks yang memiliki….

A. Abstraksi

B. Orientasi

C. Puncak pertikaian

D. Koda

E. Krisis

Jawaban: D

10. Berikut ini termasuk struktur teks anekdot, kecuali….

A. Abstraksi

B. Orientasi

C. Puncak pertikaian

D. Koda

E. Krisis

Jawaban: C

11. Pengarang membawa pembaca ke dunia khayal atau imajinasi yang serba indah. Pernyataan tersebut merupakan salah satu ciri hikayat yang berarti….

A. Anonim

B. Bersifat pralogis

C. Menggunakan bahasa klise

D. Istana sentris

E. Magis

Jawaban: E

12. Jika dilihat berdasarkan nilai historisnya, dalam sastra Melayu (hikayat) dapat dikelompokkan dalam tiga jenis. Salah satunya adalah….

A. Hikayat berunsur Hindu-Islam

B. Hikayat melayu Asli

C. Hikayat Hang Tuah

D. Hikayat Si Miskin

E. Hikayat Indera Bangsawan

Jawaban: A

13. Hikayat yang hanya berunsur Islam dan berasal dari tradisi sastra Arab-Persia. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari….

A. Hikayat berunsur Hindu-Islam

B. Hikayat berunsur Hindu

C. Hikayat Malim Dewa

D. Hikayat Pattani

E. Hikayat berunsur Islam

Jawaban: C

14. Jika dilihat berdasarkan isinya, dalam sastra Melayu (hikayat) dapat dikelompokkan dalam tiga jenis. Salah satu contoh hikayat biografi adalah….

A. Hikayat Hang Tuah

B. Hikayat Sultan Ibrahim bin Adam

C. Hikayat Pattani

D. Hikayat Raja-Raja Pasai

E. Hikayat Malim Dewa

Jawaban: B

15. Beragam jenis hikayat yang ada saat ini dikemukakan dalam buku-buku berikut, kecuali….

A. Buku-buku Islam

B. Buku cerita anak-anak

C. Buku pelajaran

D. Buku-buku legenda Melayu

E. Buku-buku sastra

Jawaban: C

16. Salah satu bentuk karya sastra prosa lama yang isinya berupa cerita, kisah, dongeng maupun sejarah. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari….

A. Dongeng

B. Cerita

C. Cerita rakyat

D. Hikayat

E. Novel

Jawaban: D

17. Dalam khazanah kesusastraan Indonesia kita mengenal berbagai karya sastra, salah satunya hikayat. Tokoh yang dikisahkan dalam hikayat biasanya….

A. Seorang raja

B. Presiden

C. Istana besar

D. Baginda di kerajaan

E. Rakyat jelata

Jawaban: A

18. Salah satu ciri hikayat adalah anonim, yang berarti….

A. Mempunyai logika tersendiri yang tidak sama dengan logika umum, ada juga yang menyebut fantastis

B. Menggunakan bahasa yang diulang-ulang

C. Pengarangnya tidak dikenali

D. Meneruskan budaya/tradisi/kebiasaan yang dianggap baik

E. Menceritakan tokoh yang berkaitan dengan kehidupan istana/kerajaan

Jawaban: C

19. Hikayat diyakini sebagai cerita rekaan yang hampir menyerupai … masa lalu....

A. Cerita fiktif

B. Dongeng

C. Cerita rekaan

D. Cerita rakyat

E. Fabel

Jawaban: B

20. Hikayat termasuk dalam jenis karya sastra yang usianya beratus-ratus tahun lamanya. Untuk pertama kalinya, karya ini berkembang di tengah masyarakat bangsa….

A. Eropa

B. Persia

C. Mesir

D. Arab

E. Yunani kuno

Jawaban: D

21. Untuk melakukan pendekatan terhadap unsur ekstrinsik, diperlukan bantuan ilmu-ilmu kerabat, seperti….

A. Antropologi

B. Kearifan lokal

C. Kehidupan sosial

D. Sosiologi

E. Kekerabatan

Jawaban: D

22. Tujuan dari menceritakan kembali isi hikayat adalah untuk….

A. Menyimpulkan isi hikayat

B. Menyimpulkan nilai-nilai dalam hikayat

C. Menyimpulkan isi dan nilai-nilai dalam hikayat

D. Mengetahui isi hikayat

E. Menganalisis struktur dan unsur kebahasaan hikayat

Jawaban: C

23. Berikut ini langkah-langkah yang harus diperhatikan sebelum menceritakan isi hikayat, kecuali….

A. Mencari hikayat yang akan dibaca

B. Membaca seluruh isi hikayat

C. Memahami isi yang ada dalam hikayat

D. Mencatat nilai-nilai yang ada dalam hikayat

E. Melakukan penilaian terhadap isi hikayat

Jawaban: C

24. Pada hikayat penggunaan latar tempat sangat menonjol, yaitu….

A. Istana dan lingkungan sekitar

B. Rumah orang kaya

C. Rumah orang miskin

D. Tempat keramaian

E. Pusat perbelanjaan yang banyak pengunjungnya

Jawaban: A

25. Tokoh dalam individu yang diciptakan pengarang yang mengalami peristiwa dan lakukan dalam cerita. Pada hikayat, tokoh-tokohnya terbatasnya berikut ini, kecuali….

A. Raja-raja

B. Ratu

C. Tokoh yang diciptakan pengarang tidak terbatas

D. Permaisuri

E. Rakyat jelata

Jawaban: C

26. Alur terbagi atas alur maju (progresif), alur mundur (flashback), atau alur campuran. Pada hikayat, alur yang digunakan biasanya ….

A. Alur

B. Alur maju

C. Alur mundur

D. Flashback

E. Alur campuran

Jawaban: B

27. Cara pengarang mengungkapkan ide, gagasan, dan perasaan yang diolah sedemikian rupa sehingga tercipta sebuah kesan bagi pembaca. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari….

A. Alur

B. Sudut pandang

C. Amanat

D. Gaya bahasa

E. Tokoh dan penokohan

Jawaban: D

28. Pada hikayat, sudut pandang yang digunakan biasanya diaan-mahatahu, karena hikayat bersifat anonim, yang artinya ….

A. Tidak disebutkan nama pengarangnya

B. Mencantumkan nama pengarang

C. Mengedepankan pengarang

D. Penulis yang disesuaikan dengan tokoh utama

E. Pengarang menjadi nomor satu

Jawaban: A

29. Berikut ini termasuk langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam mengembangkan hikayat menjadi sebuah cerpen, kecuali….

A. Menilai hikayat yang sudah diubah menjadi cerpen

B. Meringkas atau membuat sInopsis sebuah penggalan hikayat

C. Mendaftar konflik-konflik antartokoh dalam penggalan hikayat

D. Memilih konflik yang menarik

E. Mengembangkan pilihan konflik menjadi cerpen

Jawaban: A

30. Gaya bahasa hikayat cenderung monoton dan klise yang dapat diubah menjadi cerpen dengan gaya bahasa lebih….

A. Monoton

B. Indah

C. Mudah dipahami pembaca

D. Menarik dan disesuaikan dengan kondisi saat ini

E. Menarik untuk dibaca

Jawaban: D

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan lainnya dari Aisyah Yuri Oktavania

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Aisyah Yuri Oktavania
Penulis: Aisyah Yuri Oktavania
Editor: Yulaika Ramadhani