Menuju konten utama

Contoh Soal PPPK Guru 2023 Tes Kompetensi dan Kunci Jawabannya

Berikut adalah contoh soal PPPK Guru 2023 tes kompetensi beserta kunci jawabannya.

Contoh Soal PPPK Guru 2023 Tes Kompetensi dan Kunci Jawabannya
Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tenaga pendidikan (kanan) Pemerintah Kota Banda Aceh memperlihatkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan di Banda Aceh, Aceh, Senin (7/8/2023). ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/aww.

tirto.id - Pendaftaran seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru 2023 akan segera dibuka pada tanggal 16 September hingga 6 Oktober 2023 mendatang.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah merilis serangkaian jadwal PPPK 2023, mulai dari pengumuman seleksi hingga usul penetapan NIP PPPK pada 10 Januari 2024.

Bagi peserta yang ingin melamar PPPK Guru di tahun 2023 ini, maka dapat dilakukan melalui laman resmi gurupppk.kemdikbud.go.id/.

Setelah melakukan pendaftaran, peserta wajib mengerjakan soal sebagai bagian dari proses seleksi PPPK Guru. Berikut adalah kumpulan contoh soal tes pendaftaran PPPK Guru 2023 dan jawabannya.

Kumpulan Soal PPPK Guru 2023 dan Jawabannya

1. Mengolah hasil aplikasi instrumen bagian dari kegiatan layanan informasi

A. Mengorganisasikan kegiatan layanan

B. Pelaksanaan

C. Evaluasi

D. Analisis Hasil Evaluasi

Jawaban: C

2. Mengkaji potensi dan kondisi diri subjek layanan, bagian dari:

A. Pendekatan dalam pelayanan penempatan dan penyaluran

B. Layanan Awal dalam pelayanan penempatan dan penyaluran

C. Teknik pelayanan penempatan dan penyaluran

D. Bentuk Awal pelayanan penempatan dan penyaluran

Jawaban: A

3. Untuk mengkaji potensi dan kondisi diri subjek layanan dapat dilakukan

A. penempatan peserta didik dalam kelompok kegiatan bakat minat khusus atau ekstrakurikuler

B. Studi dokumentasi terhadap hasil-hasil aplikasi instrumentasi dan himpunan data

C. memperkaya bahan kajian terhadap potensi dan kondisi diri subjek beserta lingkungannya

D. identifikasi kondisi yang menunjukkan adanya permasalahan pada diri subjek tertentu

Jawaban: B

4. Melakukan pengkajian terhadap berbagai kondisi yang terkait dengan permasalahan subjek layanan, sesuai dengan prosedur dan langkah-langkah yang ditetapkan, bagian operasionalisasi layanan:

A. Perencanaan

B. Pelaksanaan

C. Evaluasi

D. Analisis hasil evaluasi

Jawaban: B

5. Merespon dengan tepat dan positif dalam pelaksanaan konseling :

A. penstrukturan

B. teknik

C. Pentahapan

D. penilaian

Jawaban: A

6. pengantaran merupakan proses layanan konseling individu:

A. Pentahapan

B. penilaian

C. Teknik

D. penerimaan konseli

Jawaban: A

7. Menggunakan rumus 5W+1H (apa, mengapa, siapa, kapan, dimana, bagaimana) adalah rumus dari:

A. Teknik

B. Pentahapan

C. Penstrukturan

D. Penilaian

Jawaban: C

8. Untuk mengetahui sampai sejauh mana keefektifan pelayanan konseling dilihat dari prosesnya disebut ..

a. Penilaian Hasil

b. Penilaian Proses

c. Penilaian Tindakan

d. Penilaian Tindak lanjut

Jawaban: B

9. Dasar utama dalam mengetengahkan pembahasan tentang evaluasi ini bertitik tolak pada Standar Penilaian ditetapkan pada

a. Permendiknas No.19 tahun 2007

b. Permendiknas No. 24 tahun 2007

c. Permendiknas No. 22 tahun 2006

d. Permendiknas No. 20 tahun 2007

Jawaban: D

10. Paradigma profesi bimbingan dan konseling adalah:

a. psiko-pendidikan dalam bingkai budaya

b. psiko-pendidikan dalam bingkai kesusilaan

c. psiko-budaya dalam bingkai keagamaan

d. psiko-sosial dalam bingkai budaya

Jawaban: D

11. Orientasi Bimbingan dan konseling adalah...

a. Pencapaian tugas perkembangan secara optimal

b. Pencapaian prestasi secara optimal

c. Penanganan anak-anak bermasalah

d. Meminimalisasi kenakalan remaja

Jawaban: A

12. Tujuan penyusunan program bimbingan dan konseling adalah

a. Sebagai pedoman penyusunan program sekolah

b. Sebagai pedoman bagi konselor dalam pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling

c. Sebagai rujukan kepala sekolah dalam menyusun anggaran

d. Sebagai pedoman kepala sekolah dalam pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling

Kunci Jawaban / Pembahasan : D

13. Manfaat dari penyusunan program adalah

a. Memungkinkan Guru Pembimbing untuk menghemat tenaga dalam pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling

b. Memungkinkan sebagai rujukan bagi peserta didik untuk memilih layanan yang diinginkan

c. Memungkinkan Guru Pembimbing untuk menghemat waktu, usaha, biaya, dengan menghindarkan kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi, dan usaha coba-coba yang menguntungkan.

d. Memungkinkan Guru Pembimbing untuk menghemat waktu, usaha, biaya, dengan menghindarkan kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi, dan usaha coba-coba yang tidak menguntungkan.

Jawaban: D

14. Jenis-jenis program bimbingan dan konseling adalah

a. Program bimbingan sosial

b. Program Semester

c. Program bimbingan karir

d. Program Bimbingan belajar

Jawaban: B

15. Ciri-ciri Program bimbingan dan konseling yang baik diantaranya adalah

a. Program bimbingan dan konseling itu hendaknya dikembangkan secara bertahap dengan melibatkan semua unsur atau staf sekolah dalam perencanaannya (guru, wali kelas, kepala sekolah/wakil kepala sekolah, dan staf sekolah lainnya)

b. Program bimbingan dan konseling itu hendaknya memiliki tujuan yang ideal dan realitas dalam perencanaannya

c. Program bimbingan dan konseling itu hendaknya mencerminkan komunikasi yang kontinyu antara semua unsur atau staf sekolah yang bersangkutan

d. Program Bimbingan dan konseling dikembangkan mengikuti program sekolah yang telah disusun.

Jawaban: D

16. Program pelayanan bimbingan dan konseling yang dilakukan secara umum pada tahun pembelajaran urut berdasarkan analisis kebutuhan adalah

a. Program harian

b. Program bulanan

c. Program tahunan

d. Program semesteran

Jawaban: C

17. Penyusunan program mengacu pada data hasil analisis kebutuhan sebagai langkah pertama dalam penyusunan program bimbingan dan konseling. Langkah selanjutnya adalah

a. Perumusan tujuan

b. Perumusan kegiatan layanan dan pendukung

c. Pengembangan materi Bimbingan dan konseling

d. Pengorganisasian program pelayanan bimbingan dan konseling

Jawaban: A

18. Pengembangan materi bimbingan dan konseling bertujuan untuk...

a. Menampilkan sosok utuh dari bentuk kompetensi yang ada pada diri peserta didik

b. Digunakan sebagai pedoman dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling

c. Memudahkan guru pembimbing untuk mempelajari suatu kompetensi tertentu

d. Menumbuhkan kreativitas peserta didik untuk mendesain sebuah pengembangan materi.

Jawaban: B

19. Layanan bimbingan dan konseling yang digunakan untuk membantu peserta didik menentukan pendidikan lanjutan adalah...

a. Layanan orientasi

b. Layanan informasi

c. Layanan penempatan dan penyaluran

d. Layanan Penguasaan konten

Jawaban: C

20. Kegiatan untuk membahas permasalahan peserta didik dalam suatu pertemuan yang dihadiri oleh pihak-pihak yang terkait adalah...

a. Himpunan data

b. Kunjungan rumah

c. Aplikasi Instrumentasi

d. Konferensi kasus

Jawaban: D

21. Perbedaan karakteristik perkembangan peserta didik pada setiap jenjang pendidikan disebabkan...

a. Rentangan usia

b. Kematangan diri

c. Tahap perkembangan

d. Ketercapaian tugas perkembangan

Jawaban: C

22. Salah satu alasan pentingnya pelayanan bimbingan dan konseling pada satuan jalur pendidikan nonformal adalah

a. Bervariasinya usia warga belajar

b. Setiap individu tidak dapat berdiri sendiri, sehingga perlu bantuan orang lain

c. Kecenderungan masalah yang dihadapi warga belajar pendidikan nonformal lebih banyak muncul

d. Individu yang belajar pada jalur pendidikan nonformal pasti bermasalah

Jawaban: C

23. Pelayanan yang membantu warga belajar mengembangkan kemampuan belajar dalam rangka mengikuti pendidikan sekolah dan belajar secara mandiri. Pelayanan bimbingan dan konseling tersebut masuk dalam bidang:

a. Kehidupan pribadi

b. Kehidupan sosial

c. Pemahaman diri

d. Kemampuan belajar

Jawaban: D

24. Berikut salah satu yang bukan termasuk prinsip pelayanan bimbingan dan konseling pada satuan jalur pendidikan nonformal adalah:

a. Bimbingan dan konseling diperuntukkan bagi semua warga belajar.

b. Bimbingan dan konseling sebagai proses sosialisasi

c. Bimbingan dan konseling menekankan hal yang positif

d. Bimbingan dan konseling merupakan usaha bersama

Jawaban: D

25. Pendekatan pelayanan bimbingan dan konseling yang lebih cocok pada satuan jalur pendidikan nonformal berorientasi pada:

a. Ketercapaian tugas perkembangan

b. Tahap perkembangan

c. Pemecahan Masalah

d. Tujuan pelayanan

Jawaban: C

26. Karakteristik perkembangan peserta didik pada satuan jalur pendidikan informal tidak begitu mencolok karena...

a. Peserta didik dalam usia yang relatif sama.

b. Kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik

c. Peserta didik umumnya tidak mempunyai masalah

d. Kegiatan konseling menyesuaikan dengan kondisi peserta didik

Jawaban: D

27. Pelayanan yang membantu membantu peserta didik dalam memahami, menilai, dan mengembangkan kemampuan hubungan sosial yang sehat dan efektif dengan teman sebaya, anggota keluarga, dan warga lingkungan sosial yang lebih luas. Pelayanan bimbingan dan konseling tersebut masuk dalam bidang :

a. Kehidupan pribadi

b. Kehidupan sosial

c. Kehidupan berkeluarga

d. Kemampuan belajar

Jawaban: B

28. Berikut salah satu yang bukan termasuk prinsip pelayanan bimbingan dan konseling pada satuan jalur pendidikan informal adalah:

a. Bimbingan dan konseling diperuntukkan bagi peserta didik yang bermasalah.

b. Bimbingan dan konseling sebagai proses individualisasi

c. Bimbingan dan konseling menekankan hal yang positif

d. Bimbingan dan konseling merupakan usaha bersama

Jawaban: B

29. Membantu peserta didik mengatasi masalah yang dialaminya adalah salah satu fungsi pelayanan bimbingan dan konseling dalam:

a. Pemahaman

b. Pencegahan

c. Pengentasan

d. Pengembangan dan pemeliharaan

Jawaban: C

30. Penggolong-golongan seseorang berdasarkan hasil asesmen. Penggolongan ini termasuk kegiatan:

a. Seleksi

b. Skrining

c. Sertifikasi

d. Klasifikasi

Jawaban: D

Baca juga artikel terkait PPPK 2023 atau tulisan lainnya dari Tifa Fauziah

tirto.id - Sosial budaya
Kontributor: Tifa Fauziah
Penulis: Tifa Fauziah
Editor: Alexander Haryanto