Menuju konten utama

Contoh Soal PAT PKN Kelas 8 Semester 2 dan Kunci Jawaban

Berikut contoh soal PAT PKN kelas 8 semester 2 dan kunci jawabannya untuk dijadikan sebagai bahan latihan dan belajar siswa.

Contoh Soal PAT PKN Kelas 8 Semester 2 dan Kunci Jawaban
Ilustrasi Ujian Masuk Perguruan tinggi. FOTO/Istockphoto

tirto.id - Contoh soal PKN dibutuhkan oleh siswa kelas 8 semester 2 untuk bahan belajar menjelang ujian. Melalui latihan soal, diharapkan siswa dapat mengetahui kekurangan dirinya terkait penguasaan materi.

Ujian yang saat ini berlangsung, yakni Penilaian Akhir Tahun atau PAT, merupakan kegiatan ujian yang dilaksanakan pada akhir semester genap guna mengukur pencapaian kompetensi peserta didik. Materi yang diujikan dalam PAT meliputi seluruh materi yang sudah dipelajari selama semester 2, termasuk Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).

Hasil ujian PAT akan diolah dan dianalisis untuk menentukan ketuntasan akademik atau kenaikan kelas. Namun, nilai ujian ini bukan menjadi indikator utama. Masih ada asesmen lain yang menjadi patokan guru.

Contoh Soal PAT PKN Kelas 8 Semester 2 dan Kunci Jawaban

Latihan soal dimanfaatkan oleh siswa untuk mempelajari pola soal yang sekiranya akan keluar ketika ujian berlangsung. Contoh soal yang dibutuhkan oleh siswa harus disertai dengan kunci jawaban supaya bisa mengetahui jawaban yang tepat dari soal yang sudah dikerjakan. Berikut contoh soal PAT PKN Kelas 8 beserta jawabannya.

1. Peristiwa bangkitnya persatuan dan kesatuan bangsa yang menyulut semangat nasionalisme merupakan arti ....

A. kebangkitan nasional

B. kebangkitan rakyat

C. kebangkitan bangsa

D. kebangkitan TNI

Jawaban: A

2. Sejak VOC berdiri, dimulailah berbagai bentuk kekerasan yang menimpa rakyat Indonesia. Penderitaan rakyat Indonesia terjadi dalam berbagai segi kehidupan. Di berbagai daerah, VOC melakukan tindakan dengan melaksanakan politik devide et impera atau politik ….

A. bebas aktif

B. luar negeri

C. adu domba

D. dalam negeri

Jawaban: C

3. Pergerakan nasional di Indonesia dimulai pada ....

A. abad ke-21

B. abad ke 20

C. abad ke 19

D. abad ke-18

Jawaban: D

4. Budi Utomo merupakan organisasi yang dibentuk atas dasar ide dan gagasan yang diutarakan oleh….

A. Mr. Moh. Yamin

B. Ir. Soekarno

C. dr. Wahidin Sudirohusodo

D. Mr. Soepomo

Jawaban: C

5. Pergerakan yang sebelumnya dilakukan secara fisik, mulai mengalami perkembangan dengan dilakukannya pergerakan nasional melalui ....

A. diplomasi internasional

B. pendekatan politik, ekonomi dan pendidikan

C. pendekatan budaya

D. pendekatan kepada bangsawan Belanda

Jawaban: B

6. Presiden Soekarno pada tanggal 20 Mei 1948 menetapkan hari kelahiran Budi Utomo sebagai….

A. Hari Pendidikan Nasional

B. Hari Santri Nasional

C. Hari Sumpah Pemuda

D. Hari Kebangkitan Nasional

Jawaban: D

7. Golongan masyarakat yang memiliki kesadaran nasional dalam memperjuangkan kemerdekaan nasional dengan tidak melakukan perlawanan secara fisik adalah ....

A. golongan tentara

B. golongan bangsawan

C. golongan petani

D. golongan pelajar

Jawaban: D

Berikut ini adalah faktor dari luar yang mempengaruhi Kebangkitan Nasional

1) Adanya kesadaran antara bangsa Afrika dan Asia untuk memerdekakan diri

2) Terjadinya Revolusi Rusia

3) Meletusnya Perang Dunia II

4) Meletusnya Perang Dunia I

5) Kekalahan Jerman oleh Rusia

6) Kemenangan Jepang atas Rusia

7) Terjadinya peperangan di berbagai negara

8) Kekalahan tentara Belanda oleh Jepang di Maluku

8. Berdasarkan uraian di atas, hal yang termasuk ke dalam pengaruh luar terhadap munculnya pergerakan nasional ditujukan oleh nomor ....

A. 1, 2, dan 4

B. 1, 4, dan 5

C. 2, 4, dan 6

D. 2, 4, dan 8

Jawaban: C

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini.

1) Melancarkan isu pentingnya pertahanan sendiri dari serangan bangsa lain

2) Menyokong gagasan wajib militer pribumi

3) Mengirimkan komite Indie Weerbaar ke Belanda untuk pertahanan Hindia

4) Membubarkan Badan Konstituante

5) Melantik Presiden dan Wakil Presiden

9. Bentuk-bentuk peran politik Budi Utomo ditunjukkan dengan nomor ....

A. 1, 2 dan 3

B. 2, 3 dan 4

C. 1, 3 dan 5

D. 3, 4 dan 5

Jawaban: A

10. Salah satu bukti keberhasilan dari pergerakan nasional adalah ....

A. berhasil melawan penjajah

B. berhasil menyatukan seluruh bangsa Indonesia

C. berhasil mengusir penjajah dari Indonesia

D. berhasil mendirikan berbagai sekolah

Jawaban: B

11. Berikut ini merupakan arti pentingnya Kebangkitan Nasional dalam perjuangan mencapai kemerdekaan ....

A. mengawali perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan Belanda

B. merintis tumbuh-kembangnya semangat nasionalisme, persatuan dan kesatuan bangsa

C. membangkitkan semangat untuk mendirikan organisasi-organisasi yang modern

D. menunjukkan kepada pemerintah kolonial bahwa bangsa Indonesia berani melawan

Jawaban: B

12. Nilai yang dapat membuka kesadaran bahwa perbenturan kepentingan individu dapat menimbulkan keretakan yang justru merugikan mereka sendiri. Oleh karena itu, dalam proses hingga perumusan Sumpah Pemuda, selalu berpijak pada landasan utama yaitu ….

A. rasa seiya sekata

B. nasionalisme dan toleransi

C. rasa tanggung jawab dan disiplin

D. rasa kebersamaan dan persaudaraan

Jawaban: B

13. Kongres Pemuda II diadakan tanggal 26 – 28 Oktober 1928. Semua perkumpulan pemuda dan mahasiswa serta partai politik diundang hadir untuk memberikan dukungan bagi pertemuan pemuda tersebut. Kongres Pemuda ke II digagas oleh ….

A. Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia

B. perhimpunan Pelajar-Pelajar Islam

C. perhimpunan Pemuda Betawi

D. perhimpunan Pemuda Jawa

Jawaban: A

14. Para pemuda pelopor Sumpah Pemuda terlebih dahulu menanggalkan identitas-identitas primordial seperti etnis, suku, dan ras. Doktrin-doktrin yang melekat pada suatu kelompok yang merasa memiliki perbedaan budaya, sejarah, maupun prinsip-prinsip hidup sendiri juga dicoba untuk dihargai dan dihormati karena memiliki rasa, kecuali…

A. satu nusa

B. satu bangsa

C. satu cita-cita

D. satu bahasa

Jawaban: C

Perhatikan pernyataan berikut ini!

1) Lahir di Tuban, 22 februari 1905

2) Masuk dalam anggota Persatuan pemuda Indonesia

3) Beliau menjabat ketua kongres pemuda II

4) Tokoh ini mempersilahkan WR Supratman untuk memperdengarkan lagu "Indonesia Raya" dengan biola

15. Pernyataan di atas menggambarkan tokoh dalam Sumpah pemuda, yaitu ….

A. Muh Yamin

B. Muh Hatta

C. Sugondo Djojopuspito

D. Leimena

Jawaban: B

16. Pada saat diadakan pertandingan bulu tangkis All England, Indonesia menjadi salah satu tim yang menjadi peserta.Tiap pemain menunjukkan sikap loyalitas yang tinggi terhadap kekuatan timnya dengan menjaga kekompakan dan semangat yang tinggi. Sikap yang ditunjukkan para anggota tim bulu tangkis Indonesia tersebut adalah ….

A. semangat menjadi juara

B. kerjasama antara pemain yang satu daerah

C. nasionalisme dan patriotisme

D. semangat memperoleh uang paling banyak

Jawaban: C

Perhatikan pernyataan berikut

1) Jong Ambon

2) Jong Bali

3) Jong Islamieten Bonds

4) Jong Sunda

5) Jong Celebes

6) Pesindo

17. Organisasi pergerakan yang dilakukan pemuda Indonesia ditunjukkan oleh nomor ....=

A. 1, 3 dan 5

B. 3, 4 dan 6

C. 2, 4 dan 5

D. 3, 4 dan 6

Jawaban: A

18. Arti penting Sumpah Pemuda bagi generasi muda adalah ....

A. nilai konflik yang diwariskan para pendiri negara sejak zaman kolonial

B. sebagai arahan bagi para pemuda untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar

C. merupakan komitmen bagi generasi muda Indonesia untuk tulus menjaga NKRI

D. sebagai titik ukur contoh sikap pemuda Indonesia yang berani dalam segala hal

Jawaban: C

19. Rapat pertama Kongres Pemuda II pada 27 Oktober 1928 bertempat di ....

A. Gedung Oost-Java Bioscoop

B. Gedung Paijs van Java

C. Gedung Indoneische Clubgebaouw

D. Gedung Katholieke Jongenlingen Bond

Jawaban: D

Perhatikan uraian berikut.

1) Pemuda harus berjuang demi kemajuan bangsa Indonesia

2) Pemuda harus berjuang demi diri sendiri

3) Menjaga persatuan bangsa yang majemuk

4) Mengabaikan budaya Indonesia

5) Menjunjung tinggi nilai persatuan

6) Mengisi kemerdekaan dengan berleha-leha

20. Hal-hal yang harus dilakukan oleh generasi muda saat ini untuk memaknai Sumpah Pemuda ditunjukkan oleh nomor ....

A. 1, 2 dan 4

B. 2, 4 dan 6

C. 1, 2 dan 5

D. 1, 3 dan 5

Jawaban: D

21. Salah satu bentuk pengamalan nilai Sumpah Pemuda oleh seorang pelajar di lingkungan masyarakat pada masa Pandemi Covid-19, yaitu ...

A. aktif kumpul dalam pertemuan karang taruna

B. memberi contoh perilaku baik, menggunakan masker saat keluar rumah

C. aktif mengumpulkan teman-teman untuk bermain tanpa masker

D. memberi contoh perilaku baik, selalu jajan di warung tetangga

Jawaban: B

22. Di masa Pandemi Covid-19, semangat Sumpah Pemuda dalam mencintai tanah air dapat diimplementasikan oleh pelajar di lingkungan keluarga dengan cara ....

A. diam di rumah setiap hari tanpa peduli orang lain

B. keluar rumah tanpa masker

C. memberi contoh pada keluarga untuk mematuhi protokol kesehatan

D. mematuhi perintah guru, untuk tidak keluyuran di luar rumah

Jawaban: C

23. Di sekolah ada Andi yang berasal dari Ambon, Yati dari Kalimantan, dan Sutopo dari Jawa Tengah. Agar tercipta kerukunan hidup, mereka harus berkomunikasi dengan menggunakan ....

A. bahasa jawa karena pusat ekonomi Indonesia

B. saling bergantian menggunakan bahasa daerah teman

C. bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan

D. bahasa daerah masing-masing

Jawaban: C

24. Dampak dari kemajuan teknologi informatika saat ini tidak dapat kita hindari. Di antaranya, yaitu maraknya berita Hoax di media sosial. Sikap seorang pelajar yang mencerminkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam memandang fenomena maraknya berita Hoax ini, yaitu ....

A. tidak percaya pada setiap berita di media sosial, karena tidak bisa dipertanggungjawabkan

B. melaporkan setiap akun media sosial yang menyebarkan berita Hoax kepada pihak berwajib

C. aktif mengkampanyekan anti Hoax lewat semua akun media sosial yang dimilikinya

D. memperkaya pengetahuan diri dengan rajin berliterasi dari berbagai sumber literatur

Jawaban: D

25. Negara yang dibentuk berdasarkan semangat kebangsaan yang disesuaikan dengan cinta tanah air merupakan negara yang memiliki sifat ....

A. negara berkeadilan

B. negara berkebangsaan

C. negara berpancasila

D. negara berkesatuan

Jawaban: D

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan lainnya dari Nurul Azizah

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Nurul Azizah
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Fadli Nasrudin