Menuju konten utama

Contoh Soal PAS Biologi Kelas 10 Semester 1 dan Jawabannya

Contoh soal UAS pelajaran Biologi kelas 10 semester 1 dapat dijadikan oleh siswa untuk bahan belajar menghadapi ujian akhir semester. Berikut lengkapnya

Contoh Soal PAS Biologi Kelas 10 Semester 1 dan Jawabannya
Ilustrasi Ujian Tulis. foto/SItockphoto

tirto.id - Sejumlah contoh soal UAS mata pelajaran Biologi kelas 10 semester 1 dapat dijadikan oleh siswa untuk bahan belajar menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) atau Ujian Akhir Semester (UAS).

Selain siswa, sejumlah contoh soal mata pelajaran Biologi juga dapat dijadikan bahan rujukan oleh guru atau pendidik dalam membuat soal PAS/UAS.

Mata pelajaran Biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup, meliputi hewan, tumbuhan, dan mikroba.

Berdasarkan buku Biologi untuk Kelas 10 SMA/SMK terbitan Kemdikbudristek edisi terbaru ini, bahwa materinya terdapat 10 bab.

Materi-materi tersebut yang akan dijadikan bahan dalam PAS/UAS di semester 1 untuk kelas 10. Sehingga, siswa harus mempelajari keseluruhan materinya.

Daftar Materi Biologi Kelas 10 SMA/SMK

Materi dalam mata pelajaran Biologi untuk kelas 10 dimulai dari tema “Biologi dan Peranannya dalam Kehidupan” dan diakhiri dengan materi “Permasalahan Lingkungan dan Upaya Mengatasinya”.

Sejumlah materi tersebut dapat dipelajari oleh siswa Kelas 10 SMA/SMK untuk dijadikan bahan belajar siswa. Pasalnya, dalam waktu dekat ini, siswa akan menghadapi penilaian akhir semester.

Adapun materi yang akan diujikan dalam PAS, daftar materinya sebagai berikut ini:

  • Keanekaragaman Hayati
  • Kingdom Plantae dan Peranannya dalam Kehidupan
  • Kingdom Animalia dan Peranannya dalam Kehidupan
  • Ekosistem
  • Permasalahan Lingkungan dan Upaya Mengatasinya.

Contoh Soal UAS/PAS Biologi Kelas 10 Semester 1 dan Jawabannya

1. Pengertian biologi yang paling tepat adalah….

A. ilmu yang mempelajari tentang semua makhluk hidup sekarang ini

B. ilmu yang mempelajari semua makhluk hidup pada masa kini dan pada masa lampau

C. ilmu yang mempelajari keseimbangan alam

D. ilmu yang mempelajari hubungan produsen dan konsumen

E. ilmu yang mempelajari komponen-komponen ekosistem

Jawaban: B

2. Yoghurt, keju dan Nata de coco merupakan produk makanan yang memanfaatkan jasa makhluk hidup. Cabang ilmu biologi yang mempelajari makhluk hidup tersebut adalah....

A. Virologi

B. Zoologi

C. Mikologi

D. Mikrobiologi

E. Bakteriologi

Jawaban: E

3. Apabila ingin meneliti pengaruh suhu dan kelembaban terhadap pertambahan panjang kecambah kacang hijau, maka variable bebas dan terikatnya adalah….

A. Variabel bebas adalah panjang kecambah dan variabel terikatnya adalah suhu dan kelembaban

B. Variabel bebas adalah suhu dan variabel terikatnya kelembaban

C. Variabel bebas adalah kelembaban dan variabel terikatnya suhu dan panjang kecambah

D. Variabel bebas adalah suhu dan kelembaban dan variabel terikatnya adalah panjang kecambah

E. Variabel bebas dan terikatnya adalah suhu, kelembaban dan panjang kecambah

Jawaban: B

4. Tingkatan organisasi kehidupan dari yang terbesar ke yang terkecil adalah….

A. Biosfer – ekosistem – bioma – komunitas – individu – populasi – sistem organ – jaringan – molekul – sel

B. Biosfer – bioma – ekosistem – komunitas – populasi – individu – sistem organ – organ – jaringan – sel – molekul

C. Molekul – sel – jaringan – organ – sistem organ – individu – populasi – komunitas – ekosistem – bioma – biosfer

D. Molekul – sel – jaringan – sistem organ – organ – populasi – individu – komunitas – bioma – biosfer

E. Bioma – biosfer – ekosistem – komunitas – individu – sistem organ – organ – jaringan – molekul – sel

Jawaban: D

5. Jika teman anda terkena percikan zat kimia asam maka tindakan yang tepat adalah….

A. hapus zat asam dengan tisu atau kain halus kemudian cuci dengan air mengalir lalu bilas dengan larutan Na2CO3 1%, lalu keringkan dan olesi salep boor

B. bawa ke dokter

C. olesi dengan salep boor

D. kulit dicuci dengan air sebanyak-banyaknya sebelum dibawa ke dokter

E. kulit cuci dengan air sebanyak-banyaknya kemudian bilas dengan asam asetat 1 % , cuci kembali dengan air keringkan lalu olesi salep boor.

Jawaban: A

6. Di suatu pasar tradisional ada beberapa pedagang menjual keanekaragaman sebagai berikut :

1. Berbagai macam ikan hias

2. Berbagai macam bunga mawar

3. Berbagai macam pisang

4. Berbagai macam burung

Yang termasuk keanekaragaman tingkat jenis/spesies ditunjukkan oleh nomor….

A. 1 dan 2

B. 1 dan 3

C. 1 dan 4

D. 2 dan 3

E. 2 dan 4

Jawaban: C

7. Berdasarkan perbedaan flora dan fauna yang mendominasi, terumbu karang di Pantai Pangandaran dan kawasan hutan di Gunung Gede Pangrango menunjukkan adanya keanekaragaman hayati tingkat….

A. Gen

B. Spesies

C. Ekologi

D. Ekosistem

E. Komunitas

Jawaban: D

8. Hewan yang endemis di Indonesia adalah....

A. banteng di Kalimantan

B. burung maleo di Sulawesi

C. orang utan di Nusa Tenggara

D. burung cendrawasih di Bali

E. komodo di Papua

Jawaban: C

9. Berikut yang bukan merupakan penyebab menghilangnya keanekaragaman hayati adalah....

A. perubahan iklim

B. pertanian industri

C. konservasi secara berkelanjutan

D. eksploitasi flora dan fauna secara berlebihan

E. pencemaran tanah, air, dan udara

Jawaban: D

10. Konservasi beberapa jenis organisme langka dilakukan di habitat aslinya (in situ). Kelebihan konservasi in situ dibandingkan dengan konservasi eksitu adalah….

A. tidak membutuhkan tempat yang luas sehingga lebih mudah dilaksanakan

B. tidak membutuhkan proses adaptasi sehingga kemungkinan mengalami kegagalan kecil

C. tempat dapat dipindah-pindahkan sesuai dengan kebutuhan lahan

D. memudahkan pengamatan sehingga dapat dijadikan obyek wisata

E. memungkinkan untuk mengamati perkembangan jumlah populasi lebih mudah

Jawaban: C

11. Penggolongan organisme dengan menggunakan sistem klasifikasi filogenetik, dilaksanakan berdasarkan kesamaan....A. habitat

B. habitat dan morfologi

C. kekerabatan secara evolusi

D. susunan biokimia tubuh

E. morfologi

Jawaban: D

12. Urutan tingkatan takson dari yang tertinggi ke yang terendah setelah kingdom untuk tumbuhan adalah….

A. ordo

B. kelas

C .marga

D. filum

E. divisi

Jawaban: E

13. Nama ilmiah nangka, Artocarpus integra, sedangkan nama ilmiah cempedak, Artocarpus cempedans, maka dapat diketahui nangka dengan cempedak, memiliki persamaan di tingkat….

A. family

B. spesies

C. bentuk dan warna

D. lingkungan

E. genus

Jawaban: A

14. Katak hijau dan merpati memiliki kelas yang berbeda, tetapi mempunyai filum yang sama karena memiliki kesamaan dalam hal….

A. Penutup tubuh

B. Jenis makanan

C. Struktur alat reproduksi

D. Jenis rangka tubuh

E. Tempat hidup

Jawaban: E

15. Untuk memperbanyak jumlah virus maka virus harus dikulturkan dengan membiakkannya dalam suatu medium. Medium yang mungkin dapat menumbuhkan virus adalah….

A. embrio yang hidup di dalam telus

B. air gula yang telah disterilkan

C. selai steril yang dibuat dengan tepung agar agar

D. selai steril yang dibuat dengan mineral, vitamin dan agar-agar

E. air yang dididihkan dan didinginkan kemudian diberi vitamin dan mineralnya

Jawaban: A

16. HIV merupakan jenis virus yang membahayakan manusia karena dapat menimbulkan penyakit AIDS. Virus ini menyerang….

A. sistem saraf dan kulit

B. sistem kekebalan tubuh

C. sistem peredaran darah

D. sistem peredaran darah dan pernafasan

E. sistem peredaran darah dan koordinasi tubuh

Jawaban: B

17. Vaksinasi bisa mencegah suatu penyakit yang dikarenakan oleh virus. Vaksinasi bisa diberikan secara oral contohnya vaksin untuk penyakit…

A. disentri

B. cacar

C. hepatitis

D. polio

E. kolera

Jawaban: D

18. Kandungan spesifik dinding sel bakteri adalah....

A. peptidoglikan

B. selulosa

C. kitin

D. pektin

E. lignin

Jawaban: A

19. Reproduksi seksual pada bakteri dengan cara....

A. pembelahan biner

B. membelah diri

C. fragmentasi

D. duplikasi

E. konjugasi

Jawaban: E

20. Cara yang digunakan bakteri untuk mempertahankan diri dari lingkungan yang tidak menguntungkan adalah …

A. Membentuk endospora

B. Dapat dikristalkan

C. Regenerasi

D. Membentuk spora

E. Melindungi diri

Jawaban: B

21. Hubungan yang tepat antara jenis bakteri dan perannya adalah….

A. Streptomyces pembuatan antibiotik

B. Acetobacter xylinum pembuatan obat diare

C. Lactobacillus bulgaricus pembuatan roti

D. Escherichia coli, pembuatan keju

E. Aspergillus oryzae, pembuatan tempe

Jawaban: A

22. Bakteri yang hidup di lingkungan bersuhu panas dan asam disebut bakteri.…

A. asidofil

B. termoasidofil

C. chlamydia

D. metanogen

E. halofil

Jawaban: B

23. Seorang siswa mengamati sampel air kolam dibawah mikroskop dan mendapatkan protista yang dapat bergerak serta bentuk tubuhnya berubah ubah. Berdasarkan ciri di atas, protista tersebut adalah….

A. flagellata

B. rhizopoda

C. ciliata

D. myxomycota

E. sporozoa

Jawaban: B

24. Penyebab penyakit malaria bersifat parasit pada … manusia.

A. usus halus

B. usus besar

C. jaringan darah

D. otak

E. limfa

Jawaban: C

25. Perhatikan ciri-ciri berikut !

1. Umumnya uniseluler

2. Hampir semua hidupnya di laut

3. Mempunyai klorofil a dan c, karoten, xantofil, dan pigmen dominan fukosantin

4. Reproduksi seksual dengan penyatuan gamet yang berbeda jenis.

Ciri di atas dimiliki oleh kelompok alga….

A. Chlorophyta

B. Cyanophyta

C. Chrysophyta

D. Phaeophyta

E. Rhodophyta

Jawaban: D

26. Reproduksi seksual pada alga yang ditandai dengan peleburan antara sel gamet yang berbeda ukuran dan bentuknya disebut….

A. anisogami

B. isogami

C. konjugasi

D. singami

E. plasmogami

Jawaban: A

27. Di bawah ini adalah contoh alga hijau yang dibudidayakan untuk diolah menjadi makanan suplemen (PST) dan kosmetik adalah….

A. Chlamydomonas

B. Chlorococcum

C. Chlorella

D. Spirogyra

E. Volvox

Jawaban: C

28. Pythium sp adalah kelompok jamur oomycota yang dapat merugikan manusia yaitu….

A. menyerang tanaman tomat

B. parasit pada kelapa

C. parasit pada tanaman anggur

D. menyebabkan penyakit rebah semai pada tanaman

E. parasit pada ikan dan serangga

Jawaban: D

29. Berikut adalah ciri fungi…

A. tidak berklorofil dan prokariotik

B. tidak berklorofil dan eukariotik

C. tidak berklorofil dan autotrof

D. berklorofil dan eukariotik

E. berklorofil dan heterotrof

Jawaban: B

30. Jenis Ascomycota yang dapat mengubah ampas kacang menjadi oncom adalah….

A. Volvariella volvacea

B. Rhizopus stolonifer

C. Neurospora crassa

D. Saccharomyces cerevisiae

E. Aspergillus flavus

Jawaban: C

Essay Materi Biologi kelas 10 Semester 1

1. Apakah dasar dan manfaat klasifikasi makhluk hidup!

Jawaban: Dasar klasifikasi : persamaan dan perbedaan ciri organisme Manfaat klasifikasi: (a) Menyederhanakan obyek studi agar mudah dipelajari, (b)Mengetahui hubungan kekerabatan antar organisme yang satu dengan yang lain.

2. Tuliskan langkah-langkah perkembangbiakan virus secara lisis!

Jawaban: Langkah perkembangbiakan virus secara lisis: Adsorpsi, Perakitan virus baru, Penetrasi, Pembebasan dan Replikas

3. Jelaskan perbedaan bakteri fotoautotrof dan bakteri kemoautotrof beserta contohnya

Jawaban: Bakteri fotoautotrof yaitu bakteri yang memanfaatkan energi cahaya matahari untuk mengubah bahan anorganik menjadi bahan organik, contohnya Bakterioklorofil

4. Sebutkan pengelompokan protozoa berdasarkan alat geraknya dan berikan masing masing contohnya!

Jawaban: Ciliata/ciliophora/infusuria alat gerak: silia, contoh: paramecium. Rhizophoda/sarcodina, alat gerak: kaki semu, contoh: amoeba

5. Simbiosis mutualisme antara jamur dengan akar tumbuhan disebut mikoriza. Sebut dan jelaskan macam mikoriza!

Jawaban: Endomikoriza adalah jika hifa jamur menembus sampai kebagian dalam (endodermis) akar tanaman.

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL UAS atau tulisan lainnya dari Sulthoni

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Sulthoni
Penulis: Sulthoni
Editor: Yulaika Ramadhani