CASN-CPNS 2021: Cara Pendaftaran dan Syarat Sekolah Kedinasan 2021

Oleh: Syamsul Dwi Maarif - 9 April 2021
Dibaca Normal 2 menit
Pendaftaran Sekolah Kedinasan akan dilaksanakan mulai hari ini Jumat, 9 April 2021 di laman SSCASN.
tirto.id - Sekolah Kedinasan adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dikelola oleh instansi pemerintah termasuk pendanaan dan biaya pendidikannya.

Sekolah Kedinasan kembali membuka seleksi pendaftaran 2021 yang meliputi beberapa tahapan, yaitu administrasi, seleksi kompetensi dasar dengan sistem Computer Assisted Tes (CAT). Pendaftaran akan dilaksanakan mulai hari ini Jumat, 9 April 2021 di laman SSCASN.

Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021



Dikutip dari buku petunjuk Pendaftaran Sekolah Kedinasan oleh BKN (2021:4), adapun tata cara pendaftaran sebagai berikut:

1. Pelamar harus masuk ke portal SSCASN seperti tampilan di atas di alamat: https://sscasn.bkn.go.id.

2. Pelamar pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke portal Sekolah Kedinasan, membuat akun dan mencetak Kartu Informasi Akun di alamat: https://dikdin.bkn.go.id.

3. Pelamar melakukan log in dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.

4. Pelamar melakukan swafoto, mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia dan melengkapi form isian.

Pelamar hanya dapat melamar di 1 (satu) Sekolah Kedinasan. Aturan lebih jelas mengenai sekolah kedinasan dan jurusan yang Anda pilih, bisa langsung cek di halaman web masing-masing sekolah kedinasan

5. Pelamar memasukkan nilai.

6. Pelamar melengkapi biodata.

7. Pelamar mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan.

8. Pelamar mengecek kembali isian yang telah dilengkapi (resume).

9. Pelamar meng-klik kirim, data yang telah dikirim tidak dapat diubah.

10. Pelamar mengecek hasil verifikasi.

11. Pelamar yang dinyatakan lulus verifikasi akan mendapatkan kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi. Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di web instansi atau sekolah kedinasan yang dipilih.

12. Pelamar yang sudah melakukan pembayaran dan sudah diverifikasi pembayarannya akan mendapatkan Kartu Ujian.

13. Pelamar mengikuti tahapan tes seleksi.

14. Pelamar mengecek hasil kelulusan tes seleksi.

15. Pelamar yang lulus tes seleksi dan dinyatakan diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait untuk proses selanjutnya.

Mengenai alur pendaftaran Sekolah Kedinasan secara lengkap dapat dilihat lewat file Dikdin dan bisa diunduh lewat tautan ini.

Syarat Masuk Sekolah Kedinasan 2021



Pelamar diharap untuk memperhatikan ketentuan-ketentuan terkait jurusan, pendidikan dan sekolah kedinasan yang dilamar. Setiap jurusan dan sekolah kedinasan memiliki persyaratan yang berbeda.

Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan pelamar sudah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Adapun dokumen tersebut sebagai berikut:

1. Kartu Keluarga
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Ijazah
4. Rapor SMA/Sederajat
5. Pas foto
6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar

Setelah melewati tahap seleksi kompetensi dasar, siswa akan mengikuti tahapan seleksi tes kesehatan, tes kesemaptaan, tes psikologi, tes wawancara dan tes lainnya sesuai persyaratan dari sekolah kedinasan terkait.

Tata Cara Pembayaran CAT Sekolah Kedinasan 2021



Sebelum mengikuti Seleksi Sekolah Kedinasan 2021, para pendaftar akan dikenakan biaya ujian CAT. Pembayaran dapat dilakukan melalui Bank BCA, Mandiri, BNI dan BRI.

Dikutip dari laman SSCASN (2021), adapun tata cara pembayaran ujian CAT melalui ATM Bank sebagai berikut:

Bank BCA
  1. Pilih menu Transaksi Lainnya
  2. Pilih menu Pembayaran
  3. Pilih menu MPN/Pajak
  4. Pilih menu Penerimaan Negara
  5. Masukkan 15 digit kode billing
  6. Setelah konfirmasi, anda akan mendapatkan struk BPN (Bukti Penerimaan Negara)
  7. Foto bukti transfer anda
Bank BRI
  1. Pilih Bahasa yang disediakan
  2. Tekan Lanjutkan
  3. Masukkan PIN
  4. Pilih menu TRANSAKSI LAIN
  5. Pilih PEMBAYARAN
  6. Pilih menu LAINNYA
  7. Pilih menu MPN
  8. Masukkan 15 digit kode billing
  9. Konfirmasi pembayaran
  10. Foto bukti transfer anda
Bank BNI
  1. Sebelum melakukan pembayaran, nasabah memastikan bahwa saldo rekening lebih besar dari nominal billing yang akan dibayar.
  2. Setelah input PIN, nasabah pilih "MENU LAIN"
  3. Selanjutnya pilih menu "PEMBAYARAN"
  4. Kemudian pilih menu "PAJAK/PENERIMAAN NEGARA"
  5. Pilih "PAJAK/PNBP/BEA & CUKAI"
  6. Nasabah input NOMOR BILLING yang akan dibayar.
  7. Layar ATM akan menampilkan data billing, nasabah harus lakukan verifikasi
  8. Setelah dipastikan kebenarannya nasabah dapat melakukan proses pembayaran dengan pilih tombol "TEKAN JIKA YA"
  9. Jika receipt atau NTPN tidak keluar, nasabah dapat datang ke cabang BNI terdekat untuk cetak ulang BPN dengan menunjukkan nomor billing atau receipt sementara.
  10. Foto bukti transfer anda
Bank Mandiri
  1. Pilih Bahasa dan Masukkan PIN kartu ATM.
  2. Pada Menu Utama, pilih menu BAYAR/ BELI.
  3. Pilih PENERIMAAN NEGARA.
  4. Pilih PAJAK/ PNBP/ CUKAI
  5. Masukkan 15 (lima belas) digit Kode Billing dan pilih BENAR
  6. Akan muncul informasi tagihan Kode Billing. Apabila tagihan sesuai, tekan angka 1 dan pilih YA untuk melanjutkan
  7. Bukti Penerimaan Negara (BPN) akan tercetak dalam bentuk struk ATM.
  8. Foto bukti transfer anda

Baca juga artikel terkait CPNS 2021 atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Syamsul Dwi Maarif
Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight