Cara Unggah Foto KTP Saat Daftar Prakerja di prakerja.go.id

Oleh: Yantina Debora - 18 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Gagal upload foto KTP di Prakerja bisa disebabkan oleh ukuran file foto atau format yang tak sesuai syarat.
tirto.id - Foto kartu tanda penduduk (KTP) menjadi salah satu syarat pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 9 yang sudah dibuka sejak 17 September 2020.

Pendaftaran dibuka melalui portal www.prakerja.go.id. Terkait dengan KTP, tak sedikit warga yang menyatakan gagal mengunggah KTP saat melakukan pendafataran.

Beberapa warganet juga mempertanyakan kegagalan upload foto KTP ke akun media sosial Instagram Prakerja. Terkait dengan upload KTP di Prakerja.go.id, pada dasarnya terdapat beberapa ketentuan.

Seluruh Bagian KTP Berada Dalam Foto dan Bukan Fotokopi

Kegagalan upload foto ke akun Prakerja saat melakukan pendaftaran bisa juga disebabkan oleh foto yang tak sesuai ketentuan pendaftara.

Tim pelaksanaan Program Prakerja mengimbau agar pendaftar memastikan seluruh bagian dari KTP ada dalam foto yang diunggah.

Adanya sebagian sisi KTP yang tak terlihat atau tak tampak, juga berpengaruh dalam proses verifikasi data nantinya. Selain itu pastikan foto KTP yang diunggah saat mendaftar adalah asli dan bukan fotokopi.

Foto KTP Berukuran Maksimal 2MB

Jika sudah mendapatkan foto KTP, pastikan ukuran file foto yang diungga tak lebih dari ukuran 2 MB. Ukuran file foto yang melebihi ketentuan akans ecara otomotis ditolak oleh mesin.

Jika tak memiliki foto KTP berukuran 2 MB, terdapat tools daring untuk memudahkan mengecilkan ukuran foto salah satunya Pixlr.

Cara penggunaan tool editing di situs web ini cukup mudah, selengkapnya sebagai berikut:

  • Buka situs web Pixlr yang beralamat di pixlr.com;
  • Sebagai informasi, Pixlr mewajibkan akses flash di peramban. Izinkan akses itu jika muncul notifikasi. Lalu, klik kanan mouse untuk mengaktifkan;
  • Setelah situs web Pixlr terbuka, klik menu Browse yang letaknya paling kiri di kotak yang tersedia;
  • Lalu, pilih file foto yang ingin dikecilkan;
  • Berikutnya, klik menu Save yang terletak di pojok kiri atas;
  • Selanjutnya, geser bar ke kiri di menu Quality berukuran 2MB. Jika sudah klik Save;
  • Berikutnya, muncul opsi simpan di folder komputer dan beri nama dokumen itu. Klik Save untuk download dan menyimpan;
  • Selesai.

Perlu diingat, jangan terlalu mengompres ukuran foto sebab dapat menyebabkan blur sehingga data KTP tak jelas atau buram.

Format Foto JPEG atau PNG

Selanjutnya, pastikan format foto yang diupload adalah JPEG atau PNG. Jika format foto yang diupload di luar dua format di atas maka mesin otomatis akan menolak unggahan Anda.

Silahkan memilih salah satu format di atas dan daftar Prakerja gelombang 9 di prakerja.go.id

Koneksi Internet

Jika semua syarat dokumen KTP sudah terpenuhi dan masih gagal mengupload KTP, pastikan koneksi internet Anda stabil.

Sebaiknya mendaftar menggunakan laptop atau komputer bagi yang memiliki. Jika tak punya, pastikan koneksi pada ponsel Anda stabil.

Hubungi Pihak Prakerja

Jika masih kesulitan, silahkan hubungi pihak Prakerja melalui email Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja di info@prakerja.go.id atau Call Center Layanan 021-25541246.

Anda juga bisa menghubungi Kementerian Ketenagakerjaan dan mengadukan masalah upload foto KTP di bantuan.kemnaker.go.id.

Cara menyampaikan aduan yakni mengakses https://bantuan.kemnaker.go.id/ lalu pilih 'Buat Pengaduan".

Daftar menggunakan nomor KTP, email dan nomor ponsel yang masih aktif. Jika sudah memiliki akun, silahkan login dan masukan pengaduan Anda. Pihak Kemnaker akan menjawab di bawah aduan Anda.


Baca juga artikel terkait PRAKERJA atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight