Menuju konten utama

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online Lewat HP, Pembatalan & Refund

Pembelian, pembatalan, dan refund tiket kereta api dapat dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi Access by KAI. Simak caranya berikut ini.

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online Lewat HP, Pembatalan & Refund
Aplikasi Access by KAI. foto/https://www.kai.id/static/berita/2c94ebe0ec76b4056f8756ff3df87d1c.jpeg

tirto.id - Cara pesan tiket kereta api online lewat HP salah satunya bisa dilakukan lewat aplikasi Access by KAI. Aplikasi resmi buatan KAI inti tidak hanya melayani penjualan tiket atau cek jadwal kereta api saja. Pengguna juga bisa memanfaatkannya untuk keperluan pembatalan dan melakukan proses refund (pengembalian dana).

KAI telah menyediakan tiket kereta api jarak jauh untuk memenuhi perjalanan pada masa liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Masa Angkutan Nataru KAI berlangsung mulai 21 Desember sampai 7 Januari 2024. Selama masa tersebut tersedia 3.888 perjalanan KA Jarak Jauh reguler dengan kuota 2,2 juta tempat duduk.

Adapun tarif kereta api di masa Nataru mengacu ketentuan Tarif Batas Bawah (TBB) - Tarif Batas Atas (TBA). Penumpang dapat mengecek harganya sewaktu-waktu lewat situs KAI atau lewat HP di aplikasi Access by KAI.

Setiap tiket resmi kereta api yang dibeli penumpang, tercantum identitas diri hingga data perjalanan. Hanya saja, kadang kala penumpang perlu membatalkan tiketnya karena alasan tertentu. Tiket kereta api masih bisa dibatalkan selama belum berangkat dan dilakukan pengembalian dana sesuai aturan yang berlaku

Pembelian, pembatalan, dan refund tiket kereta api dapat dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi Access by KAI. Simak caranya dalam uraian berikut dan kenali aturan baru yang ditetapkan KAI.

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online

Cara pesan tiket kereta api online di Access by KAI perlu mengunduh dahulu aplikasinya melalui Play Store untuk Android dan App Store bagi iOS. Setelah itu, lakukan login ke akun masing-masing. Jika belum memiliki akun, bisa melakukan pendaftaran secara gratis.

Jika akun telah dimiliki dan melakukan login, berikut cara pesan tiket kereta api online:

  1. Buka aplikasi Access by KAI
  2. Pilih jenis kereta yang akan dinaiki. Dalam contoh ini penumpang disimulasikan membeli tiket kereta api antarkota. Pilih menu "Antar Kota"
  3. Tentukan stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal berangkat, status pulang-pergi, dan jumlah penumpang. Akhiri dengan ketuk "Cari Tiket Antar Kota"
  4. Pilih nama kereta lalu tentukan kelas yang akan dinaiki
  5. Isi detail pemesanan termasuk data penumpang. Ketuk "Lanjutkan"
  6. Layar akan menampilkan ringkasan pemesanan tiket. Jika sudah benar, ketuk "Lanjutkan"
  7. Jika penumpang ingin sekaligus memesan makanan atau minuman dari kereta makan, ketuk Pilih "Makanan dan Minuman". Apabila tidak berkenan, penumpang bisa ketuk "Lewati"
  8. Jika penumpang ingin sekaligus pindah alat transportasi lain saat sudah sampai stasiun tujuan, pilih ikon transportasi yang dibutuhkan. Penumpang bisa ketuk "Lanjutkan" bila tidak berkenan
  9. Layar akan menampilkan ringkasan pemesanan final atas pesanan tiket kereta api. Jika sudah sesuai, ketuk centang pada syarat dan ketentuan lalu klik "Bayar"
  10. Pilih metode pembayaran dan selesaikan transaksi
  11. Pemesan akan memperoleh konfirmasi kode booking melalui email dan tercantum pula pada menu "Tiket Saya" di aplikasi Access by KAI

Cara Membatalkan dan Refund Tiket Kereta Api Online

Pembatalan tiket kereta api secara online lewat aplikasi Access by KAI dibatasi paling lambat dua jam sebelum keberangkatan. Syarat lainnya yakni tiket sudah berstatus dibayar, tetapi belum dicetak sebagai boarding pass. Jika kedua syarat tersebut tidak terpenuhi, prosesnya harus dilakukan melalui loket stasiun online yang menerima pembatalan tiket.

Setiap pembatalan tiket karena keinginan penumpang akan dikenakan pemotongan dalam proses refund. Besarnya potongan adalah 25 persen dari harga tiket dan di luar biaya pemesanan. Proses refund lebih kurang memerlukan waktu 30-45 hari sejak pembatalan.

Refund dilakukan melalui transfer bank. Pengembalian uang dikirimkan pada salah satu rekening penumpang di dalam kode booking tiket yang dibatalkan (jika pembatalan lebih dari satu tiket).

Jika ditemukan kegagalan dalam proses transfer, penumpang memperoleh pemberitahuan melalui SMS atau email. Penumpang masih bisa melakukan klaim refund maksimal satu tahun sejak proses pembatalan dilakukan. Jika kegagalan transfer akibat salah memasukkan nomor rekening tujuan, penumpang harus melakukan pembatalan secara manual di loket stasiun yang ditentukan KAI.

Tata cara pembatalan tiket di aplikasi Access by KAI sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Access by KAI Access di smartphone
  2. Ketuk menu “Tiket Saya”
  3. Pilih “Kode Booking” tiket untuk dibatalkan
  4. Lanjutkan ketuk “Pembatalan”
  5. Baca dan pahami mengenai ketentuan pembatalan. Ketuk centang dan pilih “Lanjut”
  6. Isi data rekening bank dan pastikan benar. Rekening bank digunakan untuk pengembalian dana (refund)
  7. Cek kembali seluruh data pembatalan. Pilih "Ya saya yakin” dan proses pembatalan tiket selesai

Baca juga artikel terkait TIKET KERETA atau tulisan lainnya dari Ilham Choirul Anwar

tirto.id - Sosial budaya
Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Ibnu Azis