tirto.id - Cara pesan tiket kereta api kini semakin mudah berkat kehadiran aplikasi di perangkat bergerak, salah satunya KAI Access, yang bisa di-download gratis di Play Store (Android) dan App Store (iOS).
KAI Access merupakan aplikasi resmi dari PT. Kereta Api Indonesia yang dirilis pada tanggal 26 Juli 2013. Kehadiran KAI Access seturut keinginan masyarakat dalam memesan tiket kereta api tanpa perlu antri di loket.
Melansir situs web Kereta Api Indonesia, berikut 10 kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi KAI Access:
- Cukup melakukan pembayaran di channel yang telah disediakan
- Cukup menunjukan bukti lunas di menu kode booking untuk mendapatkan tiket
- Bisa pesan tiket kereta api maksimal sampai 3 bulan sebelum keberangkatan
- Minimal pemesanan sampai 10 jam sebelum kereta api berangkat
- Jumlah pemesanan bisa sampai 4 Penumpang
- Identitas penumpang dapat disimpan pada device untuk memudahkan pemesanan berikutnya
- Terintegrasi dengan sistem kalender ponsel sehingga mengingatkan calon penumpang kapan akan berangkat
- Dapat memilih tempat duduk
- Dapat melihat history pemesanan sebelumnya
- Memiliki fitur peta yang dapat menunjukan di mana stasiun terdekat
Berikut beberapa fitur unggulan KAI Access sebagaimana dikutip dari diskripsi aplikasinya di Play Store:
1. Pembatalan Tiket
Konsumen tak perlu mengantri dan datang ke loket hanya untuk melakukan cancel tiket. Semua bisa dilakukan di manapun dan kapan pun. Refund langsung ditransfer ke rekening konsumen yang terdaftar 30 hari setelah proses cancel dilakukan.
Fitur ini bisa digunakan oleh konsumen meskipun pembelian dilakukan di agen resmi PT KAI atau channel eksternal dengan catatan, konsumen harus memiliki akun KAI Access yang sudah teregistrasi.
2. Ubah Jadwal Tiket
Konsumen tidak perlu bingung dengan perencanaan perjalanan yang mendadak sehingga harus mengubah jadwal perjalanan. Di KAI Access, semuanya bisa dilakukan, mulai mencari waktu ke loket, mencari jadwal tiket pengganti, dan lain sebagainya.
Cukup ketup e-ticket pada menu “my trip” kemudian pilih menu reschedule dan ikuti langkah selanjutnya. Fitur ini bisa digunakan oleh konsumen meskipun pembelian dilakukan di agen resmi PT KAI atau channel eksternal dengan catatan, konsumen harus memiliki akun KAI Access yang sudah teregistrasi.
3. Pembelian Tiket Kereta Api Lokal
Konsumen tak perlu mengantri di loket untuk pembelian tiket kereta api lokal yang bisa dilakukan 3 jam sebelum jadwal keberangkatan. Pembelian dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun tanpa harus terburu-buru atau berdesakan di loket.
4. Pembelian Tiket Kereta Api 1 Jam Sebelum keberangkatan
Fitur ini disediakan untuk menjawab kebutuhan konsumen yang melakukan perjalanan secara mendadak. Konsumen tak perlu panik apalagi mengantri di loket hanya untuk membeli tiket go-show. Pembelian dapat dilakukan pada saat perjalanan menuju stasiun. Fitur ini hanya dapat digunakan bagi pengguna aplikasi KAI Access.
5. E-Boarding Pass
Fitur ini dapat digunakan atau akan tampil 2 jam sebelum keberangkatan Kereta Api. Pengguna tidak perlu lagi mengantri hanya untuk mencetak boarding pass pada mesin CIC (check in counter). Cukup menunjukkan e-boarding pass di ponsel kepada petugas boarding.
Fitur ini hanya dapat digunakan bagi pengguna aplikasi KAI Access.
Aplikasi KAI Access dapat diunduh gratis untuk pengguna Android dan iOS di masing-masing toko aplikasi.
Editor: Agung DH