Cara Monetisasi Akun Youtube Lewat Aplikasi YouTube Studio

Reporter: - 18 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Cara monetisasi akun YouTube perlu diketahui bagi Anda yang ingin mendapat penghasilan dari video-video yang diunggah. Berikut ini panduan monetize YouTube.
tirto.id - Monetisasi YouTube adalah sebuah cara mengonversi video-video yang diunggah ke YouTube sehingga dapat menjadi sumber penghasilan. Bagaimana cara monetize YouTube?

YouTube, selain sebagai platform video terbesar di dunia, layanan ini juga ternyata telah menjadi salah satu lapangan pekerjaan yang digandrungi banyak orang.

Cukup dengan bermodalkan kamera baik yang profesional ataupun sebatas kamera smartphone dan perangkat lainnya, siapapun kini bisa menjadi pembuat konten Youtube atau yang disebut dengan Youtuber.

Video atau konten yang dibuat pun tidak bisa sembarangan, sebab platform ini secara konstan akan meninjau kanal kalian untuk memastikan apakah semua kebijakan dan aturan yang diberlakukan telah terpenuhi.

YouTube memiliki standar kualifikasi yang harus diikuti agar kanal kalian dapat bergabung dalam Program Mitra Youtube dan menghasilkan uang.

Fitur Monetisasi YouTube


Adapun fitur - fitur yang disediakan YouTube untuk menghasilkan uang yakni Advertising Revenue, yang memungkinkan kalian menghasilkan pendapatan dari iklan yang ditampilkan.

Kemudian ada fitur keanggotaan, yang mana fitur ini memungkinkan siapapun yang bergabung melakukan pembayaran langganan setiap bulannya untuk keanggotan yang kalian buat.

Selain itu, YouTube juga menyediakan rak khusus yang dapat digunakan untuk menjual segala macam merchandise official dari kalian atau para Youtuber.

Tapi perlu diingat, fitur - fitur ini baru akan aktif jika kanal YouTube milik kalian telah memiliki ribuan subscriber dan konten yang berkualitas dengan jumlah penayangan yang banyak.

Cara Monetisasi Akun YouTube


Berikut adalah cara untuk mengaktifkan iklan di YouTube yang bertujuan untuk memonetasi akun atau kanal milik kalian:

    1. Buka aplikasi YouTube Studio
    2. Klik menu > Video
    3. Pilih video yang ingin Anda monetisasi atau matikan iklannya
    4. Klik ikon edit
    5. Klik tab monetisasi
    6. Untuk menghidupkan atau mematikan iklan, klik tombol "Monetize with ads"
    7. Jika Anda menggunakan sistem pencocokan Konten ID YouTube, ikuti petunjuk di layar untuk mengatur atau mengubah kebijakan penggunaan
    8. Jika Anda mengaktifkan iklan, sesuaikan format iklan dan jeda iklan. Anda hanya dapat mengaktifkan jeda iklan sebelum atau sesudah video
    9. Klik simpan.


    Baca juga artikel terkait MONETISASI YOUTUBE atau tulisan menarik lainnya
    (tirto.id - Sosial Budaya)

    Editor: Yantina Debora
    DarkLight