Cara Merayakan Halloween Bersama Keluarga yang Seru

Kontributor: Erika Erilia, tirto.id - 30 Okt 2023 12:35 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Ada banyak cara merayakan Halloween bersama keluarga yang seru, mulai dari menghias rumah hingga mengunjungi rumah hantu.
tirto.id - Perayaan Halloween tahun ini akan berlangsung pada hari Selasa, 31 Oktober 2023. Halloween bisa dirayakan bersama orang-orang terdekat, termasuk keluarga.

Ada banyak cara merayakan Halloween bersama keluarga yang seru. Kegiatan perayaan Halloween bersama keluarga biasanya berupa menghias rumah, menonton film horor, hingga pesta kostum.

Halloween sendiri merupakan perayaan tahunan yang diperingati setiap tanggal 31 Oktober. Selama perayaan Halloween, orang-orang akan mengenakan kostum hantu atau melakukan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan hal-hal yang menyeramkan.

Dilansir dari laman History, Halloween sebenarnya berasal dari festival Samhain yang dilakukan oleh suku Celtic kuno 2.000 tahun yang lalu. Saat itu, bangsa Celtic diketahui selalu merayakan tahun baru mereka setiap tanggal 1 November.

Tanggal itu menjadi penanda berakhirnya musim panas dan musim panen. Di sisi lain, hari tersebut juga menjadi penanda dimulainya musim dingin yang gelap atau masa yang sering dikaitkan dengan kematian manusia.

Suku Celtic juga percaya bahwa malam sebelum pergantian tahun, tepatnya pada 31 Oktober, batas antara dunia orang hidup dan orang mati akan menjadi kabur. Menurut kepercayaan mereka, hantu atau arwah orang yang sudah meninggal juga akan kembali ke bumi di malam pergantian tahun baru tersebut.

Itulah kenapa suku Celtic kemudian merayakan Samhain pada 31 Oktober. Perayaan ini dilakukan dengan menyalakan api unggun dan memakai kostum yang dipercaya dapat mengusir para hantu.

Sampai saat ini, perayaan Halloween telah menjadi tradisi yang dilakukan di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Pada malam Halloween, tak sedikit yang merayakannya dengan pesta kostum atau menghias rumah dengan pernak-pernik Halloween seperti labu Jack O’Lantern.


Cara Merayakan Halloween Bersama Keluarga yang Seru


Ada berbagai kegiatan seru bersama keluarga untuk merayakan Halloween. Berikut beberapa rekomendasi kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama keluarga di malam Halloween:

1. Menghias rumah bertema Halloween

Ajak anggota keluarga untuk menghias rumah dengan dekorasi bertema Halloween. Salah satunya dekorasi khas Halloween adalah labu berwajah seram bernama Jack O’Lantern.

Alat dan bahan membuat Jack O'Lantern tidak banyak, yaitu cukup sebuah labu kuning, pisau, dan sendok. Caranya adalah mengukir labu kuning membentuk wajah yang menyeramkan, lucu, atau meniru karakter kartun.

Gunakan pisau dan sendok untuk mengukir labu atau mengeruk isiannya. Setelah ukiran berhasil dibuat, masukkan lampu baterai atau lilin di dalam labu dan taruh di halaman rumah saat malam hari.

Selain labu, rumah juga bisa didekorasi dengan hiasan lain, misalnya balon berwarna hitam dan putih, kertas berbentuk kelelawar yang digantung di depan rumah, jaring laba-laba, atau kain putih yang dibentuk menyerupai sosok hantu.

2. Membaca dan berbagi cerita seram

Cara merayakan Halloween dengan keluarga selanjutnya adalah dengan membaca dan berbagi cerita seram. Ajak semua anggota keluarga untuk berkumpul di satu ruangan, lalu mulailah menceritakan kisah-kisah seram secara bergantian.

Setiap anggota keluarga bisa membaca kisah seram yang ada di internet atau menceritakan pengalaman pribadi. Agar suasana terasa lebih menegangkan, matikan lampu dan nyalakan lilin untuk menciptakan ruangan yang remang-remang.

3. Menonton film horor

Tak hanya bercerita, Halloween juga bisa dirayakan dengan menonton film horor bersama keluarga. Ada banyak film horor yang diproduksi oleh industri hiburan saat ini. Film-film tersebut bisa diperoleh dari berbagai aplikasi layanan streaming film seperti Netflix, Disney+, HBO, Vidio, dan sebagainya.

Jika di antara anggota keluarga masih ada anak kecil, pilihlah film bertema Halloween yang memang cocok ditonton oleh anak-anak. Contohnya seperti Casper (1998), The Addams Family (2019), Hotel Transylvania (2012), atau Monster House (2006).

4. Mengadakan pesta kostum

Halloween selalu identik dengan kostum, baik itu yang bertema horor atau justru cosplay meniru tokoh fiksi. Agar lebih seru, ajak keluarga untuk membuat kostum sendiri dengan bahan yang ada di sekitar rumah. Kegiatan ini tak hanya menyenangkan, tapi juga bisa melatih kreativitas.

5. Membuat kue tema horor

Bagi Anda yang suka berkutat di dapur, membuat kue bertema horor bisa jadi kegiatan yang seru untuk merayakan Halloween. Ajak keluarga dan anak-anak untuk membuat kue dan menghiasnya dengan tema Halloween.

Di malam hari, kue tersebut bisa jadi kudapan lezat untuk menemani sesi menonton film atau saat sedang menceritakan kisah-kisah horor.

6. Mengunjungi wahana rumah hantu

Perayaan Halloween juga bisa diisi dengan mengunjungi wahana rumah hantu atau escape room bertema horor bersama keluarga. Saat ini wahana rumah hantu dan escape room menjamur di Indonesia, apa lagi saat perayaan Halloween. Pilihlah lokasi rumah hantu terdekat untuk dikunjungi bersama keluarga.


Baca juga artikel terkait HALLOWEEN 2023 atau tulisan menarik lainnya Erika Erilia
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight