Ide Kostum Halloween Anak yang Simpel dan Nyaman Dipakai

Kontributor: Ruhma Syifwatul Jinan, tirto.id - 30 Okt 2023 10:00 WIB
Dibaca Normal 3 menit
Beberapa ide kostum Halloween untuk anak-anak yang simpel dan nyaman, mulai dari kostum vampir, penyihir, hingga pahlawan super.
tirto.id - Tradisi Halloween dirayakan di berbagai negara di dunia setiap 31 Oktober. Perayaan Halloween dilakukan dari berbagai jenjang usia, termasuk anak-anak.

Perayaan Halloween anak biasanya dilakukan dengan tradisi trick or treat. Tradisi trick or treat sendiri adalah kegiatan berdandan dengan kostum menarik dan berburu permen atau manisan dari rumah ke rumah.

Kostum Halloween yang dikenakan anak untuk trick or treat atau kegiatan Halloween lainnya sebaiknya simpel dan nyaman dipakai. Kabar baiknya, ada beberapa ide dan tips memilih kostum Halloween anak yang bisa diterapkan orang tua.

Halloween merupakan kependekan dari All Hallows Evening, yang berarti malam hari semua orang kudus. Perayaan tersebut rutin diselenggarakan Samhain (Saman) pada Festival Celtic kuno.

Melansir laman History, dalam festival tersebut, orang-orang akan menyalakan api unggun dan mengenakan kostum seram untuk mengusir roh jahat dan hantu.

Seiring berjalannya waktu, perayaan Halloween berkembang menjadi kegiatan yang menyenangkan seperti kegiatan trick or treat hingga pesta kostum menyeramkan.

Biasanya orang-orang akan berdandan menyerupai hantu, penyihir, zombie, hingga karakter fiksi lainnya.


Tips Memilih Kostum Halloween untuk Anak


Menentukan kostum perayaan Halloween untuk anak menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi setiap orang tua. Tak hanya menarik, kenyamanan penggunaan juga harus diperhatikan orang tua saat memilihkan kostum Halloween untuk anak.

Beberapa kostum mungkin terlihat menggemaskan, tapi belum tentu nyaman dan aman. Kostum-kostum yang kurang nyaman tentu menyebabkan anak kesulitan menikmati perayaan Halloween dengan maksimal.

tapi tidak nyaman saat digunakan anak, tentu akan bermasalah. Tidak ada salahnya bagi orang tua untuk memperhatikan beberapa tips dalam memilih kostum Halloween untuk anak-anak.

Berikut ini tips memilih kostum Halloween untuk anak seperti yang dikutip dari Simpleclarkle:

1. Brainstorming ide kostum Halloween

Orang tua bisa mencari ide atau tema kostum Halloween berdasarkan karakter dan kesukaan anak-anak. Ada banyak inspirasi outfit dari film kesukaan anak yang berkaitan dengan momen Halloween.

Meski begitu hal yang paling utama adalah untuk menyesuaikan dengan umur anak, sehingga mereka paham dan nyaman dengan karakter kostum yang digunakan.

2. Sesuaikan dengan kondisi cuaca

Apabila cuaca sedang panas atau terik, jangan memilih kostum dengan bahan yang tebal. Sebaliknya saat cuaca dingin dan hujan, pertimbangkan memilih kostum anti air atau bisa ditutupi jas hujan. Kostum yang tepat sesuai kondisi cuaca dapat membuat anak tetap nyaman selama merayakan Halloween.

3. Memberikan pilihan kostum 2-3 kepada anak

Melibatkan keputusan anak saat hendak membeli kostum Halloween sangat penting dilakukan. Orang tua dapat memberikan beberapa pilihan gambar kostum yang mungkin anak sukai dan anak dapat memilih satu kostum yang membuat mereka Bahagia.


Ide Kostum Halloween Anak


Ada banyak jenis kostum Halloween yang bisa digunakan anak-anak. Melansir Woman’s Day berikut ini beberapa ide kostum Halloween yang bisa dikenakan anak pada 31 Oktober mendatang:

1. Kostum Vampir Kelelawar

Karakter vampir kelelawar atau drakula adalah karakter yang hampir selalu muncul dalam setiap perayaan Halloween. Tidak hanya keren dan menyeramkan, kostum vampir kelelawar bisa dibilang sederhana dan nyaman dipakai.

Peralatan yang dibutuhkan untuk mengenakan kostum ini adalah pakaian olahraga abu-abu, helm sepeda, karton, serta beberapa kertas timah. Kostum ini juga bisa dilengkapi dengan gigi taring mainan yang dijual bebas di pasaran. Tambahkan aksen lipstik merah atau sirup merah di sekitar gigi palsu agar terlihat seperti darah.

2. Kostum Ikan Mas

Kostum ikan mas juga bisa jadi alternatif kostum Halloween yang sederhana, namun menarik untuk anak-anak. Kostum ini bisa dibuat secara mandiri di rumah dengan bahan-bahan sederhana.

Kostum ikan mas biasanya dibuat dengan bahan dasar kaos oranye yang dilengkapi filter kopi oranye. Kostum ini juga bisa dibuat dengan menambahkan aksesoris sisik dan menempelkan mata pada hoodie.

3. Kostum Penyihir

Kostum Halloween untuk anak yang juga simpel adalah kostum penyihir. Kostum ini cukup dibuat dengan gaun hitam yang digunting zig-zag pada bagian bawah dan lengan. Ikat gaun menggunakan kombinasi pita hijau, ungu, dan hitam berenda.

Lengkapi penampilan dengan topi penyihir yang dijual bebas di pasaran, sapu ijuk atau tongkat sihir, dan sepatu boots.

4. Kostum Georgie Denbrough

Georgie Denbrough merupakan karakter ikonik yang muncul dalam film horor populer It (2017). Georgie Denbrough adalah adik dari Bill Denbrough yang hilang diculik oleh badut Pennywise.

Sosok Georgie Denbrough terlihat mengenakan jas hujan berwarna kuning dan memegang kapal kertas. Kostum Georgie Denbrough ini cukup populer dikenakan anak-anak saat perayaan Halloween. Kostum ini hanya memerlukan jas hujan berwarna kuning, sepatu boots hijau, dan sebuah balon hidrogen berwarna merah.

5. Kostum Putri Salju


Kostum Putri Salju atau Snowhite adalah kostum favorit anak-anak perempuan dalam perayaan Halloween. Kostum ini tidak hanya nyaman digunakan, tetapi juga mudah ditemui di pasaran.

Gaun Putri Salju bisa dibeli secara langsung di toko-toko pakaian anak atau secara online di berbagai marketplace dengan harga terjangkau. Lengkapi penampilan kostum dengan replika apel beracun yang khas dalam cerita Putri Salju.

6. Kostum Pahlawan Super

Kostum yang juga populer digunakan anak-anak saat perayaan Halloween adalah kostum pahlawan super. Anak-anak perempuan bisa mengenakan kostum Superwomen, Black Widow, Cat Women, dan karakter pahlawan super wanita lainnya.

Sementara, anak laki-laki bisa mengenakan kostum Spiderman, Superman, Batman, dan sebagainya. Kostum-kostum pahlawan super ini banyak dijual di pasaran dengan harga terjangkau. Selain itu, orang tua juga bisa mengkreasikan sendiri kostum-kostum pahlawan super di rumah.



Baca juga artikel terkait HALLOWEEN atau tulisan menarik lainnya Ruhma Syifwatul Jinan
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Ruhma Syifwatul Jinan
Penulis: Ruhma Syifwatul Jinan
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight