tirto.id - Beberapa siswa yang mendaftar SNBP 2025 mengaku mengalami masalah karena muncul pemberitahuan jika “Sesi Anda Telah Habis” pada web SNPMB (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru) 2025. Itu menjadi masalah karena ternyata pendaftaran belum rampung dilakukan. Cara mengatasi kendala “Sesi Anda Telah Habis” pada web SNPMB 2025 pun mulai dicari oleh siswa sebelum memulai mendaftar SNBP.
Siswa eligible yang telah memiliki data di PDSS diminta untuk melakukan pendaftaran SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) melalui Portal SNPMB dengan menggunakan akun SNPMB Siswa. Saat melakukan pendaftaran, di tengah-tengah proses, banyak siswa yang mengeluhkan terhenti karena mendapat pemberitahuan jika “Sesi Anda Telah Habis”.
Akibatnya mereka harus mengulang proses pendaftaran dari awal yang tentu memakan waktu yang lebih lama dari yang seharusnya. Pendaftaran SNBP 2025 sendiri telah dibuka mulai 4 hingga 18 Februari 2025.
Penyebab Muncul Tulisan Sesi Anda Telah Habis di Web SNPMB 2025
Beberapa penyebab munculnya tulisan “Sesi Anda Telah Habis” di website SNPMB 2025 antara lain:
1. Ketidakaktifan
Jika tidak ada aktivitas apa pun di halaman web selama waktu tertentu (seringkali 10-30 menit), server akan menghentikan sesi secara otomatis.2. Koneksi Internet Tidak Stabil
Koneksi internet yang terputus atau tidak stabil dapat menyebabkan sesi terputus dengan server. Ketika koneksi terputus, sistem dapat menandai sesi telah berakhir.3. Penggunaan Browser yang Tidak Update
Browser yang perlu diperbaharui seringkali crash, atau menutup sendiri. Ini bisa jadi penyebab munculnya notifikasi “Sesi Anda Telah Habis”.4. Cache atau Cookies yang Bermasalah
Cache dan cookies di browser yang sudah kadaluarsa atau rusak bisa menyebabkan masalah dengan sesi login dan status sesi.5. Server SNPMB Mengalami Gangguan
Server SNPMB atau situs web pendaftaran mengalami gangguan teknis bisa menjadi penyebab sesi menjadi terputus.6. Login di Beberapa Perangkat
Login di beberapa perangkat secara bersamaan, dapat menyebabkan konflik sesi dalam sistem dan kemudian sistem akan mengakhiri salah satu sesi.7. Pengaturan Keamanan
Pengaturan keamanan atau firewall dan proxy di laptop atau jaringan internet memungkinkan menjadi penyebab pemutusan sesi karena kebijakan perlindungan data atau privasi.Cara Mengatasi Sesi Anda Telah Habis SNPMB 2025
Beberapa cara untuk mengatasi munculnya notifikasi “Sesi Anda Telah Habis” di web SNPMB 2025 adalah:
1. Coba untuk tidak membiarkan komputer yang digunakan mengakses web SNPMB ditinggalkan terlalu lama. Coba untuk tetap aktif meskipun hanya menggerakkan kursor.
2. Pastikan koneksi internet stabil. Bisa menggunakan Wi-Fi atau data seluler tetapi pastikan dulu jika koneksi internet stabil.
3. Sebelum melakukan pendaftaran di web SNPMB 2025, ada baiknya untuk memastikan browser yang dipakai sudah dengan versi terbaru.
4. Bersihkan cache dan cookiesbrowser terlebih dahulu, kemudian login kembali ke platform pendaftaran SNPMB.
5. Periksa apakah ada pemberitahuan atau pengumuman resmi mengenai gangguan teknis di situs resmi SNPMB.
6. Nonaktifkan firewall dan proxy untuk sementara dan coba akses web SNPMB 2025 lagi.
7. Pastikan hanya menggunakan satu perangkat atau satu tab untuk mengakses web SNPMB 2025.
8. Jika semua sudah solusi sudah dicoba tetapi tidak berhasil maka perlu menghubungi helpdesk SNPMB dengan akses laman https://halo-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
Editor: Prihatini Wahyuningtyas & Fitra Firdaus