Cara Memakai Track Changes di Microsoft Word untuk Mengedit Makalah

Oleh: Adrian Samudro - 16 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Menggunakan fitur ini maka tak perlu lagi untuk mengoreksi atau memberi coretan di kertas.
tirto.id - Word adalah software pengolah kata andalan dari Microsoft. Seiring dengan perkembangan, software ini hadir dengan berbagai peningkatan fitur di setiap pembaruan versinya.

Sayangnya, fitur-fitur yang disediakan tidak bisa dioptimalkan dengan baik karena masih banyak pengguna yang tidak mengetahui kegunaan dan cara pakainya.

Sebenarnya ada beberapa dari fitur yang disematkan sangat membantu pekerjaan seseorang. Salah satunya adalah Track Changes, fitur yang dapat digunakan untuk mengoreksi tulisan.

Dengan kata lain, fitur ini bisa dimanfaatkan untuk memberikan koreksi atau saran terkait tulisan yang dibuat seseorang dengan menggunakan Word.

Mengaktifkan Track Changes memungkinkan pengguna dan rekan kerja, atau siapa pun yang dituju untuk menerima data agar dapat membuat perubahan yang mudah dikenali.

Track Changes bisa dimanfaatkan pula untuk dosen dan mahasiswa. Dosen dapat mengoreksi hasil tulisan, makalah atau skripsi mahasiswa langsung melalui softcopy yang telah dikirimkan oleh mahasiswa terkait.

Jadi, dengan fitur ini tak perlu lagi untuk mengoreksi atau memberi coretan di kertas. Dosen dapat dengan mudah mengaplikasikan catatan-catatan revisi langsung di softcopy dokumen yang ia terima tersebut.

Hal ini bertujuan pula agar siapa pun dapat dengan cepat memperbaiki tulisan yang kurang, keliru maupun dirasa salah. Berikut tata cara menggunakan Track Changes di Word:

Cara Pengaplikasian

  1. Buka Review di menu bar bagian atas tampilan Word
  2. Cari dan temukan Track Changes, lalu klik
  3. Kemudian blok tulisan atau teks yang ingin diberi catatan atau saran
  4. Masukkan catatan atau saran di kolom Comments yang muncul

Meninjau Perubahan dalam Dokumen

  1. Buka Review pada menu bar
  2. Pilih Tracking, lalu klik Display for Review
  3. Untuk meninjau perubahan, ditunjukkan oleh garis merah di margin, pilih Simple Markup
  4. Untuk tampilan detail perubahan, pilih All Markup
  5. Untuk pratinjau tentang bagaimana dokumen akan terlihat jika Anda membuat semua perubahan yang disarankan permanen, pilih No Markup
  6. Untuk melihat dokumen asli seolah-olah semua perubahan yang disarankan telah dihapus, pilih Original

Sebagai tambahan, ketika fitur dihidupkan, penghapusan ditandai dengan coretan, dan penambahan ditandai dengan garis bawah. Sementara perubahan penulis yang berbeda ditunjukkan dengan warna yang berbeda.

Ketika fitur dimatikan, Word berhenti menandai perubahan, tetapi garis bawah berwarna dan coretan masih ada di dalam dokumen tersebut, demikian ditulis Microsoft Office.


Baca juga artikel terkait MICROSOFT WORD atau tulisan menarik lainnya Adrian Samudro
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Adrian Samudro
Penulis: Adrian Samudro
Editor: Ibnu Azis
DarkLight