Cara Melihat Spotify Wrapped 2022 & Share Lagu Teratas di Medsos

Penulis: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof, tirto.id - 1 Des 2022 16:00 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Spotify Wrapped diumumkan setiap akhir tahun. Berikut cara melihat Spotify Wrapped dan membagikan Top Song Spotity 2022 di Media Sosial.
tirto.id - Cara melihat Top Song Spotify 2022 dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi resmi terkait. Spotify Wrapped tersebut juga bisa di-share di media sosial seperti Instagram, Twitter, atau story WhatsApp.

Bagi para pecinta musik, awal Desember menjadi waktu istimewa sebab platform streaming Spotify akan merilis daftar Spotify Wrapped tahunan. Jika anda merupakan pengguna setia platform tersebut, anda akan menerima surel teaser mengenai daftar tersebut.

Spotify Wrapped adalah rekap lagu, album, dan siniar (podcast) yang paling banyak didengarkan selama kurang lebih satu tahun terakhir. Rangkuman tersebut biasanya dicatat sejak 1 Januari hingga 31 Oktober setiap tahunnya.


Layanan ini telah menginspirasi beberapa situs pihak ketiga untuk menyorot antusiasme para pendengar musik dengan cara kreatif. Salah satunya seperti acara Instafest, yang menampilkan artis top versi masing-masing pengguna.


Cara Melihat Spotify Wrapped 2022


Berikut cara melihat Spotify Wrapped 2022 melalui ponsel pintar, peramban web, atau aplikasi desktop.

Melihat Spotify Wrapped 2022 via Ponsel Pintar

Apabila daftar Spotify Wrapped 2022 sudah diumumkan, anda bisa mengaksesnya melalui aplikasi yang tersemat di ponsel pintar atau tablet. Caranya cukup mudah. Anda tinggal membuka aplikasinya, lalu Spotify Wrapped 2022 akan muncul secara otomatis di beranda.

Namun, jika itu tidak muncul di beranda, anda bisa mencari di kolom pencarian dengan kata kunci "2022 Wrapped".

Untuk tahun 2022, Spotify memiliki fitur baru yakni "Listening Personality”. Fitur tersebut akan mengategorikan anda ke dalam salah satu dari 16 "personality" seperti The Specialist, The Adventurer, The Fanclubber, dan The Replayer.


Di samping itu, Spotify juga menyediakan fitur "Audio Day". Dengan itu, aplikasi streaming tersebut akan menguraikan perubahan preferensi musik anda setiap harinya.

Jika presentasi Spotify Wrapped 2022 sudah diperoleh, anda akan memiliki daftar putar unik yang bisa diakses sepanjang waktu. Ada juga beberapa fitur tambahan seperti Your Artists Revealed. Fitur ini akan mengungkap daftar artis yang kerap anda dengarkan, termasuk wawancara favorit, fitur blend, dan penggabungan daftar putar terbaik tahun tertentu.


Melihat Spotify Wrapped 2022 di Peramban Web atau Aplikasi Desktop

Meskipun bukan termasuk pelanggan Spotify, anda masih dapat melihat statistik daftar lagu, album, maupun siniar yang sering didengarkan melalui laman resmi Spotify Wrapped. Akan tetapi, anda tentu tidak bisa melihat presentasi "kartu" bergulir.

"Kartu" bergulir merupakan fitur khusus pelanggan yang hanya bisa diakses oleh pengguna dan pelanggan Spotify. Dengan fitur ini, anda bisa menggeser kartu Spotify Wrapped yang merinci semua lagu, artis, siniar, berbasis algoritma dan statistik.


Kapan Spotify Wrapped 2022 Diumumkan?


Biasanya, Spotify Wrapped akan diumumkan secara resmi pada akhir November atau pekan pertama Desember.

Jika anda adalah pelanggan Spotify, anda mungkin bakal mendapat kiriman surel dari platform tersebut untuk daftar top artist, song, and podcast 2022. Jika anda memang mendapatkan surel tersebut, silakan klik tautan yang tersemat dan anda bisa langsung mengakses daftar rekap 2022 di aplikasi.

Cara Share Spotify Wrapped di Medsos


Setelah mendapatkan daftar Spotify Wrapped, anda bisa langsung bernostalgia dengan mendengarkan lagu favorit selama satu tahun terakhir. Selain itu, anda juga bisa membagikan rekapan tersebut di media sosial seperti Instagram, Twitter, dan WhatsApp.

Berikut cara share Spotify Wrapped 2022 di media sosial.
  • Buka aplikasi Spotify;
  • Pastikan anda sudah memiliki akun Spotify. Sebab jika tidak, rekap top song 2022 milik anda tidak bisa dilihat;
  • Jika sudah masuk, di beranda biasanya akan langsung muncul Spotify Wrapped 2022;
  • Akan tetapi, jika belum muncul, anda bisa menunggunya hingga pihak Spotify mengumumkan secara resmi;
  • Daftar Spotify Wrapped 2022 juga bisa anda akses melalui kolom pencarian dengan kata kunci "2022 Wrapped";
  • Untuk membagikan rekap kilas balik tersebut ke media sosial, silakan klik ikon "titik tiga" yang ada di pojok kanan atas;
  • Klik "Share" lalu pilih aplikasi media sosial yang ingin anda tuju;
  • Selain bisa membagikan langsung semua rekapan lagu, album, dan/atau siniar, anda juga bisa nge-share satu per satu item secara khusus;
  • Untuk melakukannya silakan klik ikon "titik tiga" yang ada di samping lagu, album, atau siniar.


Baca juga artikel terkait RAGAM DAN HIBURAN atau tulisan menarik lainnya Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
(tirto.id - Musik)

Penulis: Muhammad Fadli Nasrudin Alkof
Editor: Yantina Debora

DarkLight