Cara Lihat dan Cek PIN PPDB Jatim 2022 serta Jadwal Pengajuannya

Penulis: Ibnu Azis - 21 Jun 2022 12:07 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Cara lihat dan cek PIN PPDB Jatim 2022 dapat dilakukan dengan login di laman ppdb.jatimprov.go.id menggunakan NPSN sekolah asal, NISN, dan tanggal lahir.
tirto.id - Pendaftaran PPDB Jatim 2022 jenjang SMA/SMK secara online membutuhkan NISN dan PIN untuk login di laman ppdb.jatimprov.go.id. Berikut ini informasi cara cek dan lihat PIN PPDB Jatim serta jadwal pengajuannya.

Rangkaian PPDB Jatim 2022 jenjang SMA/SMK saat ini sedang memasuki Tahap 1, yakni pendaftaran jalur Afirmasi, Perpindahan Tugas Orang Tua/Wali, dan Prestasi Hasil Lomba, pada 20-21 Juni 2022.

Calon peserta didik baru (CPDB) yang ingin mengikutinya cukup login di laman ppdb.jatimprov.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan PIN untuk melakukan pendaftaran secara online.

Pengambilan PIN sendiri merupakan salah satu proses penting dalam pra-pendaftaran PPDB Jatim 2022. CPDB dapat mengambil PIN tersebut di laman ppdb.jatimprov.go.id saat jadwal pengajuannya telah dibuka.

Dikutip dari laman tersebut, tata cara pengambilan PIN PPDB Jatim terbagi menjadi tiga, yaitu CPDB lulusan Jatim tahun 2022, CPDB lulusan Jatim tahun 2022 yang nilai rapor tidak/belum diisikan oleh kepala sekolah SMP/sederajat asal, dan CPDB luar Jatim atau lulusan Jatim sebelum Tahun 2022.


Jadwal Pengajuan PIN PPDB Jatim 2022 SMA/SMK


Jadwal pengajuan PIN PPDB Jatim diperpanjang sampai 4 Juli 2022 pukul 01.00 dini hari WIB. Sebelumnya, jadwal pengambilan PIN online tersebut diagendakan berakhir pada 18 Juni 2022.

“Batas waktu pengajuan PIN diperpanjang sampai dengan hari pertama dibukanya pendaftaran di tahap 5 PPDB Jatim 2022, yaitu hari Senin, 4 Juli 2022 - pkl. 12.00 WIB,” pengumuman situs ppdb.jatimprov.go.id saat dikunjungi Selasa (21/6/2022).

Pengambilan PIN merupakan tahapan terakhir dalam proses PPDB Jatim 2022. PIN ini nantinya digunakan saat para CPDB melakukan pendaftaran online.

Sebelum mengambil atau mengecek PIN pendaftaran, para CPDB mesti melalui sejumlah tahapan sebagai rangkaian proses PPDB. Di antaranya adalah pengisian nilai rapor, verifikasi nilai rapor, dan pembetulan nilai rapor.


Cara Cek dan Lihat PIN PPDB Jatim 2022 SMA/SMK


Perlu diketahui bahwa PIN tidak dapat langsung diambil pada saat itu juga selepas diajukan. Perlu waktu setidaknya 2-3 hari bagi sekolah atau operator untuk melakukan verifikasi data-data yang diunggah oleh CPDB saat proses pengajuan.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Jawa Timur, jumlah siswa yang sudah mengajukan PIN PPDB relatif banyak. Per 18 Juni 2022, tercatat sebanyak 292.896 siswa atau 69,02 persen dari total siswa yang telah melakukan entry nilai di sistem PPDB Jatim 2022.

Dari total siswa yang telah mengajukan tersebut, 68,12 persen di antaranya telah mendapatkan PIN. Sementara itu, sisanya masih belum memperoleh PIN.

Para calon peserta didik baru yang tidak mendapatkan PIN kebanyakan disebabkan lantaran salah memasukkan berkas.

Dinas Pendidikan Jawa Timur melaporkan kesalahan yang kerap ditemukan di antaranya yakni: KK yang diunggah tidak terbaca (buram), usia KK kurang dari satu tahun, serta lokasi rumah yang dipilih siswa tidak sama dengan alamat yang terdapat di KK.

Sementara cara lihat dan cek PIN PPDB Jatim 2022 dapat dilakukan dengan login di laman ppdb.jatimprov.go.id menggunakan NPSN sekolah asal, NISN, dan tanggal lahir. Berikut ini caranya:

  1. Login ke situs ppdb.jatimprov.go.id dengan menggunakan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) sekolah asal, NISN, dan Tanggal Lahir
  2. Calon peserta didik dapat melihat dan menyimpan PIN

Bagi CPDB yang telah mendapatkan PIN dapat segera melakukan pendaftaran PPDB Jatim 2022 SMA/SMK online yang jadwalnya akan ditutup pada 21 Juni 2022 pukul 23.59 WIB. Sementara pengumuman PPDB Jatim akan disampaikan pada 24 Juni 2022 pukul 08.00 WIB.


Baca juga artikel terkait PPDB 2022 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Yantina Debora

DarkLight