Cara Download Google Maps Offline di Arus Mudik-Balik Lebaran 2022

Kontributor: Ilham Choirul Anwar - 8 Mei 2022 19:05 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Cara download Google Maps Offline saat arus mudik dan balik lebaran Idul Fitri 2022.
tirto.id - Salah satu aplikasi smartphone yang penting diinstal saat mudik lebaran idul fitri 2022 adalah Google Maps. Aplikasi ini mampu menghadirkan peta lalu lintas di berbagai area hingga detail. Dengan adanya fitur GPS di smartphone, pengguna dapat dengan mudah melacak lokasi real time.

Fitur lain Google Maps yang tidak kalah penting adalah tampilan rute perjalanan sesuai yang diinginkan, beserta petunjuk arahnya. Sepanjang jalan yang dilewati, juga dihadirkan informasi kondisi lalu lintas melalui simbol warna. Warna merah menandakan lalu lintas macet, sedangkan warna kuning yang berarti jalanan cukup padat.

Mengutip unggahan sosial media Jasa Marga, hari Minggu (8/5/2022) menjadi puncak dari arus balik Lebaran 2022 (H+5). Kendaraan yang kembali menuju Jabodetabek diperkirakan berjumlah 269.444 kendaraan. Kendaraan akan masuk melalui Gerbang Tol (GT) utama yaitu GT Cikampek Utama & GT Kalihurip Utama (arah Trans Jawa dan Bandung), GT Cikupa (arah Merak) dan GT Ciawi (arah Puncak).

Pemudik dengan kendaraan pribadi, terutama mobil, perlu mengetahui kondisi lalu lintas jalan yang hendak dilewatinya. Hal itu bisa dibantu menggunakan aplikasi Google Maps. Sebagai catatan, mengakses peta di aplikasi ini tidak melulu dilakukan secara online, tapi juga bisa diakses offline.


Cara Download Google Maps Offline


Google Maps offline sangat bermanfaat saat koneksi internet di smartphone cukup buruk. Pengguna masih dapat menggunakan fitur navigasi dan keamanan yang andal dalam keadaan darurat seperti itu. Peta offline dapat diunduh dan diperbaru secara otomatis berdasarkan lokasi dan pola perjalanan saat ini.

Mengutip laman Pusat Bantuan Google, dalam Google Maps disediakan data melalui Vehicle Map Service (VMS) untuk mendukung fitur bantuan untuk pengemudi yang berkaitan dengan keamanan di mobil. Misalnya yaitu integrasi antara rambu di jalan dengan Adaptive Cruise Control. Fitur keamanan ini menggunakan data peta offline.

Peta offline akan senantiasa tersedia apabila tombol "download otomatis" di pusat privasi diaktifkan. Cara mengaktifkannya adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi Google Maps
  • Di bagian bawah, ketuk Setelan
  • Ketuk Pusat Privasi kemudian Peta offline
  • Pilih Download otomatis peta offline
  • Pastikan Anda memiliki koneksi internet, lalu tunggu hingga download peta offline selesai.
Selain itu, cara mendownload peta offline di Google Maps adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi GoogleMaps
  • Di bagian bawah, ketuk Setelan kemudian Peta offline
  • Ketuk Pilih peta Anda sendiri
  • Pindahkan peta untuk mencakup area yang ingin didownload
  • Ketuk Download

Baca juga artikel terkait GOOGLE MAPS atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Fitra Firdaus

DarkLight