Cara Daftar Ulang Seleksi Mandiri UNAIR 3-5 Agustus 2022

Penulis: Yantina Debora, tirto.id - 3 Agu 2022 07:41 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Cara daftar ulang seleksi mandiri ujian tulis UNAIR 3-5 Agustus 2022 dan syarat dokumen yang harus disiapkan.
tirto.id - Pengumuman hasil seleksi program sarjana Jalur Mandiri Ujian Tulis Universitas Airlangga (UNAIR) tahun ajaran 2022/2023 telah diumumkan pada 2 Agustus 2022. Peserta yang dinyatakan lolos, wajib melakukan daftar ulang 3-5 Agustus 2022.

Calon Maba UNAIR wajib melakukan pengisian dengan lengkap dan benar Data Registrasi pada laman regmaba.unair.ac.id kemudian pilih Mandiri/Undergraduate (International Program).

Syarat dokumen yang harus disiapkan sebelum melakukan registrasi yaitu:

1. Pas foto terbaru

Ketentuan pas foto yaitu harus berwarna dengan latar belakang merah dan Anda harus memakai pakaian putih berkerah dan tidak memakai kaca mata.Wajah dan badan pada pas foto melihat lurus kearah kamera.

Tidak ada bagian kepala yang terpotong dan wajah tidak boleh tertutupi. Pas foto merupakan close up dari kepala dan dada sehingga memenuhi 80 persen dari seluruh foto. Format pas foto JPG dengan ukuran maksimal 2 MB. File yang diunggah adalah dokumen asli dan bukan scan.

2. Kartu Peserta

Syarat selanjutnya yaitu kartu peserta Jalur Mandiri Ujian Tulis UNAIR 2022 dengan format PDF dan ukuran maksimal 2 MB per dokumen.

3. Surat Keterangan Lulus

Bagi lulusan 2022, Anda harus menyiapkan Surat Keterangan Kelas XII yang memuat informasi biodata dan foto terbaru yang bersangkutan serta dibubuhi cap yang sah atau Surat Keterangan Lulus atau ijazah.

Bagi lulusan tahun 2020 dan 2021 wajib menyertakan Surat Keterangan Lulus atau ijazah. Dokumen ini dalam format PDF dengan ukuran maksimal 2 MB per dokumen.

4. Akta Kelahiran

Anda juga harus menyiapkan akta kelahiran dengan format PDF dan ukuran maksimal 2 MB per dokumen.

5. Kartu Keluarga

Kartu Keluarga asli orang tua atau wali dengan format PDF dan ukuran maksimal 2 MB per dokumen.

6. Surat Pernyataan

Surat Pernyataan mematuhi peraturan dan NAPZA yang sudah ditandatangani di atas materai Rp10.000. Untuk NAPZA tidak perlu dibuktikan dengan tes, Anda hanya mengisi surat pernyataan saja dengan format PDF dan ukuran maksimal 2 MB per dokumen.

Unduh form pada link ini: bit.ly/SPregmaba

Anda juga harus menyiapkan Surat Pernyataan Her-registrasi yang sudah ditandatangani di atas materai Rp10.000 dengan format PDF dan ukuran maksimal 2 MB per dokumen.

Unduh form di link ini: bit.ly/SPher-registrasi

7. Surat Keterangan

Terdapat dua jenis surat keterangan yang harus Anda siapkan yaitu Surat Keterangan Sehat dan Surat Keterangan Ketunaan (bagi prodi yang mensyaratkan) dengan format PDF dan ukuran maksimal 2 MB per dokumen.

8. Kartu BPJS Kesehatan

Kartu BPJS Kesehatan atau Kartu Indonesia Sehat atau Askes bagi yang sudah mempunyai dengan format PDF dan ukuran maksimal 2 MB per dokumen.

Tahapan Daftar Ulang Seleksi Mandiri UNAIR 2022


Jika semua syarat sudah disiapkan, silahkan mengakses regmaba.unair.ac.id untuk mengisi biodata dan mengunggah berkas secara online mulai 3-5 Agustus 2022 pukul 09.00 WIB.

Selanjutnya lakukan pembayaran biaya pendidikan melalui bank mitra UNAIR yakni:

1. Bank Mandiri
2. BNI
3. BRI
4. BTN
5. BSI
6. Bank Jatim

Pembayaran ini dibuka mulai 3 Agustus 2022 pukul 10.00 WIB sampai dengan 5 Agustus 2022 pukul 15.00 WIB. tata cara pembayaran dapat dilihat pada laman bit.ly/pembayaranuktonline. Sedangkan biaya pendidikan yang harus dibayar mahasiswa baru terdiri dari:

1. Uang Kuliah Semester (UKS) untuk Semester Gasal Tahun Akademik 2022/2023 (besaran UKS sesuai dengan pilihan program studi), dan

2. Uang Kuliah Awal (UKA) yang dibayarkan satu kali pada saat diterima sebagai mahasiswa baru, besaran UKA sesuai dengan pilihan program studi.

Penetapan besaran biaya pendidikan sesuai dengan SK Rektor, dapat dilihat pada laman bit.ly/biayamandiriunair.

Selanjutnya akan dilakukan verifikasi berkas registrasi online pada 5-11 Agustus 2022. Berkas yang lolos verifikasi akan tampil NIM dan password untuk login pada laman mahasiswa.unair.ac.id serta cetak bukti ukur jaket dan mutz. Tahapan lengkap daftar ulang UNAIR bisa dicek di link ini.


Baca juga artikel terkait SELEKSI MANDIRI UNAIR 2022 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight