Cara Beli Tiket Ragunan Online, Syarat Berkunjung dan Harga Masuk

Kontributor: Ilham Choirul Anwar, tirto.id - 1 Jan 2022 07:29 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Taman Margasatwa Ragunan buka pada liburan Tahun Baru 2022 dan tiketnya bisa dipesan secara online pada H-1 kunjungan.
tirto.id - Taman Margasatwa Ragunan (TMR) tetap buka selama masa libur Tahun Baru 2022. Warga dengan KTP asal DKI Jakarta dan luar Jakarta dapat menjadi pengunjung TMR. Kendati demikian, pengunjung wajib memperhatikan syarat dan ketentuan yang ditetapkan.

Mengutip akun instagram Ragunan Zoo, pengunjung wajib sudah memperoleh vaksinasi Covid-19 setidaknya dosis pertama. Anak-anak yang berusia berusia di bawah 12 tahun sudah diperbolehkan menjadi pengunjung selama mendapat pendampingan orang tua yang telah divaksin. Jumlah total pengunjung dibatasi 50 persen dari kapasitas selama jam operasional.

TMR memiliki pelayanan setiap Selasa sampai Minggu dari pukul 07.00 - 14.30 WIB. Khusus hari Senin tidak memberikan pelayanan kunjungan atau libur. Bagi kendaraan yang akan masuk ke kawasan TMR diberlakukan kebijakan Ganjil-Genap pada hari Jumat pukul 12.00-18.00 WIB, serta Sabtu dan Minggu pukul 07.00-14.30 WIB.

Cara Beli Tiket Ragunan


Kunjungan ke Ragunan tidak bisa dilakukan secara mendadak. Pengunjung wajib melakukan pemesanan tiket H-1 dari waktu berkunjung. Pembeliannya dibuka secara online.

Tiket masuk Ragunan dibagi menjadi kelas dewasa dan anak-anak. Bagi pengunjung dewasa dikenakan tarif Rp4 ribu per orang dan anak-anak bertarif Rp3 ribu per orang.

Sementara untuk tarif parkir kendaraan, penggunaan fasilitas wahana/fauna, hingga tarif masuk Pusat Primata Schmutzer dapat dilihat dengan klik tautan ini.

Cara beli tiket masuk Ragunan secara online, sebagai berikut:

  • Buka link https://bit.ly/PesantiketTMR
  • Isi formulir data dan sertakan KTP yang didaftarkan. Satu KTP bisa untuk memesan bagi lima pengunjung.
  • Bukti pendaftaran akan dikirim ke email yang didaftarkan.
  • Tunjukkan bukti pendaftaran dari email atau KTP yang terdaftar saat kunjungan. Jika pemesan tidak menerima email pendaftaran, bisa menunjukkan KTP yang dipakai untuk mendaftar.


Saat melakukan kunjungan, pengunjung wajib check-in dan check-out melalui aplikasi PeduliLindungi. Jadi jangan lupa memasang aplikasi tersebut di ponsel.

Selain Ragunan, destinasi wisata di DKI Jakarta yang juga buka di masa libur tahun baru adalah Taman Mini Indonesia Indah dan Dunia Fantasi Ancol. Keduanya memiliki jam operasional terbatas dengan syarat dan ketentuan masing-masing. Beberapa tempat wisata tersebut dapat menjadi pilihan rekreasi keluarga di Tahun Baru 2022.

Baca juga artikel terkait LIBUR NATARU 2021 atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yantina Debora

DarkLight