tirto.id - Buku Bahasa Indonesia kelas 4 Kurikulum Merdeka merupakan bagian dari perangkat ajar. Guru dan siswa mempergunakan buku pelajaran ini sebagai bahan pembelajaran di kelas. Di mana bisa mengunduh materi Bahasa Indonesia kelas 4 Kurikulum Merdeka?
Pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 Kurikulum Merdeka menjadi materi yang dibahas secara reguler. Setiap jenjang pendidikan di Indonesia akan mengajarkan Bahasa Indonesia kepada siswa agar mampu berbahasa yang baik dan benar.
Siswa tidak hanya dibekali dengan ketentuan yang berlaku dalam penggunaan Bahasa Indonesia semata. Siswa juga belajar kemampuan literasinya meningkat.
Download Buku Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka
Buku teks dalam Kurikulum Merdeka terbagi menjadi dua jenis, yaitu buku untuk guru dan buku siswa. Buku untuk guru diperuntukkan bagi pendidik yang di dalamnya turut memuat panduan dalam mengajarkan materi pada siswa.
Adapun buku siswa yaitu buku pelajaran yang menjadi pegangan untuk setiap siswa. Di dalamnya memuat materi-materi yang akan disampaikan sepanjang tahun ajaran, baik semester satu dan dua. Ada kalanya setiap mata pelajaran memiliki buku ajar tersendiri untuk setiap semester.
Buku teks utama dalam Kurikulum Merdeka bersifat fleksibel dan kontekstual. Buku tersedia dalam bentuk cetak dan digital, serta dapat pula disajikan dalam wujud modular. Buku teks akan dievaluasi untuk meningkatkan perbaikan dan mutu.
Contoh buku Bahasa Indonesia kelas 4 Kurikulum Merdeka yang dapat diunduh tersedia melalui tautan berikut:
- Link Download Buku Bahasa Indonesia Kelas 4 PDF (Buku Siswa)
- Link Download Buku Bahasa Indonesia Kelas 4 PDF (Buku Guru)
Materi Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka
Bahasa Indonesia kelas 4 Kurikulum Merdeka memiliki 8 bab pembahasan yang akan dipelajari oleh siswa. Setiap bab memiliki penjabaran tujuan yang mengandung kompetensi untuk dikuasai siswa.
Materi Bahasa Indonesia kelas 4 bisa saja mendapatkan pembaruan secara berkala. Adapun contoh materinya seperti berikut:
1. Bab 1: Sudah Besar
Dalam bab 1, siswa diharapkan memiliki kemampuan sebagai berikut:- Memahami dan menjelaskan masalah yang dialami tokoh dalam sebuah cerita
- Mengucapkan kata-kata yang panjang
- Membedakan kalimat transitif dan intransitif, lalu menggunakannya secara benar
- Mencari arti kata dalam kamus dan membuat Proyek Kamus Kelas Empat
2. Bab 2: Di Bawah Atap
Bab 2 dalam pelajaran ini, siswa diharapkan memiliki kemampuan:- Memahami isi teks yang dibacakan
- Mengenali dan menggunakan awalan "me-" sesuai kaidah Bahasa Indoensia
- Menyampaikan pendapat dengan kalimat jelas
- Mencari informasi dan mempresentasikannya
3. Bab 3: Lihat Sekitar
Tujuan pembelajaran bab 3 yaitu siswa dapat:- Menulis teks dengan struktur argumentasi
- Mengenal pemakaian awalan ‘ber-’ serta menggunakannya
- Menyampaikan petunjuk arah
- Menuliskan teks dengan struktur deskripsi
4. Bab 4:Meliuk dan Menerjang
Bab 4 memberikan beragam materi agar siswa mampu:- Mengidentifikasi ide pokok dan ide pendukung di paragraf atau teks
- Ikut aktif dalam diskusi
- Melakukan wawancara dan menuliskan laporannya
- Memakai “ADiKSiMBa” untuk menyusun tulisan.
5. Bab 5: Bertukar atau Membayar
Pada bab 5, siswa mempelajari materi yang diharapkan memunculkan kemampuan:- Memahami tujuan dan pesan yang disampaikan penulis pada tulisan buatannya
- Mencari dan memanfaatkan informasi dari beragam sumber
- Memahami dan memakai tanda baca saat menulis angka atau nilai uang
- Memahami dan menulis teks prosedur
6. Bab 6: Satu Titik
Bab VI memberikan materi kepada siswa agar mampu:- Mengidentifikasi dan memahami kata-kata baru di sebuah teks
- Menyampaikan pendapat mengenai isi dan ilustrasi teks
- Memahami kejadian dan perubahan perasaan tokoh suat cerita
- Memakai kalimat efektif
7. Bab 7: Asal-Usul
Materi bab 7 memiliki tujuan pembelajaran sebagai berikut:- Memahami perintah yang disampaikan secara audio
- Menemukan dan mengidentifikasi informasi pada teks dan
- gambar
- Menyampaikan pendapat mengenai informasi pada teks
- Membuat teks narasi memanfaatkan kata penghubung antarkalimat
8. Bab 8: Sehatlah Ragaku
Bab 8 memiliki materi dengan tujuan pembelajaran:
- Menyebutkan masalah yang dialami tokoh cerita
- Menilai kesesuaian ilustrasi dengan isi teks
- Membedakan informasi fakta dan opini
- Menulis dengan struktur awal-tengah-akhir memakai
- kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Yulaika Ramadhani
Penyelaras: Ilham Choirul Anwar
Masuk tirto.id






































