Piala AFF 2018

Bek Timnas Thailand Mundur Jelang Hadapi Indonesia di AFF 2018

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 16 November 2018
Bek andalan Timnas Thailand, Manuel Bihr mengalami cedera dan dipastikan absen di sisa laga Piala AFF 2018, termasuk melawan Indonesia.
tirto.id - Kabar buruk mendera Timnas Thailand jelang menjamu Indonesia dalam laga lanjutan Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Rajamanggala, Bangkok, Sabtu (17/11/2018). Bek andalan mereka, Manuel Bihr dipastikan absen.

Bihr mengalami cedera parah di bagian paha. Tidak hanya absen di laga kontra Indonesia, pemain jebolan akademi sepak bola Stuttgart itu dipastikan tak dapat memperkuat Thailand di seluruh laga sisa Piala AFF 2018.

"Tim Nasional telah berkonsultasi dengan regu medis. Telah diputuskan semua kembali ke tim medis. Mungkin ini [melepas Bihr] adalah solusi terbaik. Ada beberapa laga dalam waktu dekat yang dapat mengakibatkan cedera bertambah serius. Keselamatan pemain adalah prioritas," tulis Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) dalam rilis di laman resminya.

Bihr pertama kali mengalami cedera saat mengikuti sesi latihan bersama skuat jelang menghadapi Indonesia. Sebelumnya, pemain berusia 25 tahun itu tampil penuh 90 menit saat Timnas Thailand membantai Timor Leste tujuh gol tanpa balas.

Absennya Bihr jelas jadi pukulan telak. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah dan mampu pula bertugas di sektor bek kanan itu merupakan sosok sentral di lini belakang Tim Gajah Putih.

Bihr merupakan pemain berdarah Jerman yang menimba sepak bola di Eropa sejak usia muda. Ia memutuskan melepas kewarganegaraan Jermannya untuk bergabung dengan Thailand, tepat sebelum dimulainya Piala AFF 2018.

Dengan tak dapat bermainnya Bihr di sisa kompetisi, skuat Timnas Thailand kini beranggotakan 22 pemain saja. Sesuai aturan AFF, mereka tak boleh memasukkan nama lain untuk mengisi slot yang ditinggal Bihr.

Saat ini, Timnas Thailand masih berpredikat pemuncak klasemen sementara Grup B dengan torehan tiga poin. Catatan mereka sebenarnya sama dengan Indonesia, Singapura, dan Thailand. Namun Tim Gajah Putih berhak berada di puncak lantaran unggul selisih gol.


Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan