Menuju konten utama

AI Generatif akan Mengubah Lanskap Industri Perbankan pada 2025

Tahun 2025 akan menjadi titik balik inovasi AI untuk sektor industri melalui penerapan AI dalam skala besar di seluruh sektor keuangan.

AI Generatif akan Mengubah Lanskap Industri Perbankan pada 2025
Header perspektif Mark Micallef. tirto.id/Parkodi

tirto.id -

AI Generatif (Gen AI) dengan cepat mentransformasi ranah layanan keuangan. Pada awalnya, AI generatif ini dimulai sebagai proyek eksperimen. Namun pada 2024, sudah ada amat banyak lembaga keuangan yang sepenuhnya menggunakan AI untuk produksi dan mulai melihat hasil nyata dari investasi yang mereka lakukan.

Tahun 2025 akan menjadi titik balik inovasi AI untuk sektor industri melalui penerapan AI dalam skala besar di seluruh sektor keuangan. Pergeseran ini terjadi pada saat yang krusial, yakni pada saat industri ini berjibaku dengan berbagai tantangan, seperti lingkungan bisnis yang semakin kompetitif, kekurangan talenta, dan meningkatnya ekspektasi pelanggan.

Dengan mengadopsi AI generatif, lembaga keuangan dapat mengatasi tantangan ini secara langsung dan memungkinkan tercapainya tingkat efisiensi, keamanan, dan kepuasan pelanggan yang baru.

Setidaknya ada empat tren yang akan mendorong adopsi AI sepanjang tahun 2025:

Penelusuran Intuitif: Semakin Meningkatkan Produktivitas

AI generatif akan mentransformasi manajemen informasi dalam lembaga keuangan. Saat ini, ada banyak organisasi yang kesulitan memilah dan memilih informasi penting dari penyimpanan data mereka yang besar tanpa perlu banyak campur tangan manusia. Sebagai contoh, para analis pasar, petugas kepatuhan, dan tenaga profesional lainnya sering kali menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk memilah-milah informasi yang tersebar di berbagai dokumen dan departemen dalam organisasi.

Pada tahun 2025, penelusuran yang didukung AI dengan kemampuan meringkas dokumen yang canggih akan memungkinkan karyawan menemukan dan menganalisis informasi dengan lebih cepat dan lebih efektif. Alih-alih mengolah data, mereka dapat berfokus pada analisis dan pengambilan keputusan di tingkat yang lebih tinggi.

Alat-alat ini bisa memberi akses instan ke banyak informasi penting, membuat alur kerja jadi lebih sederhana, sekaligus meningkatkan produktivitas. Meski bantuan para ahli yang akan memvalidasi dan menafsirkan informasi tetap berperan penting, kemampuan pencarian baru ini bisa menghemat waktu para pekerja ketika mengumpulkan data. Sehingga mereka punya lebih banyak waktu untuk menghasilkan poin-poin penting dari informasi yang mereka dapat.

Munculnya Agen AI

Agen AI bukan lagi sekadar khayalan; mereka telah menjadi kenyataan di dunia keuangan. Asisten digital ini siap mendukung tugas-tugas yang sifatnya rutin, seperti penjaminan pinjaman, penyesuaian klaim, dan pembuatan laporan risiko. Selain meningkatkan efisiensi, hal ini juga bisa membebaskan karyawan agar bisa berfokus pada pekerjaan yang lebih kompleks dan strategis. Hasilnya, hal ini bisa menambah nilai pada aspek-aspek keahlian yang hanya dapat dilakukan manusia.

Selain itu, agen AI juga akan berperan penting mendorong pertumbuhan pendapatan. Dengan menganalisis data berukuran besar, AI dapat membangun pemahaman mendalam tentang situasi, tujuan, dan preferensi keuangan setiap nasabah. Dengan pemahaman ini, bank bisa memberikan pengalaman yang sangat personal, termasuk rekomendasi produk yang disesuaikan, saran keuangan yang proaktif, dan bahkan mengantisipasi kebutuhan nasabah di masa depan. Pengalaman tersebut akan menjangkau semua titik kontak nasabah, sehingga menciptakan layanan perbankan omnichannel yang benar-benar personal dan terkoneksi.

AI Multimodal: Tingkatkan Kualitas Layanan Pelanggan

Meskipun aplikasi perbankan kini semakin kaya fitur, aplikasi tersebut kadang juga terasa rumit saat dipakai pengguna. AI dapat berpotensi menyederhanakan pengalaman pengguna, dan AI multimodal dapat semakin meningkatkan pengalaman itu. Dengan memproses berbagai jenis data seperti teks, gambar, dan audio secara simultan, AI multimodal dapat memahami nuansa komunikasi manusia, sehingga menghasilkan pengalaman pelanggan yang lebih personal dan intuitif.

Berkat antarmuka bahasa alami (natural language interface), interaksi yang mirip berbincang dengan manusia kini bisa dilakukan di aplikasi perbankan. Namun, sering kali aplikasi akan mengalami kendala ketika harus menjawab pertanyaan yang rumit.

Sekarang, bayangkan jika Anda bisa bertanya ke aplikasi perbankan Anda, "Berapa biaya makan di luar bulan lalu?"

AI multimodal dapat dengan cepat mengidentifikasi dan memberikan jawaban kepada Anda dengan menganalisis data transaksi dan bahkan mengenali gambar struk pembayaran. Integrasi informasi yang lancar serta pemahaman intuitif terhadap permintaan nasabah ini adalah masa depan industri perbankan yang ditawarkan AI multimodal.

AI: Alat Pertahanan Penting Terhadap Penipuan

Ranah ancaman di dunia perbankan terus berkembang. Sekarang, para pelaku kejahatan juga memanfaatkan AI generatif untuk mengembangkan serangan baru dan mengeksploitasi kerentanan dalam sistem perbankan. Namun, lembaga keuangan tidak tinggal diam dengan membuat sistem pertahanan sendiri yang didukung oleh AI. Berdasarkan penelitian mengenai ROI dari AI Generatif yang kami lakukan baru-baru ini, ditemukan bahwa 3 dari 5 lembaga keuangan melihat peningkatan yang terukur dalam postur keamanan cyber mereka berkat penggunaan AI generatif.

Penipu sering kali mengandalkan sumber data yang tidak terstruktur seperti dokumen palsu atau aktivitas online yang mencurigakan, yang sangat sulit dipantau secara manual. Pada saat yang sama, tim keamanan juga kewalahan oleh banyaknya peringatan yang dihasilkan oleh sistem pemantauan penipuan tradisional. Kemampuan AI untuk menganalisis data yang tidak terstruktur, mengidentifikasi pola yang kompleks, dan memprioritaskan peringatan, dapat meningkatkan deteksi penipuan secara signifikan dan melindungi pelanggan dari ancaman yang muncul.

Kewaspadaan yang didorong oleh AI akan membantu lembaga jasa keuangan untuk tetap unggul, sehingga mengubah potensi kerentanan menjadi kekuatan karena mereka aktif melawan penipuan yang didukung AI dengan sistem pertahanan yang sama canggihnya.

Fondasi Untuk Mencapai Keberhasilan: Data

Keberhasilan dari setiap inisiatif AI sangat bergantung pada kualitas dan ketersediaan data. Bank yang telah berinvestasi dalam platform data yang kuat akan mendapatkan manfaat paling optimal dari AI. Dengan platform ini, bank dapat menggabungkan data dari berbagai sumber, sehingga memastikan kualitas dan aksesibilitasnya untuk aplikasi AI. Dalam dunia layanan keuangan yang terus berkembang pesat, kemampuan untuk berinovasi secara efektif dengan dan memanfaatkan AI generatif akan menjadi poin penentu: apakah maju atau alami ketertinggalan bisnis.

*) Isi artikel ini menjadi tanggung jawab penulis sepenuhnya.