Adrian Bernabe Pemuda Jebolan Barcelona di Skuat Manchester City

Oleh: Beni Jo - 28 September 2018
Dibaca Normal 1 menit
Adrian Bernabe di usia 17 tahun mampu menembus skuat Manchester City
tirto.id - Nama Adrian Bernabe mungkin cukup asing di telinga penggemar Manchester City. Namun, pemain asal Spanyol berusia 17 tahun yang dibawa dari akademi Barcelona oleh The Citizens ini, baru saja masuk ke dalam skuat City di babak ketiga Carabao Cup pada Rabu (26/9/2018). Ketika Manchester City menaklukkan Oxford City 0-3, Bernabe muncul dari bangku cadangan dan bermain sekitar 10 menit.

Dalam laga melawan Oxford City, Adrian Bernabe mengenakan nomor punggung 82. Nomor yang cukup unik bahkan untuk seorang pemain muda. Bernabe masuk menggantikan Riyad Mahrez sejak menit ke-86. Ini adalah debutnya untuk tim senior Manchester City.

"Adrian Bernabe memiliki waktu sekitar 10 menit untuk mengesankan Pep Guardiola. Pemain 17 tahun itu menjadi bukti lebih lanjut tentang sistem pemandu bakat yang luar biasa yang dimiliki The Blues di Eropa, dan kebiasaan klub membantu bakat mentah untuk berkembang," demikian Manchester City menyorot sang gelandang pada Rabu (26/9).

Dilansir dari laman resmi klub, Adrian Bernabe sudah menjadi bagian dari skuat ketika tur musim panas ke Amerika Serikat. Ia menunjukkan permainan impresif ketika menghadapi Bayern Munchen.

Bernabe sendiri, berdasarkan data Soccerway, sudah bermain 6 kali musim ini bersama tim Manchester City U23. Ia total tampil 321 menit dan mengemas satu gol, ketika The Citizens menekuk Arsenal U23 dengan skor 6-5 di Premier League 2.

Sebelum debut tim senior melawan Oxford, Bernabe sempat tampil selama 30 menit kala Manchester City U23 menang dengan skor 3-2 dari Derby County U23. Ia menjadi pemain pengganti bagi Felix Nmecha.



Pemain yang berposisi sebagai attacking midfielder ini juga pernah diturunkan di UEFA Youth League kala tim muda City bertemu Lyon. Dalam laga yang berakhir dengan skor 1-4 untuk Lyon itu, Bernabe tampil sepanjang babak pertama.

Keberhasilan Adrian Bernabe masuk ke dalam tim senior Manchester City hanyalah langkah awal. Sembari memperbanyak jam terbang di The Citizens U23, Bernabe juga bakal ditantang untuk bersaing di ketatnya lini tengah timnya. Setidaknya, selama City terus melaju di Carabao Cup musim ini, selama itu pula ada peluang Bernabe dipanggil Pep Guardiola.

"(Ditambah Adrian Bernabe) Dengan adanya Brahim Diaz dan Phil Foden dalam daftar, betapa banyak koleksi playmaker lini tengah yang dirawat City untuk masa depan; dan Carabao Cup akan terus menjadi jendela peluang mereka untuk tampil kembali di level senior pada bulan depan," tulis situs resmi Manchester City.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Beni Jo
Editor: Beni Jo