9 Drama Korea yang Layak Miliki Musim Kedua: Ada Hotel Del Luna

Kontributor: Maria Ulfa, tirto.id - 16 Mei 2020 14:30 WIB
Dibaca Normal 7 menit
9 Drama Korea yang layak memiliki musim kedua menurut Soompi: Hotel Del Luna, Vagabond, hingga Catch the Ghost.
tirto.id - Menonton drama Korea (drakor) atau K-Drama bisa menjadi salah satu cara untuk mengusir kebosanan saat harus tetap berada di dalam rumah selama pandemi COVID-19.

Namun, terkadang satu musim K-Drama bisa terlalu singkat dan Anda hanya ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan karakter favorit Anda.

Lalu, bisa jadi terdapat tragedi yang terjadi dan episode terakhir tamat dengan akhir yang sedih, akhir yang terbuka (open ending), atau mungkin drama tidak pernah menyelesaikan misteri yang telah berusaha dipecahkan selama ini.


Maka, saat-saat seperti itulah ketika musim kedua diinginkan oleh para penonton. Berikut ini adalah 9 drama Korea yang layak memiliki musim kedua, seperti dikutip Soompi.

1. Hwayugi


Drama ini menceritakan tentang Jin Sun Mi (Oh ​​Yeon So) yang harus mencari tahu bagaimana menavigasi dunia di mana iblis dan dewa selalu berselisih.

Dihukum oleh para dewa karena membebaskan Son Oh Gong (Lee Seung Gi) dari penjara, Jin Sun Mi harus menanggung beban menjadi orang yang ditakdirkan untuk menyelamatkan dunia dari malapetaka yang akan datang.

Hal itu membuatnya menjadi target di dunia supernatural karena ada banyak iblis yang ingin memakannya untuk mendapatkan kekuatan, termasuk Son Oh Gong.

Akan tetapi, para Dewa punya rencana lain, dan sebaliknya, Dewa menjebak Son Oh Gong dengan gelang geumggango dan bersama Sun Mi, Son Oh Gong harus menyelamatkan dunia.

Drama ini membuat Anda bertahan di depan layar karena adanya misi dari kedua karakter tersebut untuk menghancurkan para iblis di kehidupan sehari-hari.

Perdebatan lucu antara Son Oh Gong dan Woo Ma Wang (Cha Seung Won), sebuah kejahatan besar yang muncul, zombi yang lucu, dan kisah lainnya membuat drama ini menarik untuk diikuti.

Sangat menyenangkan jika semua orang mengulangi peran mereka yang beragam tersebut dalam musim kedua, dan melihat bagaimana mereka mengemban misi yang telah diberikan.

Kemudian, penonton juga ingin melihat apakah Son Oh Gong mampu menemukan cinta sejatinya?


2. Suits


Dibuat berdasarkan serial Amerika dengan judul yang sama, Suits adalah sebuah drama tentang pengacara perusahaan bergengsi bernama Choi Kang Seok (Jang Dong Gun), yang menyewa seorang siswa putus sekolah bernama Go Yeon Woo (Park Hyung Sik) untuk menjadi rekannya di firma hukum Kang & Ham.

Sementara Yeon Woo secara hukum tidak memiliki izin untuk praktik hukum, namun, memori fotografis yang ia miliki adalah salah satu aset terkuatnya.

Sama seperti mentornya, Yeon Woo cerdas dan karismatik tetapi kerendahan hati dan dorongannya untuk membantu para orang-orang sering kali menantang sikap dingin Kang Seok.

Mereka menangani banyak kasus yang berhubungan dengan kekerasan seksual, kontrak bisnis, dan lain-lain. Bahkan, mereka memiliki pengadilan tiruan sendiri yang mengungkap hubungan batin yang muncul di dalam firma hukum tersebut.

Sementara, chemistry Jang Dong Gun dan Park Hyung Sik adalah kunci dari drama, dibantu dengan karakter lain seperti Kang Ha Yeon (Jin Hee Kyung), Hong Da Ham (Chae Jung An), Kim Ji Na (Go Sung Hee), dan Chae Geun Sik (Choi Gwi Ha).

Drama ini mengambil garis besar dari beberapa musim di serial aslinya, yang paling penting adalah penipuan yang dilakukan Yeon Woo. Karena ia telah melakukan penipuan karena tak memiliki izin praktik, Yeon Woo akhirnya dipenjara.

Setelah dibebaskan, Kang Seok ada di sana untuk menyambutnya. Akan menarik untuk melihat bagaimana kehidupan Yeon Woo terus tumpang tindih dengan Kang Seok di musim kedua.

Apakah dia akan kembali ke perguruan tinggi dan belajar hukum sehingga dia dapat bekerja dengan mentornya sekali lagi? Apakah mereka akan mempekerjakannya di posisi lain? Bagaimana hubungannya dengan Ji Na?

Serial Amerikanya sendiri memiliki sembilan musim sehingga tentu saja ada lebih banyak materi untuk diadaptasi dan dijelajahi.


3. Hotel Del Luna


Karena kesepakatan yang dibuat ayahnya dengan Jang Man Wol (IU), Goo Chan Sung (Yeo Jin Goo) terpaksa menjadi manajer Hotel Del Luna.

Man Wol sendiri tampaknya tidak terlalu bahagia, karena dia telah dikutuk dengan pekerjaan di hotel tersebut selama ribuan tahun. Chan Sung kemudian meruntuhkan kutukan tersebut dan membuat Man Wol akhirnya mampu pergi ke langit.

Sementara itu, akan luar biasa jika penonton bisa melihat plot reinkarnasi untuk Chan Sung dan Man Wol dan berakhir bahagia dalam musim kedua. Penggemar juga sangat antusias dengan adanya musim kedua setelah munculnya aktor Kim Soo Hyun sebagai cameo dalam drama tersebut.

Kim Soo Hyun sendiri muncul sebagai pemilik hotel yang baru dan diberi nama Hotel Blue Moon.

Seperti yang diketahui, karena hotel tersebut dijalankan oleh mereka yang harus membayar dosa-dosa masa lalu, lantas, dosa apa yang telah Kim Soo Hyun lakukan hingga ia dipilih untuk menjalankan hotel tersebut?

Apakah masa lalunya lebih tragis daripada Man Wol? Bagaimana dia bergaul dengan karyawan luar biasa lainnya di hotel?

Sementara tvN memang merilis pernyataan yang pada akhirnya mengatakan bahwa segala sesuatu mungkin terjadi. Namun, sejauh ini tidak ada kabar tentang musim kedua yang akan segera diproduksi.


4. How Are You Bread


How Are You Bread adalah web drama yang menyenangkan dan lucu tapi mengejutkan untuk ditonton.

Drama ini mengikuti pengejaran Noh Mi Rae (Lee Se Young) yang sedang mencoba merekrut Ha Do Woo (Suho) untuk acara kompetisi membuat roti, di mana ia adalah penulis acaranya.

Do Woo adalah seorang koki pastry yang penuh teka-teki dan terkenal karena roti “how are you” miliknya. Setiap kali Mi Rae memakannya, ia selalu meneteskan air mata.

Tak lama kemudian Mi Rae mendapati dirinya tidak hanya mengejar Do Woo untuk membuatnya bergabung di acaranya, tetapi juga untuk menemukan mengapa roti Do Woo memiliki efek seperti itu pada dirinya.

Dengan beberapa hubungan keluarga yang tegang, saingan bisnis, teman yang berubah menjadi musuh, dan penyatuan kembali cinta pertama, acara ini membahas tema yang akan menarik untuk diikuti.

Pada akhirnya ini semua tentang mengorbankan diri sendiri untuk kebahagiaan dan keamanan orang-orang yang Anda cintai.

Walaupun pengorbanan seperti itu adalah mulia, tentu menjadi frustasi setelah Anda menyadari bahwa Do Woo dan Mi Rae terjebak dalam lingkaran yang tidak pernah berakhir membuat orang lain lupa bahwa cinta mereka ada di sana.

Akan sangat bagus jika penonton bisa melihat musim terbaru yang mengeksplorasi saat Do Woo dan Mi Rae mencoba memecahkan lingkaran kejam yang mereka alami alih-alih hanya menyerah pada hal tersebut.

5. Vagabond


Vagabond dikemas sebagai drama aksi, konspirasi yang tidak pernah berakhir, dengan polesan romansa.

Drama ini menceritakan tentang konspirasi di balik kecelakaan pesawat yang menewaskan keponakan Cha Dal Gun (Lee Seung Gi) dan penumpang lainnya. Lantas, Cha Dal Gun berusaha mencari tahu siapa yang bertanggung jawab di balik kecelakaan tersebut.

Sepanjang pencariannya, Dal Gun bertemu dengan agen National Intelligence Service (NIS), Go Hae Ri (Suzy). Kemudian, keduanya pun bersama-sama berusaha mengungkap korupsi yang telah meracuni pemerintah sampai ke intinya.

Akhir drama ini membuat para penggemar kecewa karena tampaknya berakhir dengan adegan yang sama seperti episode perdananya. Meski konspirasi terungkap pada akhirnya, namun ceritanya dibiarkan mengambang.

Para penonton terkahir kali melihat Dal Gun saat ia menyusup ke organisasi di balik serangan pesawat tersebut, dan Hae Ri mulai bekerja dengan caranya sendiri, tidak menyadari bahwa Dal Gun masih hidup.

Sementara itu, pelaku masih belum diadili. Pada akhirnya, semua kemenangan yang dimiliki tim mereka sepanjang seri ini terasa sia-sia.

Sementara Celltrion Entertainment, perusahaan produksi drama, memang merilis pernyataan bahwa drama itu dibuat dengan tujuan adanya musim kedua, namun tidak ada konfirmasi pasti bahwa itu akan segera dilaksanakan.

Drama Korea Vagabond
Drama Korea Vagabond SBS TV. Youtube/SBS


6. The Ghost Detective


Dengan daya pikat hantu yang terhubung dengan serangkaian pembunuhan, The Ghost Detective adalah sebuah drama yang pasti akan membuat Anda tetap fokus menonton.

Detektif swasta memesona, Lee Da Il (Choi Daniel) sedang berusaha menyelesaikan kasus hilangnya tiga anak dengan bantuan asisten barunya, Jung Yeo Wool (Park Eun Bin). Namun, Da Il justru menyadari bahwa ia sebenarnya adalah sosok hantu.

Kasus ini juga mengarah kembali kepada hantu wanita berbaju merah, Sun Woo Hye (Lee Ji Ah), yang terlibat dalam kematian adik perempuan Yeo Wool.

Mengungkap misteri kejahatan Woo Hye membawa pasangan dan tim investigasi mereka ke dalam terowongan kekacauan ketika mereka mencoba mencari cara untuk menghentikan hantu Woo Hye.

Da Il menghadapi lebih banyak konflik saat semakin lama ia berada di luar tubuhnya, semakin rentan ia berubah menjadi makhluk jahat seperti Woo Hye.

Pada akhirnya, Da Il mengorbankan tubuhnya dan kesempatannya untuk hidup kembali dan mengakhiri niat jahat Woo Hye. Namun, tidak semua harapan hilang, karena Da Il akhirnya muncul kembali dan menemui Yeo Wool.

Sementara pertunjukan itu menyiratkan bahwa Da Il harus meninggalkan Yeo Wool, namun, drama bergenre supernatural dapat membuka banyak kemungkinan. Siapa yang ingin menerima akhir yang tampaknya tragis untuk pasangan ini?

Akan luar biasa jika penonton bisa menyaksikan musim kedua yang mengeksplorasi bagaimana pasangan tersebut akan mulai bekerja sama lagi dengan tim mereka dan pejabat publik lainnya demi menerapkan unit detektif hantu mereka sendiri untuk menyelesaikan kasus-kasus supernatural.

Mungkin, mereka juga bisa mencari cara baru untuk membawa Da Il kembali dari kematian.

7. Lawless Lawyer


Kembali ke kota asalnya, Bong Sang Pil (Lee Joon Ki) gangster yang kini menjadi pengacara, membuka sebuah firma hukum dengan harapan untuk membasmi korupsi di balik pembunuhan ibunya bertahun-tahun sebelumnya. Lalu, ia mendekati Hae Jae Yi (Seo Ye Ji) yang ceroboh untuk bekerja dengannya.

Drama ini menunjukkan pentingnya bekerja bersama saat menangani kasus-kasus ketidakadilan yang sangat besar di dunia.

Bahkan terdapat pula adegan komedi yang tepat ketika terdapat kelompok gangster yang Sang Pil pimpin membantunya memecahkan misteri masa lalu.

Chemistry dan kerja sama tim dari Lee Joon Ki dan Seo Ye Ji juga membuat drama ini sangat menyenangkan melalui semua kemenangan dan kegagalan yang dihadapi oleh karakter mereka.

Drama berakhir dengan pasangan tersebut tiba di Seoul setelah menyelesaikan masalah dari kota asal mereka. Mereka berdua bersumpah akan menjatuhkan orang-orang yang menyalahgunakan kekuasaan di Seoul tanpa hukum.

Berakhirnya drama ini tentu meninggalkan ruangan untuk musim kedua. Konspirasi apa yang akan mereka temukan di Seoul?

Bagaimana mereka akan melanggar hukum untuk memenangkan kasus? Akan luar biasa melihat bagaimana Sang Pil dan Jae Yi menangani lingkungan baru mereka.


8. Catch The Ghost


Setelah merasa terganggu oleh hilangnya saudara kembarnya, Yoo Ryung (Moon Geun Young) memutuskan untuk menjadi bagian dari polisi kereta bawah tanah.

Keputusan ini ia ambil setelah kepolisian tidak ada yang mempercayai analisisnya yang menyatakan saudara perempuannya itu mungkin menjadi korban pembunuh berantai kereta bawah tanah, yang dilakukan oleh pembunuh dijuluki Ghost.

Yoo Ryung adalah tipe perempuan berkepala dingin dan memiliki pendekatan yang sangat unik untuk melakukan tugasnya, berbeda dengan partnernya, Ko Ji Seok (Kim Seon Ho).

Pasangan ini sering terlibat pertengkaran karena memiliki perbedaan pandanga dalam memecahkan kasus. Apalagi, Yoo Ryung selalu ingin memberantas semua kejahatan yang ia lihat tanpa protokol tertentu.

Drama ini menyoroti pentingnya bekerja bersama, kesedihan yang intens setelah kehilangan orang yang dicintai, dan perjuangan yang sangat nyata dari mereka yang juga menjadi wali bagi anggota keluarga lainnya.

Pada episode final, akhir yang bahagia terjadi tetapi juga terasa seperti dinamika antara karakter yang baru saja dimulai.

Rasa saling menghormati dan kekaguman Yoo Ryung dan Ji Seok berubah menjadi romansa, dan hubungan mereka yang tadinya berbatu-batu juga telah berubah.

Acara berakhir dengan adegan komedi dari kedua belah pihak yang berusaha menangkap tersangka yang sama untuk kasus yang berbeda.

Maka, akan luar biasa jika ada musim lain dari cerita kekacauan komedi menyeramkan yang menunjukkan bagaimana kedua tim polisi bekerja sama untuk memecahkan misteri yang mengganggu realitas mereka.


9. Page Turner


Setelah mengalami kecelakaan mobil yang menyebabkan ia kehilangan penglihatannya, karier Yoon Yoo Seul (Kim So Hyun) sebagai seorang pianis yang luar biasa tampaknya mulai mengambang.

Sementara itu, Jung Cha Shik (Ji Soo) yang memiliki masa depan menjanjikan sebagai pelompat galah terhenti begitu saja karena mengalami cedera pangkal paha.

Mereka bertemu secara kebetulan di rumah sakit ketika Cha Shik menghentikan Yoo Seul dari percobaan bunuh diri.

Tak lama setelah itu, mereka dipertemukan lagi setelah Cha Shik mencoba menolong Yoo Seul di sekolah. Kemudian, Cha Shik meminta Yoo Seul untuk mengajarinya memainkan piano.

Pada akhirnya, mereka menginspirasi satu sama lain untuk mengejar apa yang membuat mereka bahagia, dan drama ini mengeksplorasi ide tentang harapan dan impian diri sendiri daripada orang lain.

Meskipun drama ini hanya memiliki tiga episode, Page Turner cukup meninggalkan kesan yang dalam di hati penonton. Akan sangat luar biasa jika penonton dapat melihat di mana karakter-karakter itu berakhir?

Apakah Yoo Seul masih ingin bermain piano untuk kariernya? Apakah Cha Shik menemukan mimpi baru setelah dia belajar piano?

Page Turner adalah sebuah drama yang membuat hatimu ingin bertahan lebih lama dengan karakter dan kisah yang mereka bawakan.


Baca juga artikel terkait DRAMA KOREA atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno

DarkLight