3 Pemain yang Bakal Jadi Kunci AC Milan Era Marco Giampaolo

Oleh: Fitra Firdaus - 1 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Terdapat tiga pemain yang bakal jadi kunci AC Milan era Marco Giampaolo: Alessio Romagnoli, Lucas Paqueta, dan Krzysztof Piatek.
tirto.id - Marco Giampaolo akan memulai eranya sebagai pelatih AC Milan sejak musim 2019/2020. Dikutip dari La Gazzetta dello Sport pada Senin (1/7/2019), terdapat tiga pemain kunci sang juru taktik yang tidak akan dilego di bursa transfer. Mereka adalah Alessio Romagnoli, Lucas Paqueta, dan Krzysztof Piatek.

"Tiga Musketir akan dibangun kembali, yang tertua akan berusia 25 tahun pada Januari tahun depan. Kombinasi mereka akan menjadi tulang punggung tim .... Romagnoli, Paqueta, dan Piatek ... mereka pemain utama di Milan era Giampaolo," tulis Marco Pasotto untuk La Gazzetta.

Kenyataannya tiga pemain yang dimaksud memang berpeluang menjadi bagian inti AC Milan era baru. Usia mereka memang sangat muda. Romagnoli yang kelahiran 12 Januari 1995 adalah yang tertua. Dia diikuti Piatek yang kelahiran 1 Juli 1995, dan Paqueta yang berusia 21 tahun, lahir pada 27 Agustus 1997.

Ketiga pemain tersebut berturut-turut ditarik Milan dari AS Roma, Flamengo, dan Genoa. Mereka juga memiliki ikatan kontrak yang lama, terdekat adalah Romagnoli yang masa baktinya di Rossoneri akan habis 30 Juni 2022. Sementara itu, Piatek dan Paqueta sama-sama memiliki kontrak sampai 2023.

Romagnoli, Paqueta, hingga Piatek penting bagi AC Milan di tengah badai yang mereka hadapi. Pasukan Marco Giampaolo tidak akan berpartisipasi di Liga Eropa musim ini, setelah mereka bersepakat dengan UEFA terkait pelanggaran masa lalu atas Financial Fair Play (FFP).

AC Milan belakangan memang tengah dalam masa transisi. Mereka memang menjadi tim terakhir yang bisa juara Liga Italia selain Juventus, pada 2010/2011. Namun, selama delapan musim kemudian, Rossoneri selalu gagal mengulang prestasi tersebut.

Musim-musim terburuk Milan terjadi pada 2013/2014 hingga 2015/2016. Mereka tak bisa lolos ke Eropa, bahkan pada 2014/2015 finis di urutan kesepuluh. Dalam tiga musim terakhir, Rossoneri bisa finis di zona Eropa, tetapi tiket ke Liga Champions tampak terlalu mahal untuk mereka.

Pencapaian Romagnoli, Paqueta, dan Piatek layak Marco Giampaolo berharap banyak. Dalam 21 penampilan untuk AC Milan di semua kompetisi, Piatek mampu mencetak 11 gol. Sementara itu, Romagnoli adalah salah satu pemain dengan jumlah laga terbanyak untuk Rossoneri, 41 kali. Paqueta juga langsung berpengaruh sejak dibeli dari Flamengo.

Atas alasan itu, meski AC Milan mungkin bakal melakukan revolusi, ketiga pemain di atas tak akan tersentuh di bursa transfer.

Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight