Menuju konten utama

1.321 Aparat Amankan Pengundian Nomor Urut Paslon Pilgub Jakarta

Sebanyak 1.321 personel gabungan dikerahkan dalam agenda pengundian nomor urut paslon Pilgub Jakarta di kantor KPU DKI.

1.321 Aparat Amankan Pengundian Nomor Urut Paslon Pilgub Jakarta
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembuatan panggung dan hiasan untuk pelaksanaan pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta di halaman Kantor KPU DKI Jakarta, Senin (26/8/2024). ANTARA FOTO/Muhammad Ramdan/rwa.

tirto.id - Polisi mengerahkan 1.321 personel gabungan guna mengamankan pengundian nomor urut pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur (cagub-cawagub) peserta Pilkada Jakarta 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta. Ribuan personel tersebut dikerahkan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI, dan instansi terkait lainnya.

“Dalam rangka pengamanan penetapan paslon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta di KPU Provinsi DKI Jakarta, kami melibatkan sejumlah 1.321 personel gabungan,” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, melalui keterangan tertulis, Senin (23/9/2024).

Selama berjalannya pengundian nomor urut, Susatyo menjelaskan, pihaknya akan fokus menjaga pintu masuk dan luar Kantor KPU Jakarta, di Jalan Salemba Raya, Senen, Jakarta Pusat.

Adapun terkait rekayasa lalu lintas di sekitar Kantor KPU, Susatyo menyebut masih bersifat situasional. Maksudnya, pengalihan arus lalu lintas akan diberlakukan melihat perkembangan dinamika yang terjadi di lapangan.

“Bila nanti di sekitar KPUD Provinsi DKI Jakarta ada massa Timses pendukung paslon cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka akan kami lakukan rekayasa lalu lintas," ujar Susatyo.

Susatyo mengimbau kepada masyarakat pengguna jalan raya untuk menghindari kawasan Jalan Salemba Raya yang menjadi tempat penetapan nomor urut bagi paslon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta dan mencari jalan alternatif lainnya untuk menghindari kepadatan lalu lintas.

Kepada seluruh personel, Susatyo menegaskan, agar bertindak secara humanis dan melayani warga dengan santun.

Selain itu, Susatyo mengimbau kepada para peserta tim sukses (timses) paslon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta untuk selalu menjaga ketertiban dan memperhatikan pengguna jalan lainnya yang akan melintas. Hal ini, kata dia, agar kegiatan pengundian nomor urut di KPU dapat berjalan dengan aman, tertib dan kondusif sesuai dengan harapan.

KPU Provinsi DKI Jakarta akan mengadakan pengundian nomor urut dengan menghadirkan para paslon untuk mengambilnya pada Senin (23/9/2024) malam nanti.

Ketiga pasangan calon (paslon) tersebut sudah resmi ditetapkan oleh KPU sebagai pasangan calon yang nantinya akan berkontestasi dalam Pilgub Jakarta 2024. Mereka adalah Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel) dari PDI Perjuangan, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) dari KIM Plus, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dari independen atau nonpartai.

Baca juga artikel terkait PILKADA 2024 atau tulisan lainnya dari Rahma Dwi Safitri

tirto.id - Politik
Reporter: Rahma Dwi Safitri
Penulis: Rahma Dwi Safitri
Editor: Abdul Aziz