Wales vs Irlandia di Liga Negara Eropa 2018: Prediksi & Skor H2H

Oleh: Fitra Firdaus - 6 September 2018
Dibaca Normal 1 menit
Berdasarkan rekor head to head (H2H), dalam laga Wales vs Irlandia di Liga Negara Eropa pada Jumat (7/9/2018), tren buruk menerpa tuan rumah.
tirto.id - Pertandingan Wales vs Republik Irlandia dalam lanjutan jadwal Liga Negara Eropa (UEFA) B Grup 4 akan digelar pada Jumat (7/9/2018) pukul 01.45 WIB. Tampil di Stadion Kota Cardiff, tuan rumah berpeluang meraih tiga poin dalam Derbi Britania Raya. Namun, tim tamu memiliki rekor pertemuan yang baik melawan Wales.

Di partai perdana Liga Negara Eropa, Wales sudah harus merasakan ketatnya persaingan dengan Irlandia. Fakta bahwa kedua tim ada dalam grup yang sama dengan Denmark, dan salah satu dari tim-tim ini akan terdegradasi ke Liga C jika ada di urutan terbawah, bakal melecut motivasi.

Wales, yang dikomandoi pelatih Ryan Giggs, masih mengandalkan Gareth Bale sebagai senjata utama. Selain sang pemain sayap Real Madrid, The Dragons memiliki Aaron Ramsey yang bisa membantu tim dengan gol-golnya dari lini kedua.

Selama dilatih oleh Giggs, Wales memakai dua formasi, 3-4-3 dan 4-2-3-1. Kemungkinan, menghadapi Republik Irlandia yang menggunakan pola empat bek, The Dragons akan memakai empat bek pula.

Namun, ujian akan dijumpai Wales, karena bek tengah mereka Ashley Williams sedang berperforma buruk. Pemain Stoke City itu hanya mendapatkan nilai 6,05 oleh Whoscored dalam tiga pertandingan di Divisi Championship Liga Inggris.



Sementara itu, Republik Irlandia kehilangan Shane Long, Robbie Brady, James McCarthy, Alan Browne, hingga James McClean. Namun tim tamu memiliki modal yang bagus. Dalam enam partai kompetitif tandang terakhir, The Boys in Green tidak terkalahkan. Hal ini juga dicermati oleh Giggs.

"Republik (Irlandia) adalah tim yang akan bekerja keras dan membuat segalanya sulit untuk kami. Akan ada tekanan lebih terkait laga ini sebagai laga kompetitif pertama saya. Tetapi saya ingin tim saya sulit dikalahkan dan memainkan sepakbola menyerang," kata Giggs dikutip The Guardian.

Absennya Long membuat lini depan Irlandia bakal terbatas. Hanya ada Jonathan Walters yang dapat diandalkan. Selebihnya, striker Wales lainnya, Graham Burke, Aiden O'Brien, dan Callum Robinson belum cukup pengalaman internasional. Hal ini bisa mengganggu kinerja tim asuhan Martin O'Neill.

Perkiraan Susunan Pemain
Wales (4-2-3-1): Wayne Hennessey; Chris Gunter, James Chester, Ashley Williams, Ben Davies; Andy King, Joe Allen; Gareth Bale, Aaron Ramsey, Tom Lawrence; Sam Vokes

Republik Irlandia (4-5-1):
Darren Randolph; Seamus Coleman, Shane Duffy, Kevin Long, Stephen Ward; Matt Doherty, Jeff Hendrick, David Meyler, Alan Browne, Callum O'Dowda; Jonathan Walters

Rekor Head to Head
Dalam lima pertemuan terakhir, Wales tidak pernah bisa menang dari Republik Irlandia. The Dragons mencatatkan dua kekalahan dan tiga kali imbang.

Selain itu, Wales tidak pernah mencetak gol lagi ke gawang Irlandia sejak hasil seri 2-2 pada 17 November 2007. Pemain terakhir dari kubu mereka yang bisa membobol gawang Irlandia adalah Jason Koumas, melalui titik penalti.

09-10-2017 Wales vs Irlandia 0-1
24-03-2017 Irlandia vs Wales 0-0
14-08-2013 Wales vs Irlandia 0-0
08-02-2011 Irlandia vs Wales 3-0
17-11-2007 Wales vs Irlandia 2-2

Prediksi Pertandingan
Sama-sama gagal masuk ke Piala Dunia 2018, Wales dan Republik Irlandia kini menatap Euro 2020. Persiapan keduanya bakal dimulai dari laga ini. Namun, Wales memiliki keuntungan bermain di kandang dan mempunyai sosok pembeda dalam pertandingan seperti Gareth Bale. Sang pemain Real Madrid sedang dalam kondisi bagus, mencetak tiga gol dalam tiga pertandingan di Liga Spanyol.

Selain itu, kondisi Republik Irlandia yang kehilangan beberapa pilar karena cedera, akan membuat tim tamu kemungkinan tak bisa lagi melanjutkan catatan tak terkalahkan mereka dalam enam laga tandang kompetitif terakhir.

Baca juga artikel terkait LIGA NEGARA EROPA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus