Pandemi COVID-19

Tawaran Isolasi Mandiri di Hotel, Wiku: Pemerintah Tak Ikut Campur

Oleh: Andrian Pratama Taher - 17 September 2020
Wiku sebut pemerintah melihat Wisma Atlet masih bisa menampung pasien yang ingin isolasi mandiri dalam proses penyembuhan.
tirto.id - Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito meminta masyarakat tidak sembarangan untuk ikut program isolasi mandiri di sejumlah hotel yang marak ditawarkan. Ia mengingatkan pemerintah tidak ikut campur dalam program isolasi mandiri di hotel.

“Kalau dia nawari sendiri kan untuk masyarakat isolasi mandiri, kan, sebenarnya kami sudah minta tidak isolasi mandiri di rumah. Ya kalau dia mau ngambil seperti itu, urusannya dia. Yang kita itu dari pemerintah. Itu kan mandiri artinya dia bayar sendiri, urusannya sendiri gitu," kata Wiku saat dihubungi reporter Tirto, Kamis (17/9/2020).

Wiku menuturkan, pemerintah memang mewacanakan untuk menggunakan hotel sebagai sarana isolasi mandiri. Akan tetapi, program tersebut tidak dijalankan sembarangan.

Ia menuturkan, hotel yang bekerja sama akan ditentukan berdasarkan diskusi dengan Satgas COVID-19 dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Setelah itu akan ada pengaturan teknis pelaksanaan isolasi mandiri di hotel.

Namun kebijakan penggunaan hotel sebagai isolasi mandiri belum diambil pemerintah. Ia beralasan, pemerintah melihat Wisma Atlet masih bisa menampung pasien yang ingin melakukan isolasi mandiri dalam proses penyembuhan.

"Sekarang pokoknya fokus di Wisma Atlet dan hotel-hotel bintang 2 dan bintang 3 yang nanti ditunjuk, yang pasti diatur," tegas Wiku.




Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Abdul Aziz
DarkLight