Syarat Beasiswa LPDP S1-D4: Jenis dan Info Jadwal 2022

Oleh: Abdul Hadi - 14 Januari 2022
Dibaca Normal 5 menit
Syarat pendaftaran beasiswa LPDP untuk jenjang sarjana (S1) dan diploma 4 (D4), mulai dari beasiswa LPDP Prestasi Talenta, Pelaku Budaya, dan Calon Guru SMK
tirto.id - Sejak tahun lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluaskan cakupan beasiswa LPDP untuk jenjang pendidikan strata 1 (S1) dan diploma 4 (D2). Bagi lulusan SMA/SMK atau mahasiswa S1 yang sudah terdaftar dapat melamar beasiswa LPDP untuk jenis ini. Apa saja syarat dan jenis beasiswa LPDP untuk S1/D4?

Sebelumnya, beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) hanya ditujukan untuk jenjang magister (S2) dan doktoral (S3). Kali ini, perluasan beasiswa LPDP juga dibuka untuk lulusan SMA/SMK yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi hingga mahasiswa yang sudah masuk kuliah.

Sebagaimana persaingan mendapatkan beasiswa, seleksinya harus dipersiapkan matang-matang. Bagaimanapun juga, penerima beasiswa akan memperoleh pembiayaan penuh (fully funded), mulai dari dana pendidikan hingga biaya hidup bulanan sehari-hari.

Untuk memperoleh keuntungan tersebut, pelamar harus memenuhi sejumlah indikator yang dipersyaratkan LPDP. Mulai dari syarat-syarat kualifikasi pelamar hingga tes seleksi beasiswa tersebut.


Informasi Jadwal Pembukaan Beasiswa LPDP S1/D4


Informasi resmi pembukaan beasiswa LPDP S1/D4 belum diumumkan oleh Kemendikbud. Kendati demikian, Direktur Utama LPDP Andin Hadiyanto menyatakan bahwa pada 2022 beasiswa LPDP akan dibuka pada Februari mendatang.

Secara umum, seleksi beasiswa LPDP akan dibuka 2 kali dalam setahun. Pertama, pada Februari-Maret dan yang kedua pada Juli-Agustus 2022. Berdasarkan hal tersebut, calon pelamar dapat mempersiapkan berkas-berkas LPDP jauh-jauh hari.

Berdasarkan tahapannya, seleksi LPDP terdiri dari seleksi administrasi, seleksi substansi akademik dan kebangsaan, serta seleksi wawancara. Jika persiapan administrasinya sudah matang, peserta dapat segera belajar untuk seleksi substansi akademik dan wawancara.

Jenis-jenis Beasiswa LPDP S1/D4


Beasiswa LPDP untuk jenjang S1 dan D4 terdiri dari tiga skema beasiswa sebagai berikut.

  1. Beasiswa Prestasi Talenta S1
  2. Beasiswa LPDP Pelaku Budaya S1
  3. Beasiswa LPDP S1/D4 Calon Guru SMK

Calon pelamar dapat menyesuaikan diri dengan 3 skema beasiswa LPDP S1/D4 di atas. Bagaimanapun juga, kualifikasi 3 jenis beasiswa tersebut berbeda-beda.

Dengan mengetahui potensi dan kualifikasi diri, pelamar dapat memperkirakan beasiswa LPDP jenis mana yang lebih potensial diterima.

Pertimbangan lainnya, pihak LPDP hanya memberikan beasiswa untuk universitas-universitas tertentu yang ditunjuk LPDP. Maka dari itu, calon pelamar harus mencermati pilihan universitasnya untuk disesuaikan dengan universitas yang ditetapkan LPDP.

Daftar universitas yang ditunjuk untuk beasiswa LPDP S1/D4 dapat dilihat di tautan berikut.

DAFTAR UNIVERSITAS BEASISWA LPDP S1/D4


Persyaratan Beasiswa LPDP S1/D4


Karena pihak LPDP belum mengumumkan secara resmi pembukaan beasiswa untuk jenjang S1/D4, persyaratan untuk tahun 2022 juga belum dirilis.

Akan tetapi, berdasarkan pantauan Tirto, syarat-syarat administrasi beasiswa LPDP dari tahun ke tahun tidak mengalami perubahan signifikan.

Dengan demikian, calon pelamar dapat mempersiapkan diri sejak sekarang berdasarkan acuan syarat tahun sebelumnya.

Berikut ini syarat-syarat beasiswa LPDP S1/D4 untuk jenis beasiswa Prestasi Talenta, Pelaku Budaya, dan Calon Guru SMK untuk tahun 2021.

A. Syarat Beasiswa Prestasi Talenta S1


Persyaratan Beasiswa Program LPDP S1 dalam Negeri

Berikut ini persyaratan beasiswa LPDP S1 Prestasi Talenta untuk dalam negeri. Pelamar harus memenuhi syarat dan kualifikasi sebagai berikut.
  1. Calon penerima beasiswa LPDP harus menyerahkan salinan KTP.
  2. Memiliki integritas kebangsaan sebagai Pelajar Pancasila calon penerus masa depan bangsa.
  3. Menyerahkan Surat Keterangan sehat jasmani dan bebas NAPZA (Narkotika, Alkohol, Psikotropika dan Zat Adiktif).
  4. Telah tercatat sebagai pemenang juara 1 (emas), 2 (perak) dan 3 (perunggu) pada lomba/kompetisi/Festival tingkat internasional dan nasional dalam 4 (empat) bidang pengembangan talenta.
  5. Telah menyelesaikan studi pada pendidikan menengah sederajat atau sedang melaksanakan studi pada Perguruan Tinggi tertentu sampai dengan Semester IV
  6. Memperoleh Letter of Acceptance (LoA) Unconditional dari Perguruan Tinggi bagi calon mahasiswa yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi dan Surat Keterangan sebagai mahasiswa aktif di Perguruan Tinggi bersangkutan.
  7. Transkrip akademik bagi mahasiswa on going (Persyaratan IPK untuk Sains, Riset dan Teknologi = 3,25 dan untuk 3 tiga jenis bidang lainnya = 2,75 pada skala 4)
  8. Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran secara daring.
  9. Menyusun tulisan personal statement yang diunggah secara daring
  10. Pendaftar beasiswa yang telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa tidak dapat mengajukan perpindahan PT tujuan dan Program Studi tujuan (dibuka terbatas) kecuali ada kendala non-akademis, seperti Perguruan Tinggi ditutup karena sesuatu hal dan lain-lain, serta diketahui Pengelola Beasiswa.
  11. Beasiswa diberikan pada kategori jalur reguler, jalur afirmasi, dan jalur disabilitas. Ketentuan tambahan tentang jalur afirmasi akan disusun lebih lanjut sebagai persyaratan seleksi oleh Pengelola Beasiswa.
  12. Melampirkan surat keterangan yang menyatakan jenis kekhususan dari Rumah sakit atau Dokter Spesialis (untuk calon Mahasiswa Difabel.)
  13. Melampirkan surat persetujuan dari orang tua tanda tangan di atas materai 10.000 (untuk calon mahasiswa Difabel.)
  14. Calon Mahasiswa Difabel yang dapat mengajukan beasiswa yaitu Tuna Netra, Tuna Rungu, Tuna Wicara, Tuna Daksa.
  15. Ketentuan batas usia mendaftar pada tgl 31 Desember di tahun pendaftaran yaitu paling tinggi berusia 22 tahun.

Persyaratan Beasiswa LPDP S1 Luar Negeri

  1. Pelamar program S1 luar negeri juga harus menyerahkan salinan KTP
  2. Mempunyai integritas kebangsaan sebagai Pelajar Pancasila calon penerus masa depan bangsa.
  3. Menyerahkan Surat Keterangan sehat jasmani dan bebas NAPZA (Narkotika, Alkohol, Psikotropika dan Zat Adiktif).
  4. Telah tercatat sebagai pemenang juara 1 (emas), 2 (perak) dan 3 (perunggu) pada lomba/kompetisi/Festival tingkat internasional dan nasional dalam 4 bidang pengembangan talenta, atau telah tercatat sebagai peserta didik prasejahtera yang berhasil diterima melanjutkan studi S1 di 12 Perguruan Tinggi Utama Dunia yang ditetapkan oleh LPDP.
  5. Sudah menyelesaikan studi pada pendidikan menengah sederajat atau sedang melaksanakan studi pada Perguruan Tinggi tertentu sampai dengan Semester IV
  6. Mendapatkan Letter of Acceptance (LoA) Unconditional dari Perguruan Tinggi bagi calon mahasiswa yang telah dinyatakan diterima di PT atau Surat Keterangan sebagai mahasiswa aktif di Perguruan Tinggi bersangkutan.
  7. Transkrip akademik bagi mahasiswa on going (Persyaratan IPK untuk Sains, Riset dan Teknologi = 3,25 dan untuk 3 (tiga) jenis bidang lainnya = 2,75 pada skala 4)
  8. Persyaratan kecakapan bahasa Inggris bisa menggunakan TOEFL ITP dengan score 500 atau mengunggah dokumen sertifikat kemampuan Bahasa inggris yang masih berlaku (TOEFL iBT 80, PTE 58, IELTS 6,5)
  9. Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran secara daring.
  10. Menyusun personal statement yang akan diunggah secara daring.
  11. Membuat Surat Pernyataan bermaterai Rp10.000 untuk berkomitmen memberikan kontribusi pada pembangunan Indonesia. (format terlampir pada situs beasiswa.kemendikbud.go.id)
  12. Pendaftar beasiswa yang telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa tidak dapat mengajukan perpindahan PT tujuan dan program studi tujuan (dibuka terbatas) kecuali ada kendala nonakademis seperti Perguruan Tinggi ditutup karena sesuatu dan harus diketahui Pengelola Beasiswa
  13. Beasiswa diberikan pada kategori jalur reguler, jalur afirmasi, dan jalur disabilitas. Ketentuan tambahan tentang jalur afirmasi akan disusun lebih lanjut sebagai persyaratan seleksi oleh Pengelola Beasiswa.
  14. Ketentuan batas usia mendaftar pada tgl 31 Desember di tahun pendaftaran yaitu maksimal berusia 22 tahun.
  15. Menulis rencana studi dalam bahasa Inggris.
  16. Tidak harus linier dengan lomba yang dimenangkan
  17. Dimungkinkan perpindahan dengan pembatasan persyaratan
  18. Melampirkan surat keterangan yang menyatakan jenis kekhususan dari Rumah sakit atau Dokter Spesialis (untuk Mahasiswa Difabel)
  19. Melampirkan surat persetujuan dari orang tua tanda tangan di atas materai 10.000 (untuk mahasiswa Difabel)
  20. Mengajukan surat permohonan pendamping jika Mahasiswa tidak bisa mandiri (untuk mahasiswa Difabel)

B. Beasiswa LPDP Pelaku Budaya Jenjang S1


Persyaratan umum Beasiswa LPDP Pelaku Budaya S1 adalah sebagai berikut.
  1. Warga Negara Indonesia
  2. Mendapatkan surat ijin dari atasan bagi yang sudah bekerja
  3. Memilih program studi/perguruan tinggi yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  4. Bersedia menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa pendaftar:
  • Setia kepada Negara Republik Indonesia dan UUD 1945.
  • Tidak pernah, sedang, atau akan mendukung atau terlibat dalam gerakan, organisasi, atau ideologi yang bertentangan dan/atau berpotensi mengganggu tegaknya ideologi Pancasila, Undang-Undang Dasar 45, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Mengabdi di Indonesia setelah selesai studi dan bersedia berkontribusi dalam kerangka Pemajuan Kebudayaan.
  • Mendahulukan kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia di atas kepentingan pribadi.
  • Tidak menggunakan media informasi dan media sosial untuk menyampaikan informasi yang belum terkonfirmasi kebenarannya yang berpotensi menimbulkan konflik di kalangan masyarakat.
  • Tidak pernah, sedang, atau akan terlibat dalam aktivitas/tindakan yang melanggar hukum dan norma sosial masyarakat Indonesia.
  • Berkomitmen melaksanakan ketentuan beasiswa Kemdikbud.
  • Tidak sedang menerima atau akan menerima beasiswa dari sumber lain selama menjadi penerima beasiswa Kemdikbud.
  • Dokumen dan data pendaftaran akurat dan sesuai aslinya.
  • Bersedia menerima sanksi hukum yang berlaku dan tidak dapat mendaftar pada seluruh layanan Kemdikbud apabila melakukan pemalsuan dokumen dan data pendaftaran.

Persyaratan Khusus Beasiswa LPDP Pelaku Budaya S1

  1. Ketentuan batas usia pendaftar per 31 Desember di tahun pendaftaran bagi Non-PNS untuk pendaftar jenjang pendidikan sarjana berusia paling tinggi 35 tahun. Sementara itu, bagi PNS, pendaftar jenjang pendidikan sarjana berusia paling tinggi 25 tahun
  2. Menulis esai dengan dengan topik sesuai bidang ilmu yang dipilih dan alasan memilih bidang tersebut (panjang esai 700 - 1000 kata).
  3. Surat Keterangan Sehat dari rumah sakit pemerintah
  4. Dokumen yang harus diunggah adalah sebagai berikut.
  • KTP
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Ijazah SMA/SMK sederajat
  • Esai
  • Surat Keterangan Sehat
  • Surat Pernyataan (lihat template-nya di sini)
  • Surat Izin Atasan (jika telah bekerja)


C. Beasiswa LPDP Calon Guru SMK D4/S1


Syarat Pendaftaran Beasiswa LPDP S1/D4 Guru SMK

Berbeda dari beasiswa LPDP Prestasi Talenta dan Pelaku Budaya yang mendaftar sebelum masuk kuliah, beasiswa LPDP Calon Guru SMK ini dapat dilakukan di tahun kuliah berjalan.

Artinya, mahasiswa yang sudah kuliah, minimal semester 1 dapat mengajukan untuk memperoleh beasiswa LPDP jenis ini.

Syarat-syarat beasiswa LPDP S1/D4 Calon Guru adalah sebagai berikut.
  1. Warga negara Indonesia
  2. Usia maksimal 28 tahun
  3. Tercatat sebagai mahasiswa perguruan tinggi yang ditunjukKemdikbud minimal semester 1 tahun akademik 2021/2022 dan sedang mengambil jurusan yang sesuai dengan mata pelajaran muatan produktif/kejuruan di SMK
  4. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,0, dibuktikan dengan transkrip nilai asli, salinan yang dilegalisir, atau nilai rapor (SMA/SMK/MA) tahun terakhir setiap mata pelajaran di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
  5. Tidak sedang berstatus menerima beasiswa dari Kemendikbud termasuk perguruan tinggi atau instansi lain
  6. Memiliki surat rekomendasi dari perguruan tinggi
  7. Surat keterangan sehat/bebas narkoba
  8. Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler dan tidak diperuntukkan untuk Kelas Eksekutif, Kelas Khusus, Kelas Karyawan, Kelas Jauh, kelas yang tidak diselenggarakan di perguruan tinggi induk, kelas internasional khusus tujuan dalam negeri, dan kelas yang diselenggarakan di lebih dari satu negara perguruan tinggi.
  9. Surat keterangan sehat/bebas narkoba
  10. Mengisi formulir pendaftaran
  11. Berkomitmen menyelesaikan studi sejak menerima beasiswa
  12. Memenuhi semua dokumen yang dibutuhkan untuk proses seleksi, meliputi:
  • Surat rekomendasi kepala program studi
  • Lulus seleksi administratif dan review yang dilakukan Dirjen Pendidikan Vokasi
  • Wajib mematuhi segala peraturan dan ketentuan yang berlaku

Baca juga artikel terkait BEASISWA LPDP 2022 atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Bisnis)

Penulis: Abdul Hadi
Penyelia: Yantina Debora
DarkLight