Surya Paloh Geram Ada Partai yang Sinis pada Pertemuan PKS & Nasdem

Oleh: Bayu Septianto - 8 November 2019
Bangsa ini, kata Paloh, sudah capek dengan intrik yang mengundang sinisme satu dengan yang lainnya.
tirto.id - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh gerah pertemuannya dengan elite PKS, Rabu (30/10/2019) lalu direspons dengan sinis. Menurutnya ada partai nasionalis yang mencurigai pertemuan itu.

"Kita berkunjung ke kawan, mengundang kecurigaan. Ini bangsa model apa seperti ini," kata Paloh dalam Kongres II Nasdem di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Paloh menegaskan, pertemuannya denga elite PKS itu hanya silaturahmi. Dia kecewa jika dimaknai macam-macam.

"Sedangkan kita menganut sistem demokrasi yang begitu liberal tapi pada kenyataan kita konservatif. Kita bilang mau maju tapi kita melangkah ke belakang," tuturnya.

Bangsa ini, kata Paloh, sudah capek dengan intrik yang mengundang sinisme satu dengan yang lainnya. Begitu juga dengan saling curiga. Semua tindakan buruk itu, menurut Paloh justru membuat kita semua mejauhi Pancasila.

"Sedangkan kita menganut sistem demokrasi yang begitu liberal tapi pada kenyataan kita konservatif," lanjutnya.

Dia lantas menyindir, tindakan buruk itu semua dilakukan oleh partai nasionalis yang berasaskan gotong-royong. Menurutnya partai itu menyebarkan sinisme dan propaganda kosong.

"Ngakunya partai nasionalis pancasilais, buktikan saja. Rakyat membutuhkan pembuktian rakyat mana yang paling mengamalkan nilai-nilai pancasilais. Rangkul teman. Sayang teman," terangnya.




Baca juga artikel terkait KONGRES NASDEM atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto & Haris Prabowo
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Dieqy Hasbi Widhana
DarkLight