Menuju konten utama
Contoh Soal PKn SMA

Soal Integrasi Nasional Kelas 10 Semester 2 Kurikulum Merdeka

Berikut contoh soal Integrasi Nasional kelas 10 semester 2 Kurikulum Merdeka beserta jawabannya.

Soal Integrasi Nasional Kelas 10 Semester 2 Kurikulum Merdeka
Ilustrasi siswa mengerjakan soal ujian. foto/Istockphoto

tirto.id - Contoh soal PKN soal Integrasi Nasional dapat digunakan sebagai bahan belajar siswa kelas 10 semester 2 sebelum menghadapi PTS atau Penilaian Tengah Semester. Guru juga bisa memanfaatkannya sebagai patokan sebelum membuat soal ujian.

Materi Pendidikan Kewarganegaraan jenjang SMA kelas 10 merujuk pada kurikulum baru yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sistem pendidikan baru tersebut disebut Kurikulum Merdeka

Merilis dari laman resmi Kemendikbud, Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang berbasis pada kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik.

Kurikulum ini lebih berpusat pada peserta didik. Dengan itu diharapkan pendidik dapat dengan leluasa menciptakan pembelajaran yang berkualitas.

Karakteristik Kurikulum Merdeka meliputi tiga hal: pengembangan soft skill dan karakter, fokus pada materi esensial, dan pembelajaran yang fleksibel.

Contoh Soal PKN Materi Integrasi Nasional dan Jawabannya

Berikut contoh soal PKN SMA kelas 10 semester 2 materi Integrasi Nasional beserta jawabannya.

Soal Nomor 1

1. Pembauran hingga menjadi kesatuan yang utuh atau bulat atau penyatuan berbagai kelompok budaya sosial ke dalam kesatuan wilayah dan pembentukan suatu identitas nasional disebut ....

A. integritas nasional

B. integritas vertikal

C. integritas kebudayaan

D. integritas wilayah

Jawaban: A

Soal Nomor 2

2. Pada dasarnya Integrasi nasional mengandung arti penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu identitas nasional. Hal tersebut merupakan konsep integrasi nasional secara …,

A. Politis

B. Yuridis

C. Sosiologis

D. Antropologis

Jawaban: A

Soal Nomor 3

3. Integrasi nasional pada hakikatnya adalah sebagai proses penyatuan suatu bangsa yang mencakup semua aspek kehidupannya, yaitu aspek sosial, politik, ekonomi, dan budaya. Berdasarkan hal tersebut integrasi nasional mengandung makna ….

A. upaya menyatukan suku bangsa, adat dan golongan

B. penggabungan 2 (dua) unsur kebudayaan atau lebih

C. keinginan bersatu sebagai hasrat bangsa yang merdeka

D. proses mempersatukan keberagaman bangsa Indonesia

Jawaban: D

Soal Nomor 4

4. Integrasi nasional adalah usaha dan proses mempersatukan perbedaan yang ada pada bangsa Indonesia yang menganut semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda, tetapi tetap satu jua, sehingga terciptanya keserasian dan keselarasan secara nasional. Agar kebhinekaan itu tidak menimbulkan disintegrasi bangsa maka diperlukan sikap dan perilaku yaitu ….

A. membanggakan kebudayaan bangsa Indonesia yang berbeda

B. menghargai perbedaan sebagai suatu rahmat dari Tuhan YME

C. mengagungkan bangsa dan negara dan merendahkan bangsa lain

D. membanggakan suku bangsa yang memiliki keanekaragaman budaya

Jawaban: B

Soal Nomor 5

5. Integrasi menunjuk pada proses penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial ke dalam satu kesatuan wilayah, dalam rangka pembentukan suatu identitas nasional. Integrasi biasanya mengandalkan adanya satu masyarakat yang secara etnis majemuk dan setiap kelompok masyarakat memiliki bahasa dan sifat-sifat kebudayaan yang berbeda. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh …

A. John Locke

B. Myron Weiner

C. Howard Wriggins

D. Nazaruddin Sjamsuddin

Jawaban: B

Soal Nomor 6

6. Pada dasarnya integrasi nasional ini sebagai proses penyatuan suatu bangsa yang mencakup semua aspek kehidupannya, yaitu aspek sosial, politik, ekonomi, dan budaya. Integrasi juga meliputi aspek vertikal dan horizonntal. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh …

A. John Locke

B. Myron Weiner

C. Howard Wriggins

D. Nazaruddin Sjamsuddin

Jawaban: D

Soal Nomor 7

7. Momentum yang merupakan konsensus nasional yang merupakan konsep integrasi bangsa Indonesia menjadi suatu bangsa yang resmi dan berdaulat adalah…

A. Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945

B. Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928

C. Penetapan Pancasila pada tanggal 17 Agustus 1945

D. Penetapan UUD NRI Tahun 1945 pada tanggal 17 Agustus 1945

Jawaban: B

Soal Nomor 8

8. Dibawah ini merupakan pernyataan yang menunjukan hubungan antara integrasi nasional dengan pelanggaran hak dan kewajiban …

A. Pelanggaran hak akan menyebabkan terjadinya disintegrasi sehingga orang yang haknya dilanggar kemungkinan tidak akan menjalankan haknya

B. Pelanggaran hak menyebabkan terjadinya disintegrasi sehingga orang yang haknya dilanggar kemungkinan tidak akan menjalankan kewajibannya

C. Pelanggaran hak orang akan menyebabkan terjadinya disintegrasi karena orang yang haknya dilanggar berarti tidak akan menjalankan kewajibannya

D. Pelanggaran kewajiban orang akan menyebabkan terjadinya disintegrasi sehingga orang yang kwajibannya dilanggar kemungkinan tidak akan menjalankan haknya

Jawaban: C

Soal Nomor 9

9. Dibawah ini yang bukan merupakan faktor pendukung tercapainya integrasi nasional adalah......

A. Adanya tekad serta keinginan untuk bersatu dikalangan bangsa Indonesia

B. Adanya rasa senasib dan seperjuangan yang diakibatkan oleh faktor sejarah

C. Adanya semangat persatuan dan kesatuan bangsa, bahasa dan tanah air Indonesia

D. Adanya ancaman dari luar yang menyebabkan munculnya semangat nasionalisme dikalangan bangsa Indonesia

Jawaban: C

Soal Nomor 10

10. Upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai integrasi nasional dapat dilakukan dengan cara …

A. menjaga keselarasan antarbudaya

B. menjaga keselarasan antar kelompok masyarakat tertentu

C. menjaga keserasian antara masyarakat dan pemerintah yang bekuasa

D. menjaga keserasian antar internal budaya dalam kelompok masyarakat tertentu

Jawaban: A

Baca juga artikel terkait EDUKASI DAN AGAMA atau tulisan lainnya dari Sulthoni

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Sulthoni
Penulis: Sulthoni
Editor: Fadli Nasrudin