SNMPTN 2020: Pengisian PDSS Ditutup Hari Ini Pukul 18.00 WIB

Oleh: Yantina Debora - 10 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jika sekolah tidak menyelesaikan Pemeringkatan, seluruh siswa tidak dapat mengikuti SNMPTN.
tirto.id - Pengisian data PDSS da Pemeringkatan oleh sekolah akan ditutup hari ini, Senin (10/2/2020) pukul 18.00 WIB menurut data dari laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

"Hari terakhir pengisian PDSS, sekolah dimohon segera melakukn finalisasi dan pemeringkatan dan pastikan sekolah Anda sudah menyelesaikan pengisian data," tulis LTMPT.

"Jika sekolah tidak menyelesaikan Pemeringkatan, seluruh siswa tidak dapat mengikuti SNMPTN."

Sebelumnya penutupan pengisian PDSS dilakukan pada 8 Februari 2020. Namun melalui Surat Edaran Tim Pelaksanan LTMPT nomor 06/SE.LTMPT/2020, LTMPT mengumumkan perpanjangan waktu pengisian PDSS dan Pemeringkatan hingga 10 Februari 2020 pukul 18.00 WIB.

Perpanjangan waktu tersebut lantaran masih banyak sekolah yang belum melakukan finalisasi pengisian PDSS dan pemeringkatan hingga 8 Februari.

Hingga hari ini pukul 05.30 WIB, jumlah sekolah yang mengisi data capai 17.446. Sekolah yang berhasil melakukan dinalisasi data sebanyak 15.594.

Sementara sekolah sudah melakukan pemeringkatan mencapai 14.795. Siswa yang diisikan datanya capai 2.023.280 orang.

Siswa punya akun LTMPT dan diisikan datanya baru mencapai 1.319.883 orang dan siswa yang memiliki akun LTMPT dan permanen akun diisikan datanya capai 1.215.174 orang.

Tahapan pengisian PDSS dimulai dengan login di https://pdss.snmptn.ac.id/. Proses Login hanya bisa dilakukan jika sekolah sudah terdaftar di PDSS.

Jika sekolah belum terdaftar di PDSS, maka sekolah tersebut harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Terdapat dua kategori sekolah yang belum terdaftar yaitu sekolah sudah terdaftar di PDSS, tapi sekolah belum pernah mengisi form pendaftaran dan sekolah belum terdaftar di PDSS.

Pendaftaran bisa dilakukan dengan mengisi NPSN di halaman Penaftaran Sekolah Baru. Sistem PDSS akan memeriksa NPSN tersebut dan informasi sekolah akan dimunculkan.

Jika NPSN tidak dikenal, atau jika sekolah belum memiliki NPSN, maka sekolah harus mendaftar secara manual dengan mengirimkan surat kepada LTMPT.

Setelah melakukan pendaftaran di PDSS, selanjutnya Login. Usai login, sekolah langsung diminta untuk melengkapi data sekolah.

Anda juga akan diminta untuk mengelola informasi sekolah jika ada perubahan, seperti identitas dan password sekolah.

Pendaftaran SNMPTN bakal digelar mulai 14 - 27 Februari 2020. Pengumumannya akan disampaikan pada 4 April 2020.


Baca juga artikel terkait SNMPTN 2020 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight