Sinopsis Film Taken, Kisah Penculikan Anak Mantan Agen CIA

Oleh: Abdul Hadi - 28 Juni 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis film Taken yang dibintangi Liam Neeson bercerita tentang mantan agen CIA yang berusaha menyelamatkan anaknya yang diculik.
tirto.id - Bioskop Trans TV malam ini, Senin (28/6/2021) akan menampilkan Taken (2008), seri pertama dari sekuel film Taken. Film ini bercerita tentang mantan agen Central Intelligence Agency (CIA).

Mantan agen CIA ini berjuang menyelamatkan putrinya yang diculik sindikat perdagangan manusia. Jika tidak ada perubahan jadwal, film Taken akan ditayangkan pada pukul 21.30 WIB di Trans TV.

Film berdurasi 93 menit ini disutradarai oleh Pierre Morel, serta penulis Luc Besson dan Robert Mark Kamen. Dilansir Box Office Mojo, total pendapatan Taken sebesar 371,8 juta dolar Amerika Serikat (AS). Sebanyak 226,8 juta dolar AS di antaranya berasal dari penayangan internasional.

Taken pertama kali rilis pada 27 Februari 2008 di Perancis, serta diperankan oleh bintang-bintang Hollywood papan atas, seperti Liam Neeson, Famke Janssen, Maggie Grace, Holly Valance, Katie Cassidy, dan lain sebagainya.

Dalam situs film IMDb, Taken memperoleh rating 7.8 dari 10. Sementara itu, skornya adalah 58 persen dari kritikus dan 89 persen dari audiens situs film Rotten Tomatoes.

Sinopsis Taken (2008)

Seorang anggota CIA, Bryan (Liam Neeson) yang sudah pensiun, ingin menghabiskan masa tua bersama putri semata wayangnya, Kim (Maggie Grace). Sayangnya, Kim tinggal bersama ibu dan ayah tirinya yang kaya, Stuart, serta tinggal berjauhan dari Bryan.

Suatu waktu, Kim bermaksud pergi ke Paris bersama kawan karibnya, Amanda (Katie Cassidy). Ia meminta izin pada Bryan agar diperbolehkan berangkat. Kendati Bryan sudah curiga dengan rencana itu, tetapi Lenore (Famke Janssen), mantan istri dan ibu Kim, membujuk Bryan agar menyetujui rencana Kim. Ditambah lagi, Amanda meyakinkan Bryan bahwa akan ada sepupu lelaki Amanda yang menjaga Kim dan Amanda.

Ketika mengantar Kim ke bandara, Bryan menjadi kecewa karena merasa sudah dibohongi. Kedua gadis itu ternyata mengikuti tur band rock, U2 keliling Eropa. Lenore pun sebenarnya tahu rencana Kim dan tidak memberitahu Bryan.

Sesampainya di bandara Paris, seorang pemuda, Peter menawari Kim dan Amanda untuk patungan ongkos taksi yang mahal. Rupanya, dalih berbagi ongkos taksi itu hanyalah strategi licik untuk mengetahui penginapan tempat Amanda dan Kim tinggal.

Beberapa waktu kemudian, Peter dan komplotannya kembali untuk menculik Kim dan Amanda. Selain itu, sepupu lelaki Amanda yang seharusnya menjaga mereka sebenarnya sedang ke luar negeri.

Kim dan Amanda diculik oleh komplotan Peter yang ternyata adalah bagian sindikat gelap yang menculik gadis-gadis untuk dijual dan diberi narkotika agar tidak bisa lepas dari mereka.

Ketika Kim diculik, ia sedang menelpon Bryan. Saat itulah, Bryan sempat bercakap-cakap dengan penculik agar melepaskan putrinya. Ketika negosisasi berjalan buntu, Bryan mengucapkan kata-kata terkenalnya: "Aku akan mencarimu, aku akan menemukanmu, dan aku akan membunuhmu!"

Sejak dirilis pertama kali pada 2008, Taken kembali hadir di layar kaca melalui Taken 2 (2012), Taken 3 (2014).


Baca juga artikel terkait TAKEN atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Film)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Yantina Debora
DarkLight