Liga Spanyol

Ronald Araujo-Ansu Fati: Kisah Kontras Debutan Barcelona Musim Ini

Oleh: Beni Jo - 7 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Performa buruk Araujo dalam pertandingan debut untuk Barcelona pada musim 2019/2020 kontras dengan Ansu Fati.
tirto.id - Duel Barcelona vs Sevilla yang berakhir dengan skor 4-0 di Stadion Camp Nou, Senin (7/10/2019), menjadi laga debut bagi Ronald Araujo untuk Blaugrana. Namun, hanya 13 menit tampil dari bangku cadangan, ia diberi kartu merah oleh wasit. Performa buruk Araujo dalam pertandingan perdana, kontras dengan Ansu Fati.

Dalam pertandingan tersebut, Ronald Araujo masuk menggantikan Jean-Clair Todibo pada menit ke-73. Berselang 13 menit, Araujo menjadi orang terakhir Barcelona ketika Javier Hernandez terbebas menuju gawang Marc Andre ter Stegen.

Gagal beradu bahu dengan Chicharito, dorongan sikut Araujo sukses membuat sang penyerang anyar Los Nervionenses terjatuh. Namun, aksi itu berbuah kartu merah langsung dari wasit Mateu Lahoz.

Araujo bukan satu-satunya pemain Barcelona yang diusir Lahoz dalam laga tersebut. Ousmane Dembele juga harus keluar lebih awal akibat protes yang berlebihan. Praktis, Blaugrana harus bermain dengan sembilan penggawa mulai menit ke-88, meski bisa mempertahankan keunggulan empat gol hingga peluit panjang berbunyi.

"Saya tidak tahu apa yang dia [Dembele] katakan. Namun saya pikir itu bukan kalimat yang terlalu panjang. Dengan dikeluarkannya Araujo pada laga debutnya, bagi saya ini tidak tampak buruk. Kemudian masalah Dembele itu masih misteri," beber Valverde.

Bagi Araujo, laga ini sebenarnya memang menjadi pertandingan debutnya bersama Barcelona di ajang resmi. Selama ini dia adalah bagian Barca B yang berlaga di Segunda Division B.

Menjelang musim 2019/2020, Ronald Araujo mpat dibawa oleh Valverde dalam tur ke Jepang. Penggawa asal Uruguay ini diturunkan dalam duel melawan Vissel Kobe.



Melansir laman Marca, Araujo didatangkan Barca tahun lalu dengan harga 1,7 juta euro dengan variabel tambahan senilai 5 juta Euro. Pemain 20 tahun langsung diikat lima tahun dengan klausul pemutusan kontrak senilai 100 juta euro.

Pada musim kompetisi 2019/2020 ini, bukan cuma Ronald Araujo yang diberi kesempatan oleh Ernesto Valverde untuk menjalani laga debut bersama Barca. Sebelumnya, ada nama Ansu Fati. Dia melakoni laga pertaman saat Blaugrana meladeni Real Betis di Camp Nou pada pekan kedua La Liga Spanyol 2019/2020, Minggu (25/8) yang berakhir 5-2. Saat itu, usianya masih tercatat 16 tahun, 9 bulan, dan 25 hari.

Ansu menjadi pemain termuda kedua yang dimiliki oleh Barca di Liga Spanyol. Rekor penggawa termuda pertama di La Liga masih dipegang oleh Vicente Martinez yang memiliki usia 16 tahun, 9 bulan, dan 7 hari.

Kontras dengan Ronaldo Araujo, debut Ansu Fati tergolong sukses. Araujo dinilai Whoscored hanya mendapatkan 5,17 dalam laga kontra Sevilla. Sebaliknya, Ansu diberi nilai 6,1 dalam laga perdana untuk Barca.

Selain itu, usai debut, Ansu Fati mulai mendapatkan kepercayaan Ernesto Valverde. Total dia sudah tampil 6 kali, mencetak 2 gol, dan mengirim satu assist. Nilai rata-rata sang penyerang adalah 6,74.

Kini, layak ditunggu, setelah kartu merah Araujo itu, apakah Valverde akan memberikannya kesempatan lagi, ataukah sang bek Uruguay butuh waktu yang panjang untuk laga kedua berseragam Blaugrana.

Baca juga artikel terkait LIGA SPANYOL atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight