Resep Soto Ayam untuk Buka Puasa dan Sahur

Oleh: Yonada Nancy - 28 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Soto ayam bsia menjadi pilihan menu buka puasa da juga sahur. Bahan untuk membuat soto ayam pun terbilang mudah didapatkan.
tirto.id - Bicara soal makanan berkuah, Indonesia memiliki soto sebagai salah satu variannya. Makanan ini sangat populer di Indonesia hingga tiap daerah memiliki ciri khas sotonya masing-masing.

Secara garis besar soto merupakan makanan yang berisi sup kaldu, daging, rempah-rempah, dan sayuran. Ada banyak jenis daging yang dapat digunakan untuk memasak soto, mulai dari ayam, sapi, hingga kerbau.

Awal mulanya berasal dari pedagang Cina yang datang ke Indonesia sejak abad ke-19 Masehi. Soto sendiri berasal dari salah satu jenis masakan Cina, yakni cau do, jao to, atau chau tu yang artinya jeroan dan rempah-rempah.

Soto pada kala itu dijajakan dengan gerobak dan dihidangkangkan dalam mangkuk keramik juga sendok bebek. Seiring berkembangnya zaman, soto berkembang menjadi kuliner yang populer.

Selain lezat, soto juga menjadi makanan yang bernutrisi karena mengandung protein dan rempah-rempah. Ketumbar dan bawang putih misalnya, kedua bumbu dapur ini memiliki antioksidan yang tinggi yang dipercaya mampu menangkal radikal bebas.

Soto juga cocok dijadikan sebagai hidangan berbuka puasa atau sahur yang menyegarkan. Cobalah membuat hidangan soto ayam sendiri di rumah dengan resep berikut.

Bahan

1 potong dada ayam rebus

1 1/2 liter air

Minyak untuk menggoreng dan menumis

2 tangkai serai, memarkan

4 cm jahe, memarkan

1 lembar daun salam

5 lembar daun jeruk purut

1 sendok teh kaldu ayam bubuk

1 dendok makaan bawang merah goreng untuk taburan

Haluskan

6 siun bawang putih

3 butir kemiri

1 sendok teh merica butir

garam secukupnya

Pelengkap

100 gram soun kering, seduh dengan air panas, tiriskan

250 gram kentang, rebus, kupas, potong dadu, lalu goreng

1 buah tomat yang dipotong-potong

3 sendok makan bawang goreng

2 buah jeruk nipis, potong-potong

1 batang daun bawang, iris halus

Cara membuat

    • Goreng ayam sampai kecoklatan, lalu suwir-suwir dagingnya. Sisihkan
    • Panaskan tiga sendok makan minyak, tumis bumbu halus beserta serai, jahe, daun salam, dan daun jeruk. Tuang kaldu rebusan ayam, masak dengan api kecil sampai mendidih. Angkat, taburi dengan bawang goreng
    • Tata soun, kentang, dan tomat di dalam mangkuk saji. Tambahkan ayam suwir, lalu taburi dengan daun bawang dan bawang goreng. Siram dengan kuah soto yang masih panas. Beri perasan jeruk nipis, lalu hidangkan selagi panas.


Baca juga artikel terkait RESEP SAHUR atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Hobi)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yantina Debora
DarkLight