Resep Rendang, Gurih, Empuk, dan Tanpa 'Prengus', Sajian Iduladha

Oleh: Sarah Rahma Agustin - 11 Agustus 2019
Resep rendang sapi patut dicoba untuk merayakan Idul Adha tahun ini.
tirto.id - Idul adha jatuh pada hari Minggu (10/08/2019). Selain menjadi momen berkumpul bersama keluarga, Idul Adha juga menjadi ajang mencoba berbagai menu kuliner. Menu apa yang patut dicoba hari ini?

Salah satu yang bisa dicoba adalah resep rendang yang lezat, empuk, dan tanpa bau alias apak untuk santap bersama keluarga di momen Idul Adha, sebagaimana dilansir dari situs kecap Bango.



Rendang

Bumbu dan Bahan
- 1 kilogram daging sapi potong-potong
- 1.5 liter santan kental
- 1 lembar daun kunyit
- 100 gram cabai merah halus
- 100 gram bawang merah dihaluskan
- 5 lembar daun jeruk
- 1 batang serai dimemarkan
- 4 siung bawang putih dihaluskan
- 1 potong jahe dimemarkan
- 1 potong lengkuas dimemarkan
- 50 ml kecap manis
- Garam

Cara Pembuatan:

1.Potongan daging sapi terlebih dahulu dimasukkan, kemudian memasukkan bumbu yang telah dicampur dan dihaluskan menjadi satu, siram dengan santan, serta masukkan serai, daun jeruk, dan kayu manis, lalu aduk dan diamkan selama dua setengah jam.

Kuah dan bumbu rendang akan berwarna keemasan, namun lama kelamaan kuah tersebut akan menjadi gelap dan meresap ke dalam potongan daging sapi lezat Anda.

2. Slow cooking, atau teknik memasak secara lambat dan perlahan. Daging sapi harus benar-benar matang sempurna dan empuk. Tunggu bumbu-bumbu yang dimasukkan hingga mengental dan menghitam secara alami.

3. Setelah matang, sajikan rendang . kini tiba saatnya Anda untuk menyantap kuliner lezat ini bersama keluarga, tetangga, teman, dan kerabat di Hari Raya Idul Adha.


Baca juga artikel terkait IDUL ADHA atau tulisan menarik lainnya Sarah Rahma Agustin
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Sarah Rahma Agustin
Penulis: Sarah Rahma Agustin
Editor: Agung DH
DarkLight