Prediksi Manchester City vs Tottenham: Misi Balas Dendam Tuan Rumah

Oleh: Permadi Suntama - 19 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Setelah disingkirkan Tottenham pada ajang Liga Champions, akhir pekan ini Manchester City kembali menghadapi lawan yang sama dalam duel lanjutan Liga Inggris. Balas dendam dengan kemenangan adalah misi yang wajib dipenuhi skuat asuhan Pep Guardiola.
tirto.id - Manchester City akan fokus pada perburuan gelar domestik, setelah laju mereka di Liga Champions dihentikan oleh Tottenham Hotspur pada perempat final. Anak asuh Pep Guardiola dijadwalkan menghadapi lawan yang sama di Stadion Etihad, dalam lanjutan pekan ke-35 Liga Inggris, Sabtu (20/4/2019).

Demi mengunci gelar liga, bagi City, balas dendam adalah misi yang wajib terpenuhi.

Dalam jumpa pers sebelum pertandingan, pelatih Pep Guardiola menyebut timnya harus segera bereaksi dan melupakan kegagalan mereka di Liga Champions. Juru taktik berkebangsaan Spanyol itu pun menyebut timnya akan lebih fokus dalam perburuan Liga Inggris.

“Kami harus bereaksi, waktu [istirahat sangat] dekat, [dan kami akan menghadapi] tim yang sama. Tapi, jangan berpikir terlalu banyak sekarang, [pemain harus] beristirahat sebanyak mungkin dan kami akan bersiap untuk pertandingan [melawan Spurs]," kata Pep Guardiola dikutip laman resmi klub.

Sementara calon lawannya, Tottenham Hotspur dalam kondisi sebaliknya. Anak asuh Mauricio Pochettino, yang berhasil melaju ke semifinal Liga Champions untuk pertama kalinya, sedang diliputi kegembiraan. Pochettino pun mengaku bersemangat jelang pertandingan kontra Manchester City, yang merupakan laga penting untuk menentukan posisi The Lily White di klasemen akhir.

"Kami harus terus berjalan. Kompetisi tidak menunggu Anda. Kami harus mulai memikirkan [pertandingan] hari Sabtu, permainan penting lainnya [melawan Manchester City]. Beberapa pemain menyelesaikan pertandingan [di Liga Champions] dengan mengalami masalah cedera dan sekarang kami membutuhkan starting eleven yang bagus," ujarnya.

Spurs dipastikan tidak diperkuat sejumlah pemain andalannya seperti Harry Kane, Eric Dier, dan Harry Winks dalam pertandingan kontra The Cityizens. Namun, hal tersebut tidak akan jadi masalah berarti. Terbukti, pemain-pemain tersebut juga absen saat Spurs melawan City di Liga Champions tengah pekan lalu, namun mereka berhasil mengimbangi permainan tuan rumah.

Prediksi Jalannya Pertandingan

Manchester City yang membutuhkan kemenangan untuk mengamankan posisi di puncak klasmen Liga Inggris, diprediksi akan menguasai jalannya pertandingan. Berdasarkan statistik dari Whoscored, tuan rumah adalah tim dengan rerata penguasaan bola tertinggi dengan 64% per laga, sementara Spurs membuat rerata 56% per laga.

Dalam hal menciptakan peluang, Raheem Sterling dan rekan-rekan juga lebih baik. Mereka membuat 18 tendangan per laga, dengan 14 persen di antaranya berhasil dikonversikan menjadi gol. Sementara kubu tamu membuat 14 tendangan per laga, dengan 13 persen di antaranya berhasil dikonversikan menjadi gol.

Dari statistik tersebut, Christian Eriksen dan rekan-rekan diprediksi akan lebih banyak melakukan serangan balik cepat untuk mengancam pertahanan tuan rumah, seperti yang mereka lakukan di Liga Champions. Dalam laga yang berakhir dengan skor 4-3 itu, Spurs tampil efektif dengan membuat 6 tendangan tepat sasaran dari 11 kali percobaan, dengan penguasaan bola hanya 37%.

Perkiraan Susunan Pemain

Manchester City (4-3-3): Ederson Moraes; Kyle Walker, John Stones, Aymeric Laporte, Fabian Delph; Kevin De Bruyne, Fernandinho, David Silva; Raheem Sterling, Gabriel Jesus, Leroy Sane.

Tottenham Hotspur (3-4-2-1): Hugo Lloris; Juan Foyth, Davinson Sanchez, Jan Vertonghen; Kyle Walker-Peters, Victor Wanyama, Christian Eriksen, Ben Davies; Lucas Moura, Son Heung-Min; Fernando Llorente.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Permadi Suntama
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan