Pesan Jokowi di Masa Kampanye 2024: Silakan Adu Gagasan & Ide

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 29 Nov 2023 12:11 WIB
Presiden Joko Widodo meminta para calon presiden untuk saling adu gagasan saat kampanye.
tirto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap masa kampanye Pemilu 2024 berjalan dengan damai dan aman. Hal itu disampaikan Jokowi di Hutan Kota JIEP kawasan industri Pulo Gadung, Jakarta Timur, Rabu (29/11/2023).

"Kita laksanakan pesta demokrasi ini dengan kita bersama-sama, berharap pesta demokrasi ini semuanya kita jalani dengan damai, aman, penuh dengan senyum, penuh dengan kegembiraan," kata Jokowi.

Jokowi juga meminta para calon presiden untuk saling adu gagasan. Tidak hanya itu, dia meminta kepada para capres agar tetap tersenyum dan gembira.

"Silahkan adu gagasan, adu ide tapi dengan tetap senyum dan gembira," tutur Jokowi.

Untuk diketahui, jadwal kampanye Pemilu 2024 akan digelar selama lebih kurang dua bulan setengah yaitu mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Masa kampanye Pemilu 2024 dilakukan ketika tahapan pencalonan presiden dan wakil presiden berakhir yang digelar pada 19 Oktober 2023 hingga 25 November 2023.

Selama masa kampanye berlangsung, peserta Pemilu wajib mengikuti sejumlah aturan dan larangan yang telah ditentukan.

Kampanye Pemilu diselenggarakan berdasarkan 11 prinsip sebagaimana tertuang dalam PKPU Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum, meliputi: jujur; adil; berkepastian hukum; tertib; kepentingan umum; terbuka; proporsional; profesional; akuntabel; efektif; dan efisien. Regulasi tersebut juga menjelaskan bahwa peserta Pemilu adalah Partai Politik untuk Pemilu anggota DPR, anggota DPRD provinsi, anggota DPRD kabupaten/kota, perseorangan untuk Pemilu anggota DPD, dan Pasangan Calon yang diusulkan oleh Partai Politik atau Gabungan Partai Politik untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.





Baca juga artikel terkait KAMPANYE PILPRES 2024 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight