Menuju konten utama

Penyebab Pengapian Motor Hilang dan Cara Mengatasinya

Jika pengapian motor hilang, kendaraan tidak akan bisa menyala dan digunakan. Oleh karena itu, penting untuk memahami penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab Pengapian Motor Hilang dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi pengapian motor. (FOTO/iStockphoto)

tirto.id - Penyebab motor hilang pengapian yang bermacam-macam perlu diketahui oleh pengendara agar tidak kebingungan saat kasusnya terjadi. Sebelum mengatasinya, pengecekan terhadap seluruh komponen pengapian dilakukan lebih dulu.

Mengutip laman Universal Technical Institute, sistem pengapian motor bertujuan untuk memunculkan percikan api tertentu. Percikan tersebut dipakai sebagai pemantik campuran udara dan bahan bakar di mesin kendaraan.

Percikan itu diklaim harus ada saat piston mendekati puncak langkah kompresi. Pengapian yang kerap disebut ignition system ini wajib tepat secara periodik atau waktu, sehingga piston turun ke dalam silinder dan menyalakan mesin.

Penyebab Pengapian Motor Hilang

Pernahkan motor atau mobil Anda mati mendadak di tengah jalan? Kasus tersebut berpotensi terjadi, salah satunya penyebabnya adalah sistem pengapian kendaraan yang kurang bagus maupun rusak.

Berikut ini beberapa permasalahan yang menyebabkan pengapian motor hilang.

1. Habisnya bensin

Secara umum kita tahu bahwa kendaraan apapun, termasuk motor, membutuhkan bensin sebagai bahan bakarnya. Kehabisan material cair tersebut dapat mengakibatkan fungsi mesin motor berhenti.

Berbicara mengenai keadaan itu, bahan bakar dibutuhkan dalam proses pembakaran yang memicu pengapian. Dikombinasi dengan udara, proses pembakaran terjadi di ruang bakar mesin yang menjadi penentu kinerja utama motor.

2. Rusaknya busi motor

Komponen sistem pengapian sepeda motor ini perlu mendapatkan perawatan intensif, mengingat fungsinya sebagai pemantik. Listrik ataupun api yang dikeluarkan busi sebagai part motor dipakai untuk menyalakan motor.

Lebih tepatnya untuk menyalakan mesin kendaraan, busi yang rusak berpotensi mengurangi daya tarikan ataupun menghilangkan pengapian. Namun masih ada beberapa orang yang menyiasatinya dengan penggunaan starter engkol.

3. Rusaknya kabel busi motor

Bukan hanya busi, kabel yang menyambungkan komponen busi dengan part pengalir listrik sebelumnya juga menjadi penyebab motor hilang pengapian. Kerusakan penghantar listrik ini berbagai macam, misal putus atau bocor.

4. Aki rusak

Istilah aki soak tentu tidak asing bagi orang-orang bengkel. Soak atau rusaknya aki merupakan kondisi ketika accu sudah tidak mampu menjalankan fungsinya sebagai komponen penyimpan dan pengalir daya.

5. Terputusnya sekring

Sekring pada dasarnya mempunyai fungsi utama sebagai komponen pengaman pengantaran listrik di sepeda motor. Anda bisa menemukan komponen tersebut di bagian bawah dekat mesin atau di bagian kepala.

Kasus rusak atau terputusnya sekring membuat sistem pengamanan aliran berjalan tak normal. Begitu pula pengapian motor hilang karena tidak mendapatkan listrik yang dibutuhkan.

6. Rusaknya kunci kontak atau dudukannya

Kunci kontak dan berbagai komponen penunjangnya menjadi poin penyebab yang penting lantaran berfungsi sebagai tombol “On/Off”. Adapun kerusakan pada kunci kontak menyebabkan motor tidak menyala.

Aki sendiri bekerja saat kondisi kontak “On”, sehingga Anda tetap bisa menyalakan lampu sein saat mesin motor mati. Begitu pula dengan pengapian, kerusakan kontak bisa menyebabkan percikan tidak muncul.

7. Capacitor discharge ignition (CDI) motor rusak

CDI motor berfungsi sebagai pengatur pengapian motor. Di dalam par ini terdapat sejumlah sub komponen lain untuk menunjang pekerjaan utamanya.

Misalnya coil, alat peningkat tegangan ke dalam angka tertentu di CDI yang nantinya dihantarkan ke arah busi. Seandainya bagian yang berbentuk lilitan kawat ini mengalami kerusakan, bisa memicu listrik tak terhantar.

8. Saklar otomatis rusak

Saklar otomatis kerap ditemukan di berbagai komponen motor, salah satunya mesin kendaraan. Pernahkah Anda menurunkan standar motor matic modern, kemudian starter tidak bisa menyalakan mesin?

Situasi ini muncul lantaran saklar otomatis tersebut berfungsi secara sempurna. Kerusakan pengatur ini bisa berpotensi menghilangkan pengapian motor, bahkan tidak bisa dinyalakan sama sekali.

9. Kerusakan engine cut off (ECO)

Istilah ini lebih dikenal sebagai “stop engine”, kontrol di mana motor bisa saja dihambat kelistrikannya dalam kondisi tertentu. Seandainya komponen ini rusak, listrik bisa saja mengalir terus atau benar-benar terhenti.

Kasus pengaliran daya yang terus-menerus menyebabkan aki cepat soak. Sementara kasus terhambatnya aliran mengakibatkan pengapian motor hilang.

Cara Mengatasi Pengapian Motor Hilang

Seperti penyakit, cara mengatasi pengapian motor hilang dapat dilakukan dengan mendeteksi terlebih dahulu penyebabnya. Berikut sejumlah tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah motor kehilangan pengapian.

1. Cek aki motor

Komponen sistem pengapian sepeda motor, misalnya aki, menjadi pengirim daya utama sebelum listrik diubah menjadi pemantik. Anda bisa mengecek kondisi aki terlebih dahulu, baik secara daya maupun fisiknya.

Kondisi aki yang rusak ditandai dengan sulitnya nyala motor di pagi hari. Oleh sebab itu, penggantian aki yang rusak ataupun soak bisa dilakukan sebagai solusinya.

2. Pengecekan soket

Soket ini merujuk pada bagian penghubung CDI dengan part lain di sistem pengapian sepeda motor. Adapun letaknya di antara CDI dan kabel penghantar listrik (dari arah aki) lain yang jumlahnya lebih dari satu.

Soket ini juga menjadi penghubung antara CDI sebelum listrik dihantarkan lagi ke arah mesin. Anda yang mengalami permasalahan ini bisa mengganti soket secara keseluruhan beserta kabel-kabelnya.

3. Cek kiprok

Dilansir EU Saint, kiprok mempunyai fungsi utama untuk mengatur jenis listrik AC atau DC. Kemudian berfungsi pula dalam pengaturan jumlah tegangan, di mana pengapian harus berjalan sesuai takaran dan waktu.

Kiprok ini bisa dicek melalui bengkel-bengkel resmi terdekat, apakah masih mempunyai kondisi mumpuni atau tidak. Jika komponen sudah harus diganti, usahakan untuk membeli produk-produk orisinilnya.

4. Perbaikan kontak ataupun kabelnya

Cara menghidupkan mesin motor dimulai dengan pengaktifan stop kontak ke kondisi “On”. Sekarang produk ini bisa dibeli melalui berbagai macam e-commerce maupun bengkel pinggir jalan.

Pastikan untuk menggunakan produk yang sesuai agar tidak terkendala dalam pemasangan. Adapun kabel penghubung kontak dengan komponen lainnya juga bisa diganti, jika kerusakannya muncul karena itu.

4. Penggantian CDI

CDI sebagai komponen pengatur pengapian merupakan barang paling krusial yang harus diperhatikan pengendara. Anda bisa mengganti part tersebut di bengkel resmi dan usahakan untuk memakai barang produsen serupa.

Mengingat tiap merek atau produsen punya barang yang khas untuk sepeda motor keluarannya, poin ini perlu diingatkan. Beberapa kasus rusaknya komponen lain bisa saja terjadi, seandainya daya pengaturan tegangan yang dibutuhkan tak sesuai.

Baca juga artikel terkait TIPS OTOMOTIF atau tulisan lainnya dari Yuda Prinada

tirto.id - Gearbox
Kontributor: Yuda Prinada
Penulis: Yuda Prinada
Editor: Fadli Nasrudin