Pelatih Timnas Indonesia U19 Gong Oh-kyun Positif COVID-19

Oleh: Iswara N Raditya - 4 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
PSSI membenarkan bahwa Gong Oh-kyun, asisten pelatih Timnas Indonesia senior dan juru taktik Timnas U19, positif virus Corona COVID-19.
tirto.id - Gong Oh-kyun, asisten pelatih Timnas Indonesia senior sekaligus juru taktik Timnas U19, dinyatakan positif terjangkit virus Corona COVID-19. Informasi ini dibenarkan oleh Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan alias Iwan Bule.

Tangan kanan pelatih kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong asal Korea Selatan itu telah menjalani dua kali tes cepat (rapid test) di salah satu rumah sakit di Jakarta hingga kemudian dipastikan positif terkena COVID-19.

“Kami mendoakan pelatih Gong Oh-Kyun cepat pulih dan dapat kembali beraktivitas,” kata Mochammad Iriawan dikutip dari website resmi PSSI, Sabtu (4/4/2020).

“Saya yakin dia kuat dan tetap termotivasi melawan virus Corona. Kami sudah memberitahukan hal ini kepada pihak Kedutaan Besar Korea Selatan di Indonesia,” tambahnya.

Syarif Alwi selaku dokter Timnas Indonesia menjelaskan, Gong Oh-Kyun tidak merasakan gejala sebelum dinyatakan positif COVID-19. Pelatih yang turut mendampingi tim nasional Korea Selatan di Piala Dunia U20 2019 itu punya daya tahan tubuh yang kuat.

“Dia [Gong Oh-kyun] hanya pembawa virus di tubuhnya yang dikhawatirkan dapat menularkan kepada seseorang dengan imun yang lemah,” ungkap Syarif Alwi.

Ditambahkan oleh Syarif Alwi, Gong Oh-kyun sudah melakukan pemeriksaan swab, PCR, pemindaian (CT Scan) toraks, fungsi hati serta elektrolit, pada Sabtu (4/4/2020), dan dalam kondisi yang baik-baik saja.


Sedangkan Shin Tae-yong dan tiga asistennya yang lain yakni Kim Hae-Woon, Kim Woo-Jae, dan Lee Jae-Hong dinyatakan negatif dalam dua kali tes cepat.

PSSI mengonfirmasi bahwa ketiga pelatih itu sudah diterbangkan ke Korea Selatan pada Jumat (3/4/2020) malam. Sedangkan Gong Oh-kyun tetap di Indonesia untuk menjalani perawatan.

Kepada jajaran pelatih lainnya, pemain, serta karyawan PSSI diminta untuk mematuhi aturan kewaspadaan pencegahan COVID-19 bagi kegiatan keolahragaan yang dikeluarkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada 17 Maret 2020.

Sejak 16 Maret 2020, seluruh karyawan PSSI sudah tidak beraktivitas di kantor lagi alias bekerja dari rumah (work from home).

Baca juga artikel terkait GONG OH-KYUN atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight