Menuju konten utama

Paper.id Bidik Pengguna di 10 Kota di Luar Pulau Jawa pada 2025

Paper.id menyediakan solusi yang membantu pelaku usaha mengotomatisasi proses bisnis mereka, seperti e-invoicing, serta pencatatan transaksi real-time.

Paper.id Bidik Pengguna di 10 Kota di Luar Pulau Jawa pada 2025
Yosia Sugialam, CEO dan Co-founder Paper.id dalam Media Iftar Paper.Id di Amanaia Menteng, Jakarta, Rabu (12/3/2025). tirto.id/Nabila Ramadhanty Putri Darmadi.

tirto.id - Kampanye #SolusiPebisnisCerdas hadir untuk mendorong UMKM beradaptasi dengan digitalisasi dan mengelola bisnis lebih cerdas. Paper.id menyediakan solusi yang membantu pelaku usaha mengotomatisasi proses bisnis mereka, termasuk e-invoicing, pembayaran digital, serta pencatatan transaksi real-time.

Salah satu langkah yang bisa diterapkan adalah dengan memanfaatkan invoice otomatis dan pembayaran digital fleksibel untuk memastikan arus kas tetap lancar.

Dalam hal ini, Paper.id menyediakan solusi yang memungkinkan pebisnis untuk mengirim invoice digital secara instan dan menerima pembayaran lebih cepat, tanpa risiko rekonsiliasi manual.

Yosia Sugialam, CEO dan Co-founder Paper.id, menyatakan ingin menargetkan agar Paper.id dapat dikenal juga di daerah-daerah. Hal ini mengingat sudah banyak pemilik-pemilik usaha besar yang juga berada di daerah. Namun, dia mengatakan untuk tahun ini, Paper.id berfokus membidik kota tier 2 terlebih dahulu.

“Salah satunya mungkin kalau misalnya Surabaya tier 1-nya ya Malang gitu ya. Sekitarnya bisa jadi,” ujar Yosia saat ditemui di Amanaia Menteng, Jakarta, Rabu (13/3/2025).

Namun, dia belum merinci secara spesifik pastinya berapa kota yang akan ditarget. Tetapi, diprakirakan pada pertengahan 2025 ini pihaknya membidik 5 hingga 10 kota di daerah luar Pulau Jawa.

“Kita sih simplistic aja. Tengah tahun ini mungkin mikirin kayak another 5-10 kota gitu ya, yang kita target among them ya. Maksudnya misalnya kayak Malang, kayak Bali juga di Denpasar dan sebagainya,” katanya

Lebih lanjut, saat ini lebih dari 600 ribu pemilik usaha telah menggunakan Paper.id untuk meningkatkan efisiensi operasional, memperbesar peluang untuk mengembangkan usaha dan siap menghadapi tantangan bisnis di era digital.

Pencatatan transaksi ini tidak hanya mampu meningkatkan efisiensi, tetapi juga membuka akses pembiayaan lebih luas. Dengan solusi kartu kredit Paper.id, pelaku usaha dapat memperpanjang tempo pembayaran hingga 60 hari, mengoptimalkan modal kerja, dan meningkatkan fleksibilitas keuangan.

Salah satu contoh nyata penerapan #SolusiPebisnisCerdas adalah PT Chakra Mandiri Kreasi, perusahaan yang bergerak di bidang solusi kolaborasi dan instalasi produk audio visual serta security system.

PT Chakra Mandiri Kreasi memanfaatkan Paper.id, khususnya fitur Bulk Payment, untuk mengoptimalkan proses pembayaran ke berbagai vendor dalam satu transaksi. Dengan solusi ini, administrasi keuangan yang sebelumnya memakan waktu kini dapat dilakukan lebih cepat dan transparan, memungkinkan perusahaan untuk lebih fokus pada pengembangan layanan dan proyek-proyek klien.

“Dengan Paper.id, kami tidak hanya menyederhanakan administrasi keuangan, tetapi juga meningkatkan efisiensi bisnis secara keseluruhan. Semua transaksi terdokumentasi dengan baik, sehingga kami lebih leluasa dalam mengelola anggaran dan mengambil keputusan strategis," ujar Aurel selaku perwakilan dari PT Chakra Mandiri Kreasi dalam kesempatan yang sama.

Chief Business Officer Paper.id, Anthony Huang menyatakan pihaknya ingin pelaku usaha terutama UMKM menyadari bahwa mengelola keuangan bisnis tidak harus melalui cara yang rumit.

“Dengan Paper.id, proses menerbitkan invoice bermaterai, menerima maupun melakukan pembayaran bisa dilakukan lebih cepat, transparan dan dapat membantu mereka untuk memiliki kesempatan akses pembiayaan bisnis untuk menjamin pertumbuhan bisnis,” tambah Anthony.

Baca juga artikel terkait UMKM atau tulisan lainnya dari Nabila Ramadhanty

tirto.id - Ekonomi
Reporter: Nabila Ramadhanty
Penulis: Nabila Ramadhanty
Editor: Bayu Septianto