Mengenal Penyebab Penyakit Lyme yang Diderita Justin Bieber

Oleh: Versatile Holiday Lado - 10 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Gejala yang terjadi jika terkena penyakit lyme di antaranya demam, sakit kepala, kelelahan, dan ruam kulit yang khas yang disebut erythema migrans.
tirto.id - Penyanyi asal Canada, Justin Bieber mengonfirmasi bahwa dirinya didiagnosa terkena penyakit Lyme serta mono kronis. Kedua penyakit tersebut mengharuskan dirinya menghabiskan sebagian besar 2019 untuk mengatasi penyakit tersebut.

Dalam salah satu postingan di akun Instagram pribadinya (@justinbieber), ia menuliskan, “Aku belum lama ini didiagnosa terkena penyakit Lyme. Bukan hanya itu, tapi juga terkena kasus serius mono kronis yang mengganggu kulit, fungsi otak, energi dan kesehatanku secara keseluruhan”.
Apa itu penyakit lyme?

Penyakit lyme adalah penyakit yang ditularkan melalui vektor yang paling umum di Amerika Serikat. Penyakit lyme disebabkan oleh bakteri Borrelia burgdorferi dan jarang, Borrelia mayonii. Ini ditularkan ke manusia melalui gigitan kutu yang terinfeksi blacklegged.

Gejala penyakit lyme

Gejala yang terjadi jika terkena penyakit lyme di antaranya demam, sakit kepala, kelelahan, dan ruam kulit yang khas yang disebut erythema migrans.

Jika tidak diobati, infeksi dapat menyebar ke persendian, jantung, dan sistem saraf. Penyakit lyme didiagnosis berdasarkan gejala, temuan fisik (misal ruam), dan kemungkinan paparan kutu yang terinfeksi.

Faktor risiko paling umum untuk penyakit lyme meliputi:

1. Menghabiskan waktu di daerah berhutan atau berumput.

Di Amerika Serikat, kutu banyak ditemukan di daerah berhutan lebat di Timur Laut dan Midwest. Anak-anak yang menghabiskan banyak waktu di luar rumah di wilayah ini sangat beresiko. Orang dewasa dengan pekerjaan di luar ruangan juga berisiko lebih tinggi.


2. Kutu mudah menempel pada daging.

Jika Anda berada di daerah di mana kutu biasa terjadi, lindungi diri Anda dan anak-anak Anda dengan mengenakan baju lengan panjang dan celana panjang. Jangan biarkan hewan peliharaan Anda berkeliaran di gulma dan rumput tinggi.

Bakteri dari gigitan kutu dapat memasuki aliran darah Anda jika kutu tetap melekat pada kulit Anda selama 36 hingga 48 jam atau lebih. Maka perlu pengenalan dan penanganan yang tepat.

Pengobatan untuk penyakit lyme

Pengobatan dapat dilakukan dengan antibiotik yang sesuai pada tahap awal penyakit lyme. Biasanya akan cepat pulih secara sepenuhnya. Orang dengan penyakit neurologis atau jantung tertentu mungkin memerlukan perawatan intravena dengan antibiotik.

Pengujian laboratorium juga dapat dilakukan dan akan bermanfaat jika digunakan dengan benar dan dilakukan dengan metode yang divalidasi. Langkah-langkah untuk mencegah penyakit lyme termasuk menggunakan obat nyamuk, menghilangkan kutu segera, mengoleskan pestisida, dan mengurangi habitat kutu.

Kutu yang menularkan penyakit lyme kadang-kadang dapat menularkan penyakit tickborne lainnya.


Baca juga artikel terkait JUSTIN BIEBER atau tulisan menarik lainnya Versatile Holiday Lado
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Versatile Holiday Lado
Penulis: Versatile Holiday Lado
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight