Marco Asensio Jadi Kunci Kemenangan Real Madrid Atas PSG

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 15 Februari 2018
Dibaca Normal 1 menit
Masuk pada menit ke-79, Asensio langsung menjadi kreator serangan El Real dan melepaskan umpan kunci untuk lahirnya dua gol yang memastikan kemenangan tuan rumah.
tirto.id - Real Madrid berhasil menjawab keraguan para penggemarnya lantaran performa tak konsisten sejak awal musim. Meski masih sulit menyaingi Barcelona di Liga Spanyol, El Real tetap perkasa di level Eropa. Hal itu mereka buktikan dengan kemenangan menjanjikan atas raksasa Perancis, PSG pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions Kamis (15/2/2018) dini hari tadi.

Tampil di hadapan pendukungnya yang memadati Stadion Santiago Bernabeu, skuat asuhan Zinedine Zidane mengakhiri laga dengan skor 3-1. Pujian patut dialamatkan kepada Cristiano Ronaldo yang mencetak dua gol di laga tersebut. Meski demikian, ada satu nama lain yang menjadi kunci lahirnya dua gol kemenangan Real Madrid.

Nama tersebut adalah Marco Asensio. Baru masuk ke lapangan sebagai pemain pengganti di menit ke-79 kala kedudukan masih imbang 1-1, ia langsung menjadi kreator serangan Real Madrid selama 10 menit terakhir pertandingan. Empat menit setelah masuk ke lapangan, Asensio mengirimkan umpan silang dari sayap kanan yang menjadi pembuka ruang bagi Ronaldo untuk mencetak gol keduanya sekaligus mengubah skor menjadi 2-1.

Empat menit jelang waktu normal berakhir, Asensio kembali menjadi pemain kunci di balik terciptanya gol ketiga tuan rumah. Lagi-lagi sebuah umpan siang yang ia kirimkan dari sayap kiri berujung gol. Giliran Marcelo yang mengonversi bola kiriman pemain asal Spanyol itu.

Apresiasi pun diungkapkan pelatih Zinedine Zidane. Pada sesi konferensi pers sesudah pertandingan, pelatih asal Prancis itu mengakui bahwa keputusannya memasukkan Asensio, bersama Gareth Bale dan Lucas Vazquez pada babak kedua merupakan faktor penting yang turut memastikan kemenangan timnya.

"Pada akhirnya kami mengganti sistem karena PSG tak bisa bermain menekan hingga akhir laga. Kami bermain memanfaatkan lebar lapangan dengan Lucas [Vazquez], Asensio, dan Gareth [Bale] sebagai ujung, dan segalanya berjalan lancar," ungkap Zidane seperti dikutip situs resmi Real Madrid.

Bagi Asensio sendiri, hasil laga melawan PSG terasa lebih spesial karena sekaligus merupakan kemenangan ke-50 selama eks punggawa Mallorca itu berseragam El Real. Dari 50 kemenangan Asensio tersebut, 29 terjadi di Liga Spanyol, 10 di Liga Champions, enam di Copa Del Rey, dua di Piala Super Spanyol, dua di Piala Super Eropa, dan satu di Piala Dunia Antarklub.

Baca juga artikel terkait SEPAKBOLA EROPA atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Yuliana Ratnasari
a