Legenda Dinasti Politik Kennedy

Oleh: Petrik Matanasi - 16 Juni 2016
Dibaca Normal 1 menit
Politik dinasti tak hanya ada di Indonesia. Di Amerika Serikat, ada Dinasti keluarga Kennedy yang begitu melegenda. Bedanya, mereka menapaki jalur politik dengan kompetensi.
tirto.id - Keluarga Kennedy merupakan salah satu keluarga politik paling melegenda di negeri Paman Sam. Situs Time bahkan menasbihkan dinasti Kennedy sebagai politik dinasti paling termasyhur di AS. John Fitzgerald Kennedy (JFK) merupakan bintang di keluarga ini.

Saat ini, Joseph P Kennedy III, 35 tahun, merupakan penerus trah Kennedy di dunia perpolitikan Amerika Serikat. Cucu dari Robert F Kennedy, calon presiden yang tewas dibunuh pada tahun 1968 itu, menjabat anggota Kongres AS dari Massachusetts sejak 2013.

Joseph P Kennedy III tak lain putra Joseph P Kennedy II yang merupakan mantan anggota House of Representatives dari distrik Massachusetts untuk periode 1987 hingga 1999. Dia menguasai Bahasa Spanyol dengan fasih, serta menyelesaikan pendidikan dari Stanford University dan Harvard Law School. Pendidikan di Harvard University sudah menjadi tradisi bagi keluarga Kennedy.

Memang, anggota politik dinasti keluarga Kennedy paling terkenal adalah JFK yang menjadi Presiden AS ke-35, sejak dilantik pada 20 Januari 1961. Ironinya, mantan senator Massachusetts periode 1953-1960 itu harus mengakhiri karier politiknya setelah tewas ditembak pada 22 November 1963.

Saat menjabat presiden, JFK mengangkat adiknya, Robert Kennedy, sebagai jaksa agung dan sekaligus penasihat presiden di pemerintahannya. Setelah kematian JFK, Robert pun tampil mengikuti jejak kakaknya untuk masuk ke Gedung Putih. Dia terpilih menjadi Senator New York pada tahun 1964.

Nasibnya tak kalah tragis dari JFK. Robert juga tewas ditembak sesaat setelah pidato kemenangannya pada pemilihan kepresidenan 1968 di depan Hotel Ambassador Los Angeles, California, di usia yang baru menginjak 42 tahun.

Selain JFK dan Robert, si bungsu Edward Moore Kennedy juga menjadi Senator Massachusetts sejak 1962. Berbeda dengan dua kakaknya yang dibunuh karena politik, Edward meninggal di tahun 2009 karena kanker yang menggerogoti tubuhnya.



Keluarga Miliarder

Dinasti Kennedy terlahir dari keturunan Joseph P Kennedy dan Rose Elizabeth Fitzgerald, pasangan Amerika-Irlandia. Joseph merupakan miliarder yang pernah menjadi Duta Besar AS untuk Inggris. Sedangkan Rose merupakan putri dari John F Fitzgerald, Wali Kota Boston. Mereka tercatat memiliki sembilan anak, 29 cucu, dan 54 cicit.

Kekayaan keluarga yang melimpah menjadi salah satu faktor yang meringankan langkah JFK saat bertarung menuju kursi presiden. Kekayaan keluarga Kennedy saat itu ditaksir sekitar $300 juta hingga $500 juta.

Setelah JFK, Robert, dan Edward, perjalanan politik dinasti Kennedy memang seolah redup. Untunglah masih ada anak Robert, Joseph P Kennedy II. Juga anak Edward, Patrick Kennedy.

Sebenarnya masih ada Caroline Kennedy, yang merupakan putri JFK, yang digadang-gadang bakal melanjutkan tradisi politik keluarga. Sayang, Caroline justru mundur dari pencalonan kursi senat New York yang ditinggalkan Hillary Clinton.
Kini, Joseph P Kennedy III sedang ditunggu kiprah politik selanjutnya. Akankah karier politiknya bakal semoncer tiga bersaudara kakeknya?

Baca juga artikel terkait DINASTI POLITIK atau tulisan menarik lainnya Petrik Matanasi
(tirto.id - Politik)

Reporter: Petrik Matanasi
Penulis: Petrik Matanasi
Editor: Kukuh Bhimo Nugroho
Artikel Lanjutan