Ledakan Dekat Bus Tim Borrusia Dortmund Jelang Laga Champion

Oleh: Maya Saputri - 12 April 2017
Dibaca Normal 1 menit
Satu orang terluka dalam ledakan yang terjadi di dekat bus tim Borussia Dortmund yang sedang mengarah menuju stadion Signal Iduna Park menjelang laga leg pertama perempatfinal Liga Champions melawan AS Monaco, Selasa (11/4/2017) malam waktu Jerman.
tirto.id - Satu orang terluka dalam ledakan yang terjadi di dekat bus tim Borussia Dortmund yang sedang mengarah menuju stadion Signal Iduna Park menjelang laga leg pertama perempatfinal Liga Champions melawan AS Monaco, Selasa (11/4/2017) malam waktu Jerman.

Dortmund awalnya mengatakan dalam cuitan di akun resmi mereka bahwa "insiden" itu terjadi saat bus berangkat ke Westfalenstadion, kemudian mereka mengonfirmasi telah terjadi ledakan.

Pengumuman yang dibuat di stadion mengatakan satu orang korban luka telah dibawa ke rumah sakit. Polisi setempat mengatakan mereka berada di tempat kejadian setelah ledakan yang menghancurkan kaca jendela bus.

"Ini belum memungkinkan untuk mengatakan dengan tepat apa ledakan itu, atau di mana sesuatu telah meledak," demikian pernyataan polisi dilansir dari ESPN, Selasa.

Televisi UEFA mengatakan pertandingan itu akan ditunda, namun Dortmund mengatakan keputusan untuk memulai atau menunda permainan akan dilakukan pada pukul 20.30 waktu Jerman atau 2.30 WIB.

Pedro Pinto, kepala komunikasi UEFA mengatakan: "UEFA sedang memantau situasi mengenai insiden yang terjadi malam ini di Dortmund, berita lebih lanjut akan segera datang".

Fans sudah mulai memasuki stadion, dan pengumuman di stadion mengatakan situasi aman dan "tidak ada alasan untuk panik.

Kesaksian Kiper Dortmund Saat Terjadi Ledakan


Kiper Dortmund, Roman Burki, yang duduk bersama Marc Bartra di barisan belakang kursi pelatih, mengatakan kepada wartawan para pemain "terkena pecahan" akibat ledakan yang terjadi di dekat bus yang mereka tumpangi.

Bek Dortmund, Marc Bartra, dibawa ke rumah sakit karena pergelangan tangan kanan patah setelah terjadi tiga ledakan yang membuat jendela belakang bus yang mengangkut pemain kesebelasan Dortmund itu rusak, seperti diberitakan Antara.

"Bus berubah arah ke jalan utama ketika ada ledakan besar, benar-benar ledakan," kata Roman Burki kepada stasiun televisi Sky.

"Saya sedang duduk di barisan belakang di sebelah Marc Bartra, kena pecahan ... setelah ledakan, kami semua merunduk," lanjut Burki.

Burki mengatakan Bartra terkena pecahan kaca dari jendela bagian belakang bus yang pecah setelah ledakan.

Dia mengatakan para pemain kemudian merunduk untuk berlindung, bertanya-tanya apakah akan terjadi lebih banyak ledakan dan berharap polisi berada di tempat kejadian dengan segera.

"Kami semua terkejut. Tidak ada yang memikirkan pertandingan sepak bola di menit-menit setelah kejadian itu," kata Burki kepada Blick.

Akibat kejadian itu, pertandingan perempatfinal Liga Champions antara Borussia Dortmund dengan AS Monaco pun terpaksa ditunda hingga Rabu waktu Jerman atau Kamis dini hari waktu Indonesia.

Baca juga artikel terkait LIGA CHAMPIONS atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Maya Saputri
Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri