Menuju konten utama

Latihan Soal Olimpiade OSN IPA SD 2024 Tingkat Sekolah & Jawaban

Latihan soal OSN IPA SD dapat digunakan sebagai bahan belajar oleh siswa SD yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional 2024. Berikut contoh soal dan jawaban.

Latihan Soal Olimpiade OSN IPA SD 2024 Tingkat Sekolah & Jawaban
OSN SD MI. foto/BPTI

tirto.id - Latihan soal OSN IPA SD dapat digunakan sebagai bahan belajar oleh siswa SD yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional 2024. Tak hanya contoh soal, ketahui pula kisi-kisi materi IPA secara lengkap agar peserta OSN 2024 bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi.

OSN SD 2024 merupakan Olimpiade Sains Nasional yang khusus digelar bagi siswa SD/MI/sederajat di Indonesia. OSN merupakan ajang talenta yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) untuk memberikan kesempatan bagi siswa SD menunjukkan potensinya di bidang sains.

Pendaftaran OSN SD tahun ini telah dibuka pada 22 Januari dan berakhir pada 3 Maret 2024. Peserta bisa memilih salah satu dari dua bidang atau mata pelajaran yang dilombakan, yaitu matematika atau IPA.

OSN memiliki beberapa tahapan seleksi yang dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat sekolah (OSN-S), tingkat kabupaten/kota (OSN-K), hingga tingkat provinsi (OSN-P). Siswa terbaik yang lolos hingga tingkat provinsi berhak mengikuti ajang OSN tingkat nasional yang diselenggarakan pada 5-11 Agustus 2024.

Kisi-Kisi Soal Olimpiade OSN IPA SD Tahun 2024

Berikut materi dan kisi-kisi soal untuk Olimpiade OSN IPA SD 2024:

1. Keterampilan dan Metode Ilmiah

Lingkup materi: Memahami proses dalam melakukan kegiatan dan alur berpikir ilmiah

Kompetensi:

a. Kompetensi Inti 3 Kelas IV

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain

b. Kompetensi Inti 3 Kelas V

Kompetensi Inti 3 Kelas V Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, bertanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain

c. Kompetensi Inti 3 Kelas VI

Kompetensi Inti 3 Kelas VI Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, bertanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain

2. Keanekaragaman hayati dan pengklasifikasian makhluk hidup

Lingkup Materi:

  • Keanekaragaman hayati, distribusi makhluk hidup, dan biodiversitas Indonesia
  • Dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup
  • Klasifikasi makhluk hidup berdasarkan sistem lima kingdom
Kompetensi Dasar kelas IV:

Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya

3. Proses dan mekanisme yang terjadi pada makhluk hidup

Lingkup materi:

  • Anatomi dan fisiologi pada sel dan jaringan
  • Anatomi dan fisiologi pada hewan dan manusia
  • Anatomi dan fisiologi pada tumbuhan
  • Metabolisme pada makhluk hidup (pertumbuhan dan perkembangan, fotosintesis, respirasi, serta prose fermentasi mikroorganisme)
Kompetensi Dasar Kelas IV:

  • Menganalisis hubungan antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan
  • Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
  • Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indra pendengaran
  • Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indra penglihatan
Kompetensi Dasar Kelas V:

  • Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia
  • Menjelaskan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara kesehatan organ pernapasan manusia
  • Menjelaskan organ pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ pencernaan manusia
  • Menjelaskan organ peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan organ peredaran darah manusia
Kompetensi Dasar Kelas VI:

  • Membandingkan cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
  • Menghubungkan ciri pubertas pada laki-laki dan perempuan dengan kesehatan reproduksi
  • Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan

4. Ekologi, lingkungan, dan pelestarian sumber daya alam

Lingkup materi:

  • Populasi, komunitas, dan ekosistem
  • Interaksi organisme, dan jejaring makanan
  • Adaptasi makhluk hidup
  • Siklus materi, polusi, dan lingkungan
  • Pelestarian sumber daya alam hayati
Kompetensi Dasar Kelas IV:

  • Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya
  • Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
Kompetensi Dasar Kelas V:

  • Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar
  • Menganalisis siklus air dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan makhluk hidup

5. Isu kesehatan lingkungan, dan teknologi

Lingkup materi:

  • Bioteknologi
  • Isu kesehatan dan lingkungan
  • Aplikasi sains dan teknologi untuk pengelolaan lingkungan
Kompetensi Dasar Kelas IV:

  • Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya
  • Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya

6. Mekanika

  • Lingkup materi:
  • Gerak Benda
  • Gaya
  • Momentum
  • Energi kinetik dan potensial
  • Tekanan
  • Gravitasi
Kompetensi Dasar Kelas IV:

  • Mengidentifikasi macam- macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan
  • Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

7. Wujud benda

Lingkup materi:

  • Sifat dan kegunaan benda padat
  • Sifat dan kegunaan benda cair
  • Sifat dan kegunaan gas
Kompetensi Dasar Kelas V:

  • Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
  • Mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran).

8. Listrik dan Magnet

  • Lingkup materi:
  • Listrik Statis
  • Listrik Dinamis
  • Sifat Magnet
  • Induksi Elektromagnetik
  • Aplikasi Listrik dan Magnet
Kompetensi Dasar Kelas IV:

  • Mengidentifikasi macam-macam gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan
  • Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar Kelas VI:

  • Mengidentifikasi komponen- komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana
  • Mengidentifikasi sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari
  • Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik

9. Gelombang dan optik

Lingkup materi:

  • Osilasi harmonik
  • Gelombang mekanik (tali, bunyi)
  • Gelombang elektromagnetik (cahaya)
  • Sifat-sifat gelombang
  • Alat optik (cermin, lensa dan aplikasinya)
Kompetensi Dasar Kelas IV:

  • Menerapkan sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indra pendengaran
  • Menerapkan sifat-sifat cahaya dan keterkaitannya dengan indra penglihatan

10. Suhu dan kalor

Lingkup materi:

  • Skala Suhu
  • Termometer
  • Hantaran Kalor
  • Perubahan Wujud karena Kalor
Kompetensi Dasar Kelas V:

  • Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari
  • Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari

11. Bentuk energi & Perubahannya

Lingkup materi:

  • Energi kimia
  • Energi Listrik
  • Energi Mekanik
  • Energi Panas
  • Energi Nuklir
  • Energi Gravitasi
  • Energi Terbarukan
  • Konversi Energi
Kompetensi Dasar Kelas IV:

  • Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
Kompetensi Dasar Kelas V:

  • Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari
  • Menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar Kelas VI:

Menjelaskan cara menghasilkan, menyalurkan, dan menghemat energi listrik

12. Bumi, Tata Surya & Antariksa

Lingkup materi:

  • Struktur Bumi
  • Atmosfer Bumi
  • Iklim
  • Rotasi & Revolusi Benda Langit
  • Proses terbentuknya tata surya
  • Struktur Tata Surya
  • Bintang
  • Galaksi
Kompetensi Dasar Kelas VI:

  • Menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya
  • Menjelaskan peristiwa rotasi dan revolusi bumi serta terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari

13. Atom

  • Lingkup materi:
  • Inti Atom
  • Muatan listrik
Perluasan dari Kompetensi Dasar Kelas V:

Mengelompokkan materi dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan campuran)

Informasi lebih lengkap mengenai kisi-kisi materi IPA pada OSN SD 2024 bisa dilihat di tautan berikut:

Silabus Olimpiade OSN SD 2024

Contoh Soal Olimpiade OSN IPA SD 2024 Tingkat Sekolah dan Jawabannya

Berikut contoh soal IPA untuk Olimpiade OSN SD 2024 beserta jawabannya:

1. Kemampuan kelelawar dapat mengetahui pada lingkungan sekitarnya dengan menggunakan system sonar. System tersebut bisa dikenal dengan istilah apakah kemampuan yang dimiliki oleh kelelawar....

a. Ekolokasi

b. Mimikri

c. Adaptasi

d. Habitat

Jawaban: a

2. Udara yang telah masuk ke rongga hidung dan dapat diteruskan ke batang tenggorokan. Pada batang tenggorokan telah tersusun atas tulang – tulang rawan yang kemudian bercabang dua. Cabang batang tenggorokan tersebut bisa juga disebut...

a. Bronkus

b. Trakea

c. Pupil

d. Pleura

Jawaban: a

3. Tata surya yaitu bagian di alam semesta yang sangat luas. Tata surya juga terletak di dalam satu galaksi yang dapat disebut Bimasakti. Galaksi Bimasakti dapat juga disebut....

a. Sky high

b. Milky way

c. Sky way

d. Univers

Jawaban : b

4. Mobil sedang bergerak dengan kelajuan 10 m/s, oleh karena itu, waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak 30 km tersebut adalah…

a. 30 sekon

b. 300 sekon

c. 3000 sekon

d. 30.000 sekon

Jawaban: c

5. Bunyi dapat dihasilkan dari sebuah benda yang bergetar. Benda tersebut dapat disebut…

a. Alat bunyi

b. Rambatan Bunyi

c. Pantulan bunyi

d. Sumber Bunyi

Jawaban: d

6. Sebuah cahaya merambat lurus akan menyebabkan terbentuknya bayangan dari benda yang telah terkena cahaya. Pembentukan cahaya dapat dimanfaatkan untuk membuat kamera. Kamera adalah alat yang dapat digunakan untuk…

a. Mencetak

b. Menggali

c. Mengungkit

d. Memotret

Jawaban: d

7. Terdapat 100 ml sebuah alkohol sedang dilarutkan ke dalam 200 ml air. Berapakah kadar alkohol dalam larutan alkohol tersebut…

a. 25%

b. 33,33%

c. 50%

d. 75%

Jawaban: b

8. Ada sebuah kuda dan jerapah merupakan contoh hewan pemakan tumbuhan. Kuda dan jerapah pemakan dedaunan. Hewan pemakan tumbuhan dapat dinamakan…

a. Karnivora

b. Klorofil

c. Herbivora

d. Omnivora

Jawaban: c

9. Sebuah planet-planet sedang beredar mengelilingi Matahari. Planet-planet tersebut beredar dalam satu lintasan planet yang dapat dinamakan orbit yang berbentuk elips. Peredaran planet-planet yang sedang mengelilingi matahari tersebut disebut…

a. Revolusi matahari

b. Revolusi bulan

c. Revolusi planet

d. Revolusi bumi

Jawaban: c

10. Pada saat keluarnya sel telur (ovum) dari indung telur (ovarium) yang tidak dapat dibuahi bersama pada lapisan dinding rahim yang banyak mengandung pembuluh darah dinamakan….

a. Menstruasi

b. Luka dalam

c. Pembuahan

d. Pendarahan

Jawaban : a

11. Pada gas berbahaya yang dapat dihasilkan dari pembakaran tidak sempurna yaitu gas karbon monoksida. Bagaimanakah penulisan rumus kimia karbon monoksida…

a. CO

b. CO2

c. C2O

d. CO3

Jawaban : a

12. Pada kumpulan komponen hidup yaitu meliputi produsen, konsumen, dan pengurai. Sementara itu, komponen tak hidup dapat berupa benda-benda yang tak hidup. Hubungan timbal balik antara komponen hidup dan tak hidup tersebut adalah…

a. Ekosistem

b. Adaptasi

c. Habitat

d. Komunitas

Jawaban: a

13. Sebuah motor dari kota C ke kota D sedang bergerak selama satu jam. Jarak dari kota C ke D adalah 60 km. Berapakah kelajuan motor tersebut…

a. 36.000 m/s

b. 360.000 m/s

c. 3.600.000 m/s

d. 36.000.000 m/s

Jawaban: c

14. Pelapukan merupakan hancurnya batuan dari gumpalan atau ukuran besar menjadi batuan yang lebih kecil, sampai bisa menjadi sangat halus (menjadi tanah). Pelapukan akan terjadi akibat adanya…

a. Eksogen

b. Endogen

c. Korosis

d. Erosi

Jawaban: a

15. Tumbuhan bisa berguna sebagai pembersih udara yang kotor, serta bisa juga mengurangi pencemaran udara karena tumbuhan memiliki kandungan…

a. Karbondioksida

b. Hidrogen

c. Oksigen

d. Nitrogen

Jawaban: c

Baca juga artikel terkait OSN 2024 atau tulisan lainnya dari Erika Erilia

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Yulaika Ramadhani