Laga Persija vs Mitra Kukar Digelar di Stadion GBK 9 Desember 2018

Oleh: Damianus Andreas - 5 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Laga Persija vs Mitra Kukar dalam pekan terakhir Liga 1 2018 digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Minggu (9/12/2018). Laga ini akan menjadi penentuan nasib Macan Kemayoran sebagai juara atau tidak.
tirto.id - Pertandingan pekan terakhir Liga 1 2018 antara Persija vs Mitra Kutai Kartanegara (Mitra Kukar) akan digelar pada Minggu (9/12/2018) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Hal ini dipastikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta pada Rabu (5/12).

Laga yang akan menentukan gelar juara Liga 1 2018 untuk Persija tersebut awalnya sempat terkendala lantaran SUGBK belum tentu bisa digunakan. Pasalnya, sehari sebelumnya Sabtu (8/12/2018) sudah terjadwal acara yang akan berlangsung sampai malam hari.

"Kemarin pagi Pemerintah Provinsi telah berkomunikasi dengan Persija dan Stadion GBK. Alhamdulillah hal-hal teknis yang jadi kendala sudah ada solusinya,” kata Anies pada Rabu (5/12) pagi.

Lebih lanjut, Anies mengaku bersyukur karena Persija Jakarta akhirnya bisa menjamu Mitra Kutai Kartanegara di SUGBK. Anies mengklaim bahwa pertandingan tersebut bakal bersejarah karena Persija Jakarta sudah sangat dekat menyandang predikat Juara Liga 1. Ia lantas menyebutkan kali terakhir Persija Jakarta menjadi juara ialah pada 2001 lalu.

“Semoga Jakmania pun bisa menjadi contoh suporter yang tertib dan dibanggakan. Perlu adanya dukungan secara total dari Jakmania dan upaya menjaga ketertiban secara total,” ujar Anies.

Masih dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama Pusat Pengelola Kompleks Gelora Bung Karno (PPKGBK) Winarto mengatakan bahwa perhelatan acara pada Sabtu (8/12) dan pertandingan sepak bola sehari kemudian merupakan kegiatan positif. Oleh karena itu, manajemen Stadion GBK mengupayakan agar kedua acara tersebut bisa tetap terlaksana.

Winarto menyebutkan manajemen Stadion GBK telah menyiapkan strategi, yaitu acara pada Sabtu (8/12) bakal berlangsung dari pukul 18.00 hingga pukul 22.00 WIB. Setelah itu, persiapan stadion untuk laga Persija Jakarta melawan Mitra Kutai Kartanegara akan langsung dilakukan.

“Masih tersedia waktu yang cukup untuk membongkar grass cover (penutup rumput), panggung, serta membersihkannya. Kami sudah perhitungkan, cukup waktunya,” ungkap Winarto.

Menurut Winarto, kondisi lapangan sepak bola nantinya malah akan lebih baik ketimbang saat perhelatan Kejuaraan U-19 AFC 2018 beberapa waktu lalu.

“Minggu lalu kami sudah lakukan pengecekan terakhir. [Kondisi lapangan] Sudah jauh lebih bagus dan sudah cukup waktunya untuk kembali tumbuh menjadi lebih hijau,” ujar Winarto lagi.

Rafil Perdana, Chief Operating Officer (COO) Persija dalam konferensi pers di Kantor Persija Jakarta, Duren Tiga, Jakarta pada Rabu (5/12/2018) juga sudah memastikan, timnya akan berlaga di SUGBK, setelah sempat ada opsi untuk menggelar pertandingan di Stadion Patriot.

“Kemarin kami sudah mendapat kepastian di (Stadion) Patriot, dikarenakan tanggal 8 di Gelora Bung Karno, ada acara keagamaan. Namun karena keinginan, kami berusaha mewujudkan di Gelora Bung Karno.

“Kami sudah dapat restu bermain di Gelora Bung Karno. Jadi pertandingan pekan ke-34 melawan Mitra Kukar akan kami selenggarakan di Gelora Bung Karno,” ujar Rafil dikutip situsweb resmi Persija.

Persija saat ini ada di puncak klasemen Liga 1 2018 dengan koleksi 59 poin. Mereka unggul satu angka dari PSM yang ada di urutan kedua. Klub berjuluk Macan Kemayoran akan otomatis juara jika menang di laga terakhir kontra Mitra Kukar.

Andai Persija mendapatkan hasil imbang atau kalah, maka kepastian mereka juara atau gagal akan bergantung dengan hasil pertandingan lain antara PSM vs PSMS yang digelar di Stadion Andi Mattalatta, Makassar.


Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Damianus Andreas
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Damianus Andreas
Penulis: Damianus Andreas
Editor: Fitra Firdaus