Korban Bencana Pakistan: Jokowi Kirim Dana 1 Juta Dolar AS & Barang

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 26 Sep 2022 12:31 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Pemerintah Indonesia memberikan bantuan kemanusiaan berupa dana 1 juta dolar AS dan barang-barang. Hari ini diberangkatkan.
tirto.id - Pemerintah Indonesia memberikan bantuan berupa uang sebesar 1 juta dolar AS dan bantuan berupa barang-barang sebagai respons kemanusiaan atas beberapa musibah di Pakistan sejak beberapa waktu lalu.

“Untuk meringankan beban saudara-saudara kita di Pakistan dan sebagai wujud solidaritas internasional, Pemerintah Indonesia memberikan bantuan kemanusiaan berupa kurang lebih 1 juta dolar AS bantuan dana tunai dan juga bantuan barang-barang yang hari ini segera kita berangkatkan,” kata Jokowi di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (26/9/2022).

Jokowi menuturkan, bantuan barang yang diberikan pun beragam mulai dari tenda, pakaian, selimut, tempat tidur, generator hingga bahan maupun obat-obatan siap pakai.

Jokowi juga mengaku, pengiriman bantuan akan dilakukan secara bertahap sesuai permintaan Pemerintah Pakistan. Indonesia akan mengirim bantuan tenaga medis untuk membantu penanganan bencana di Pakistan.

“Saya juga tengah menyiapkan bantuan berupa tenaga kesehatan yang nantinya segera akan dikirimkan untuk memberikan pelayanan medis kepada warga Pakistan yang terdampak bencana,” kata Jokowi.

Jokowi mewakili pribadi maupun pemerintah Indonesia mengucapkan turut berdukacita atas bencana banjir dan longsor di Pakistan. Ia berharap bantuan yang diberikan bisa meringankan beban dan aktivitas masyarakat di Pakistan bisa segera normal pasca bencana.

“Saya berharap bantuan ini dapat membantu saudara-saudara kita di Pakistan sehingga segera dapat pulih dan beraktivitas kembali,” kata Jokowi.

Pakistan mengalami serangkaian bencana alam. Beberapa waktu lalu, banjir bandang menerjang Pakistan. Seperti dikutip Antara, Senin (19/9/2022), lebih dari 1.500 orang meninggal dunia serta 12 ribu orang cedera. Banjir juga merusak beragam infrastruktur di negara yang beribu kota di Karachi tersebut.


Baca juga artikel terkait BANJIR PAKISTAN atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Abdul Aziz

DarkLight