Kandidat Pelatih Baru Bhayangkara FC: Satu Lokal, Dua Asing

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 14 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Saat ini Bhayangkara FC sedang mempertimbangkan tiga kandidat terkuat sebagai pengganti Simon McMenemy di posisi kepala pelatih.
tirto.id - Klub Liga 1, Bhayangkara FC berhati-hati betul dalam hal pemilihan pelatih baru. Hingga Senin (14/1/2019), klub berjuluk The Guardian itu masih belum mengumumkan pengganti Simon McMenemy yang tidak memperpanjang kontrak karena jadi pelatih Timnas Indonesia.

Namun Caretaket Bhayangkara FC, Yeyen Tumena menyebut jika proses intensif terus dilakukan pihak klub. Ia bahkan membeberkan jika saat ini opsi mengerucut ke tiga kandidat, di mana dua di antaranya adalah pelatih asing.

"Pilihan mengerucut pada satu lokal, dua asing. Kami masih melihat karena bagi kami tidak ada yang urgent, kompetisi masih April. Tim lain pun tidak ada yang terburu-buru. Jadi itu pertimbangannya, bukan soal harga yang tak cocok," kata Yeyen seperti dilansir Goal.

Manajemen Bhayangkara FC sendiri mematok standar spesifik untuk calon pelatih Muhammad Hargianto dan kawan-kawan. Mereka tidak mau andai pengganti McMenemy nantinya justru menghilangkan corak The Guardian yang sejauh ini identik dengan komposisi pemain muda.

"Filosofinya itu anak muda yang energik, jadi kami mempertimbangkan banyak hal dan mempertahankan tren yang positif. Meski pendatang baru, kami stabil ada di atas," imbuhnya.


Yeyen juga menyebut bahwa kebijakan Bhayangkara FC adalah mempersiapakn tim lebih dulu, baru pelatih menyesuaikan. Langkah ini ditempuh bukan untuk membatasi ruang gerak pelatih dalam pemilihan pemain. Bagi mereka yang terpenting adalah identitas tim tetap terjaga.

"Makanya ada perbedaan, ketika pelatih dulu, baru pemain datang. Kalau di kami berbeda, secara tim sudah siap ketika pelatih datang nanti, tinggal pelatih menyesuaikan," pungkas eks pesepak bola Timnas Indonesia itu.

Sejauh ini, salah satu nama pelatih yang digadang-gadang mendekat ke Bhayangkara FC adalah Fakhri Husaini. Fakhri disinyalir merupakan satu nama lokal yang dimaksud Yeyen. Apalagi pada Desember lalu eks pelatih Timnas U-16 Indonesia itu sempat mengungkapkan ketertarikan melatih Bhayangkara FC.

"Kalau saya berkarier di klub, saya butuh klub yang profesional dan sehat. Saya sejauh ini melihat Bhayangkara FC masuk dalam kategori tersebut," kata Fakhri saat itu.


Baca juga artikel terkait LIGA 1 2019 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live