tirto.id - Kemdikbud telah merilis jadwal survei lingkungan belajar atau Sulingjar tahun 2024 untuk semua jenjang, mulai PAUD, SD, SMP hingga SMA/SMK. Berikut informasi mengenai jadwal Sulingjar 2024 untuk semua jenjang dari PAUD hingga SMA/SMK.
Menurut Kemdikbud, Sulingjar adalah alat ukur untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan satuan pendidikan.
Tujuan dari survei lingkungan belajar ini adalah untuk mengukur aspek-aspek lingkungan satuan pendidikan, seperti input dan proses belajar-mengajar yang dapat berdampak pada proses dan hasil belajar peserta didik.
Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam Sulingjar ini akan disesuaikan dengan persepsi masing-masing responden pada masing-masing jenjang di satuan pendidikan.
Berbagai pertanyaan Sulingjar tersebut akan diberikan kepada guru dan Kepala Sekolah yang diharapkan dapat menggambarkan akurasi gambaran umum iklim belajar dan iklim satuan pendidikan. Hasil dari survei tersebut akan dilaporkan sebagai hasil satuan pendidikan dan tidak dilaporkan sebagai hasil individu guru atau Kepala Sekolah.
Kemudian, hasil dari Sulingjar ini akan menjadi bagian dari data profil pendidikan dan rapor pendidikan untuk masing-masing sekolah dan pemerintah daerah yang bisa menjadi gambaran kualitas pendidikan masing-masing daerah.
Lantas, kapan pelaksanaan atau jadwal dari Sulingjar 2024 ini?
Jadwal Pelaksanaan Survei Lingkungan Belajar 2024 Semua Jenjang Pendidikan
Sulingjar dilaksanakan dalam beberapa tahapan. Survei untuk guru dan kepala sekolah ini dilaksanakan dalam waktu yang fleksibel, dalam waktu kurang lebih dua minggu dengan mekanisme pengerjaan secara daring tanpa pengawasan,
Para guru dan Kepala Sekolah, bisa mengisi survei tersebut dari mana saja, sepanjang terdapat akses internet aktif.
Tahapan survei lingkungan belajar untuk semua jenjang dari PAUD, SD, SMP, hingga SMA/SMK ini dimulai dari awal bulan September hingga akhir Oktober 2024.
Berikut adalah jadwal lengkap Sulingjar 2024 semua jenjang sebagaimana dirujuk dari Kemdikbud:
A. Jenjang SMK/SMA/MA/MAK Sederajat
- 4 September 2024: Cut Off data peserta survei lingkungan belajar.
- 10 September 2024: Cetak kartu login Sulingjar 2024.
- 11-24 September 2024: Pelaksanaan survei lingkungan belajar Guru dan Kepala Sekolah.
B. Jenjang SMP/MTs Sederajat
- 18 September 2024: Cut Off data peserta survei lingkungan belajar.
- 24 September 2024: Cetak kartu login Sulingjar 2024.
- 25 September - 8 Oktober 2024: Pelaksanaan survei lingkungan belajar Guru dan Kepala Sekolah.
C. Jenjang SD/MI Sederajat
- 2 Oktober 2024: Cut Off data peserta survei lingkungan belajar.
- 8 September 2024: Cetak kartu login Sulingjar 2024.
- 9-22 Oktober 2024: Pelaksanaan survei lingkungan belajar Guru dan Kepala Sekolah.
D. Jenjang PAUD
- 22 September 2024: Cut Off data peserta survei lingkungan belajar.
- 29 September 2024: Cetak kartu login Sulingjar 2024.
- 30 September - 27 Oktober 2024: Pelaksanaan survei lingkungan belajar Guru dan Kepala Sekolah
Manfaat dan Tujuan Survei Lingkungan Belajar
Survei lingkungan belajar atau Sulingjar ini memiliki sejumlah manfaat dan tujuan yang ingin dicapai.
Berikut ini adalah manfaat dan tujuan dari Sulingjar:
A. Manfaat Sulingjar
- Bagi Pemerintah Daerah/Dinas Pendidikan/Kantor Kemenag
- Bagi Kepala Satuan Pendidikan (Kepala Sekolah)
- Bagi Guru
- Bagi Murid
Intinya, manfaat dari Sulingjar ini bagi para Kepala Sekolah, guru, maupun siswa adalah dapat menciptakan suasana lingkungan belajar mengajar atau proses pembelajaran yang aman, nyaman dan menyenangkan,
B. Tujuan Sulingjar
Menjadi alat ukur untuk mengevaluasi serta memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah, sehingga setiap sekolah pada masing-masing daerah dapat memfasilitasi proses belajar mengajar murid melalui beberapa hal berikut ini:
- Menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas.
- Menghadirkan guru-guru yang secara konsisten mampu melakukan refleksi dan memperbaiki praktik pengajarannya.
- Kepala satuan pendidikan atau Kepala Sekolah mampu menerapkan visi, kebijakan, dan program yang berfokus pada kualitas pembelajaran.
- Menciptakan iklim satuan pendidikan yang aman, menghargai keragaman yang inklusif.
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Yulaika Ramadhani