IOC Rilis Jadwal Baru Olimpiade 2020 yang Digelar 2021

Oleh: Oryza Aditama - 31 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
IOC resmi merilis jadwal baru Olimpiade 2020 setelah ditangguhkan akibat pandemi Corona atau COVID-19.
tirto.id - Komite Olimpiade Internasional (IOC) resmi merilis jadwal baru Olimpiade 2020 setelah ditangguhkan akibat pandemi Corona atau COVID-19. Olimpiade Tokyo akan dihelat pada 23 Juli sampai 8 Agustus 2021 mendatang.

Tak hanya itu, jadwal Paralympic Games di Tokyo juga telah ditentukan, yakni pada 24 Agustus hingga 5 September 2021.

Jadwal baru Olimpiade dan Paralimpiade diperoleh berkat kesepakatan besama antar pihak terkait, seperti Komite Olimpiade (IOC), Komite Paralimpiade (IPC), Komite Tokyo 2020, Pemerintah Metropolitan Tokyo, serta Pemerintah Jepang.

“IOC, IPC, Komite Tokyo 2020, Pemerintah Metropolitan Tokyo, dan Pemerintah Jepang, hari ini (30/3/2020), telah menyepakati jadwal baru untuk Olimpiade XXXII pada 2021,” tulis keterangan resmi IOC yang dimuat olympic.org, Senin (30/3/2020).

“Para pemimpin pihak terkait bergabung bersama lewat teleconference hari ini: Presiden IOC Thomas Bach, Presiden Komite Tokyo 2020 Mori Yoshiro, Gubernur Tokyo Koike Yuriko, serta Menteri Olimpiade dan Paralimpiade Hashimoto Seiko, telah sepakat tentang jadwal baru,” lanjut keterangan tersebut.

Presiden IOC, Thomas Bach, mengaku berterimakasih atas pengertian serta kerjasama semua pihak dalam proses penentuan jadwal baru Olimpiade. Pria berkebangsaan Jerman ini menganggap jika ajang Olimpiade tahun depan dapat menjadi simbol cahaya bagi umat manusia yang kini tengah menghadapi ujian.

“Saya ingin berterimakasih kepada seluruh Federasi Internasional atas dukungan penuhnya, serta Komite Olimpiade Asosiasi Kontinental atas kemitraan dan dukungan mereka dalam proses konsultasi beberapa hari ini,” ujar Bach.

“Lewat dukungan semua pihak, saya yakin kita bisa menghadapi tantangan di depan mata. Umat manusia saat ini tengah berada di terowongan yang gelap. Gelaran Olimpide Tokyo 2020 ini dapat menjadi cahaya yang bersinar di ujung terowongan,” imbuhnya.


Presiden IPC, Andrew Parsons, juga menyambut baik perihal kesepatakan jadwal baru Olimpiade. Pengumuman ini memberikan kepastian bagi para atlet dan pemangku jabatan untuk melakukan langkah lanjutan.


“Ini adalah berita fantastis bahwa kami dapat menentukan jadwal baru Olimpiade Tokyo 2020 dengan sangat cepat. Tanggal baru memberikan kepastian bagi para atlet dan pemangku jabatan,” terang Parsons.

“Saat Paralimpiade berlangsung di Tokyo tahun depan, hal itu bakal menjadi gambaran tentang persatuan umat manusia, perayaan global tentang ketahanan manusia, serta pertunjukan olahraga yang sensasional,” tambahnya.

Sebelumnya lewat keterangan yang dirilis hari Selasa (24/3/2020), IOC secara resmi menunda Olimpiade Tokyo yang telah terjadwal pada 24 Juli-9 Agustus 2020, sebagai dampak dari pandemi global virus Corona (COVID-19).

Meski mengalami penundaan hingga tahun depan, namun edisi ke-32 ajang empat tahunan tersebut bakal tetap mengusung nama resmi Olimpiade Tokyo 2020.

Baca juga artikel terkait OLIMPIADE 2020 atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight